in , ,

Pulau Wayag, Keindahan Panorama Ikon Raja Ampat

Ikon Raja Ampat yang Tak Boleh Dilewati yaitu Pulau Wayag

Pulau Wayag (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Papua Barat terkenal akan wisata bahari, seperti Raja Ampat. Kawasan ini lebih dulu dikenal di kalangan wisatawan mancanegara dan merupakan destinasi idaman mereka. Salah satu yang patut dikunjungi adalah Pulau Wayag. Seperti apa? Simak ulasan berikut.

Baca juga : Salah Satu dari 5 Air Terjun di Sulawesi Selatan Ini Bisa Membuatmu Bertemu Jodoh

Raja Ampat

Pulau Wayag
Puncak Wayag 1 Tampak Depan (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Letak Kabupaten Raja Ampat terpencil. Namun, daerah ini menyimpan sejuta keindahan alam, terutama bawah lautnya. Bahkan, wisata bahari di sini dikenal sebagai satu dari sepuluh tempat menyelam terbaik di dunia. Keindahan alam ini jelas menjadi andalan Kabupaten Raja Ampat yang mampu menembus persaingan dunia pariwisata internasional.

Kabupaten ini memiliki 610 pulau, hanya sekitar 35 saja yang berpenghuni. Empat pulau populer di antaranya adalah Pulau Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo yang termasuk pulau besar.

Konon hanya 400 pulau yang baru dieksplorasi. Selebihnya, pulau-pulau itu masih perawan. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Raja Ampat adalah bulan Agustus hingga Februari. Saat itu cuaca sangat bagus dan angin tidak terlalu kencang.

Pulau Wayag
Pulau Wayag (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Wilayah laut dan darat Raja Ampat yang memiliki luas 4,6 juta hektar ini menjadi rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, dan ribuan biota laut lainnya. Oleh karena itu, dengan berbagai keunggulan ini tidak heran apabila Raja Ampat saat ini dianggap sebagai surga bawah laut tercantik di seluruh dunia.

Pulau Wayag

Salah satu pantai yang menjadi ikon Raja Ampat adalah pantai Pulau Wayag. Keindahan pantai dan bukit karst di Pulau Wayag mampu menyihir para traveler. Kekayaan flora dan fauna bawah airnya menjadi magnet untuk pencinta olahraga menyelam. Pulau Wayag terletak di wilayah barat Waigeo dari Kepulauan Raja Ampat, sebelah barat laut dari pulau besar Papua.

Cara Mencapai Wayag

Pantai di Post Wayag (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Wayag dapat diakses dari Kota Sorong dengan menumpang kapal cepat menuju Waisai. Lama perjalanan ditempuh sekitar dua jam. Lalu dari Waisai menuju Kepulauan Wayag waktu tempuh perjalanan sekitar empat sampai lima jam.

Singgah sejenak di suatu pulau untuk membayar tiket masuk ke Kepulauan Wayag. Tiket tersebut sudah ditentukan oleh adat dan bekerja sama dengan pemerintah sekitar.

Pendakian ke Puncak Wayag 1

Pulau Wayag
Puncak Wayag 1 Tampak Belakang (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Setelah sampai di lereng bukit, Teman Traveler akan naik ke dua puncak yang dijadikan tempat untuk menyaksikan keindahan Kepulauan Wayag secara utuh. Teman Traveler harus mendaki bukit karst demi sampai puncak. Medan pendakian sudah cenderung aman dan ada pemandu lokal yang siap menunjukkan jalur terbaik.

Kedua puncak tersebut mempunyai panorama berbeda namun sama indahnya. Saran saya untuk menaiki kedua puncak mulai dari Wayag 1 dan istirahat di pos Wayag. Biasanya di sana ada yang menjual kelapa muda untuk menghalau haus di tengah panas. Sempatkan juga beristrahat sembari memandang pasir putih.

Pendakian Puncak Wayag 2

Puncak Wayag 2 (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Lalu inilah saatnya untuk mendaki ke puncak Wayag kedua. Jangan sampai Teman Traveler tidak mendakinya karena puncak Wayag kedua adalah ikonnya Raja Ampat. Dihiasi dengan bukit-bukit kars yang tersusun rapi di atas permukaan air laut.

Pulau Wayag
Puncak Wayag 2 (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Seperti itulah keindahan ikonnya Raja Ampat yaitu Pulau Wayag. Teman Traveler sudah siap liburan ke sini? Next

ramadan
Pulau Tanjung Kelayang

Pulau Kelayang, Surga Belitung dengan Telaga Bidadari yang Mempesona

Mengintip Goa Rangko, Kolam Renang Pribadi Di Labuan Bajo