in , ,

Pura Agung Wira Loka Natha, Bernuansa Damai di Tengah Hiruk Pikuk kota Cimahi

Berkunjung ke Pura Agung Wira Loka Natha di Kota Cimahi

Pura Wira Cimahi (c) Lina Auliani Travelingyuk

Bila Teman Traveler belum sempat menikmati keindahan tempat ibadah di Bali, maka dapat melipir ke Pura Agung Wira Loka Natha. Destinasi wisata ini berlokasi di Jalan Raya Sriwijaya D11, Karang Mekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi. Seperti apakah indahnya? Simak ulasan berikut.

Baca juga : Liburan ke Hulu Sungai Tengah Banjarmasin, Air Gua-nya Dapat Berubah Warna!

Pura Agung Wira Loka Natha
Benteng Menuju Halaman Utama Pura (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Pura Tertua di Bandung Raya

Pura Agung Wira Loka Natha
Pura Di Halaman Pertama yang Berdiri Kokoh (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Pura ini merupakan tempat beribadah umat Hindu yang tertua di Bandung Raya, diresmikan pada tanggal 14 Juli tahun 1978. Pura ini sangat kokoh untuk usianya yang menginjak 41 tahun. Sedangkan pura lainnya di Kota Bandung seperti Pura Wira Chandra Dharma baru berdiri di tahun 1997.

tyimg_0623_TI4.JPG
Area di Halaman Pertama Pura (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Satu – satunya Pura yang Berlokasi di Kota Cimahi

tyimg_0650_J1X.JPG
Pura Agung WIra Loka Natha Nampak dari Jalan (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Pura kecil ini merupakan satu-satunya yang terletak di Kota Cimahi. Jaraknya 210 meter jika kamu menempuhnya dengan berjalan kaki dari Stasiun Cimahi. Di tengah hiruk pikuk jalanan kota kamu akan menemukan pura yang hening nan damai ini.

tyimg_0624_DNS.JPG
Pintu Masuk Menuju Tempat Ibadah Utama (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Dibuat Untuk Pelajar Pusdikarmed

Pura Agung Wira Loka Natha
Gapura Pintu Masuk dari Dalam Halaman Pura (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Awalnya pura ini dibuat untuk pelajar yang beragama Hindu di Pusat Pendidikan Artileri Medan yang berlokasi di daerah administratif Cimahi. Seiring berjalannya waktu pura ini dijadikan bukan hanya untuk pelajar Pusdikarmed melainkan untuk warga Hindu se-Bandung Raya.

Hal tersebut sesuai koordinasi oleh Kapten Ketut Koyer dari Bina Rohani Kodiklat Angkatan Darat. Selain Pusdikarmed, di sekitar kawasan ini juga ada pusat pendidikan militer yang lain di antaranya seperti Pusdikbekang dan Pusdik Infanteri.

Peletakkan Batu Pertama dari Gunung Tangkuban Perahu

Pura Agung Wira Loka Natha
Plakat Peresmian Pura Menempel di Balik Gapura (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Batu pertama yang diletakkan untuk membuat pura ini pada tahun 1976 sengaja diambil dari Gunung Tangkuban Parahu. Menurut kepercayaan
umat Hindu, tempat tinggi adalah tempat yang suci.

Pada 14 Juli 1978 akhirnya pembangunan pura ini selesai dan diresmikan oleh Dan Jen Kobangdiklat Mayjen TNI Alex Prawiraatmadja. Kamu bisa melihat plakat peresmian Pura ini di balik gapura pintu masuk.

Seperti tempat ibadah pada umumnya, ada beberapa aturan jika kamu ingin memasuki tempat ibadah ini. Di antaranya berpakaian rapi, melepas alas kaki, dan untuk wanita yang sedang haid dilarang memasuki pura ini.

Pengunjung juga dilarang memasuki tempat ini jika berniat utnuk merusak atau mengotori fasilitas yang ada di pura. Kamu bisa membaca peraturan ini sebelum memasuki area halaman pura tepat di dekat keran air untuk membasuh kaki, tangan, dan wajah.

tyimg_0619_Suy.JPG
Peraturan Sebelum Memasuki Kawasan Pura Sebelum Pintu Masuk (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Meskipun saya bukan umat Hindu, tempat suci ini membawa kesejukan hati ketika baru saja memasuki halamannya. Informasi dan sejarahnya dapat menambah wawasan terutama untuk wisatawan beragama Hindu yang berkunjung ke Kota Cimahi. Jadi kapan berkunjung ke Pura Agung Wira Loka Natha? Next

ramadan
Bukit Arosbaya

4 Wisata Bangkalan Istimewa, Daya Tariknya Pantang Dilewatkan

Crematology Jakarta

Crematology, Kedai Kopi Nyaman untuk Kaum Urban Jakarta