in , ,

4 Wisata Bangkalan Istimewa, Daya Tariknya Pantang Dilewatkan

Rekomendasi Wisata Bangkalan yang Wajib Disambangi

Bukit Arosbaya
Bukit Arosbaya (c) Rosita/Travelingyuk

Adakah Teman Traveler yang berencana menjelajahi wisata Madura? Kabupaten Bangkalan di sisi barat Pulau Garam menyimpan banyak objek menarik lho. Mulai dari bekas tambang hingga panorama alam memikat. Penasaran? Yuk, simak ulasan soal wisata Bangkalan berikut ini.

Baca juga : Wisata Alam Blora, Kesegaran di Tengah Kawasan Penghasil Minyak

1. Bukit Kapur Arosbaya

Tawarkan pemandangan eksotis (c) Rosita/Travelingyuk

Bukit Kapur Arosbaya adalah destinasi wisata yang pantang dilewatkan di Bangkalan. Di sini Teman Traveler bakal disuguhi panorama tebing kapur yang nampak eksotis. Pahatan tebing yang terbentuk menjadi daya tarik tersendiri. Tak hanya itu, warna merah di permukaan bukit juga menjadi ciri khas Arosbaya.

Deretan goa di kawasan ini tercipta berkat aktivitas penambangan. Menelusuri Arosbaya, Teman Traveler bakal diajak menyusuri lorong yang diapit bukit kapur. Namun perlu diingat, lantaran daerah ini masih berstatus kawasan tambang aktif, sebaiknya Teman Traveler selalu waspada dan berhati-hati ya.

Bukit kapur ini bisa Teman Traveler temukan tak jauh dari Pesarean Aermata, sebuah situs religi yang sangat terkenal. Lokasinya ada di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan.

2. Pesarean Aermata

Pesarean Aermata (c) Rosita/Travelingyuk

Tak jauh dari Bukit Kapur Arosbaya, Teman Traveler bakal temukan kawasan bernuansa religi ini. Bahkan sebelum sampai di bukit kapur, kalian bakal melewati tempat ini lebih dulu. Lokasinya masuk wilayah Desa Buduran, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan.

Pesarean Aermata kerap jadi salah satu wisata religi yang banyak disambangi peziarah. Bahkan tak sedikit yang datang dari luar Kabupaten Bangkalan maupun Madura. Selain punya nilai sejarah tinggi, tempat ini juga tawarkan arsitektur unik yang terkesan sangat sakral.

Sebelum sampai di tujuan utama, Teman Traveler bakal melewati tiga pintu masuk dengan desain mirip candi dan puluhan anak tangga. Nantinya kalian akan menemukan komplek makam anggota kerajaan yang pernah ada di Madura. Salah satunya adalah Ratu Ibu atau dikenal juga dengan nama Sarifah Ambani.

3. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih yang terlihat memukau (c) Rosita/Travelingyuk

Tak hanya dikenal dengan wisata religi, Madura juga punya satu lagi kawasan perbukitan cantik. Dikenal dengan nama Jaddih, destinasi populer ini berjarak kurang lebih 10 kilometer dari Kabupaten Bangkalan. Lokasinya masuk wilayah Kecamatan Socah, Desa Jaddih, Kabupaten Bangkalan.

Kaum milenial pasti sudah tak asing lagi dengan kawasan ini. Potret keindahannya sudah tersebar luas di sosial media. Padahal dulunya tempat ini bukan tempat wisata lho, melainkan kawasan tambang kapur putih aktif.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, sebagian telah disulap menjadi sejumlah spot Instagramable. Bongkahan hingga guratan bekas tambang di Jaddih memang menjadi daya tarik tersendiri.

4. Goa Pote

Salah satu spot Instagenic di Goa Pote (c) Rosita/Travelingyuk

Destinasi wisata ini masih masuk dalam kawasan Bukit Jaddih. Tempatnya menyuguhkan keunikan tersendiri dan pantang dilewatkan jika Teman Traveler sedang menjelajah wisata Madura.

Dalam Bahasa Madura, ‘goa pote’ berarti ‘goa putih’. Berada di sini Teman Traveler akan disuguhi pemandangan tebing tinggi putih di sekeliling danau kecil. Di beberapa sudut terdapat guratan bekas ‘tangan’ ekskavator yang tampak eksotis.

Itulah sekilas ulasan mengenai sejumlah destinasi wisata Bangkalan. Semuanya indah bukan? Jangan sampai dilewatkan jika sedang menjelajahi Madura ya. Selamat berlibur Teman Traveler. Next

ramadan
Museum Tani Jawa Indonesia

Museum Tani Jawa Indonesia, Intip Sejarah Agraria Nusantara

Pura Agung Wira Loka Natha, Bernuansa Damai di Tengah Hiruk Pikuk kota Cimahi