in , ,

Pura Bukit Batu Kursi, Permata Tersembunyi di Bali Barat

Bosan dengan pantai? Mampir aja ke sini

Di Bali bagian barat terdapat banyak sekali surga yang masih belum banyak diketahui. Salah satunya adalah Pura Bukit Batu Kursi yang berlokasi di Jalan Raya Pemuteran, Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Bagi Teman Traveler yang penasaran dengan tempat ini, bisa simak ulasan berikut.

Baca juga : Destinasi Wisata di Kabupaten Barru, Panorama Alami yang Memanjakan Mata

Ada Persiapan Sebelum Menuju ke Bukit

pura bukit batu kursi
Pemandangan keseluruhan bukit (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Sebelum menuju ke bukit ini, ada hal yang wajib disiapkan. Adalah kesehatan fisik, khususnya bagi kalian yang ingin berangkat dari kota lain di Bali, lantaran akan memakan waktu yang cukup lama di perjalanan. Kemudian jangan lupa untuk selalu memakai jaket, celana panjang, sepatu, dan sarung tangan.

Lalu bensin juga disarankan supaya terisi penuh, khususnya kalian yang ingin menikmati matahari terbit. Ini dikarenakan jarang ada pom bensin yang buka sebelum jam 06.00 pagi. Selanjutnya, jangan lupa juga membawa air minum untuk melepas haus di perjalanan.

Pemandangan Indah di Bukit

pura bukit batu kursi
Pemandangan dari atas bukit (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Sesampainya di tempat, kalian akan melihat loket pembayaran tiket. Sistem pemungutan biaya d isini pun masih dengan sukarela atau donasi, tapi kebanyakan orang berdonasi sebesar Rp 5.000/orang. Tempat ini buka setiap hari dan jam berkunjung pun tidak dibatasi.

pura bukit batu kursi
Pemandangan lain dari ketinggian (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Untuk sampai ke puncak membutuhkan waktu yang tidak lama. Yaitu kurang lebih sekitar 15 menit. Sepanjang pendakian, kalian akan disuguhkan dengan hamparan bukit dan rumput yang menyejukkan mata dan pastinya menghilangkan rasa lelah.

Banyak Tempat Instagenic

img_6602_XtH.jpg
Sunrise di atas bukit (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Tempat ini sangat cocok untuk kalian yang suka mengabadikan momen. Di sini kalian dapat menikmati sunrise maupun sunset. Untuk melihat sunrise, kalian sudah harus ada di tempat ini jam 06:00 pagi, sedangkan untuk yang ingin melihat sunset, kalian bisa standby jam 05:00 sore.

img_6633_90I.jpg
Warga lokal jogging (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Kemudian ada pemandangan lain yang tidak boleh kalian lewatkan. Adalah panorama Gunung Ijen dan Raung yang terlihat jelas dari ketinggian. Namun dengan syarat, kalian harus datang saat matahari terbit untuk melihat keduanya.

pura bukit batu kursi
Salah satu referensi foto (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Ada Hal Penting yang Perlu Diketahui

img_6657_6Sa.jpg
Berfoto bersama kawan (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Mengingat di tempat ini terdapat pura yang merupakan tempat suci bagi agama Hindu, maka diharapkan untuk menjaga perilaku dan perkataan. Bagi perempuan yang sedang datang bulan agar tidak mendekati atau masuk ke daerah pura.

Lalu, jagalah lingkungan sekitar dengan membuang sampah pada tempatnya karena di sana sudah disediakan tempat sampah. Tapi, jika tidak ada (biasanya karena dibersihkan) lebih baik bawa dulu sampah kalian masing-masing dan buang saat sudah turun dari puncak.

Pura Bukit Batu Kursi ini bisa jadi referensi kalau kalian bosan dengan pantai. Bukit ini dijamin membuat kalian betah, lantaran pemandangannya yang indah dan juga suasananya yang asri. Jadi, jangan lupa berkunjung ke sini kalau sedang ada di Bali Barat, ya. Next

ramadan

Village Corner Homestay, Rasakan Sensasi Menginap di Lokasi Tersembunyi

Padang Mengateh Sumbar, Destinasi Instagramable Serasa di Luar Negeri