in ,

Pura Jagad Spiritual, Secercah Nuansa Bali di Wonogiri

Rasakan Nuansa Bali di Pura Jagad Spiritual Wonogiri

Pura Jagad Spiritual
Pura Jagad Spiritual (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Tak hanya di wilayah yang mayoritas penduduknya beragama Hindhu, Pura bisa ditemui di berbagai wilayah Indonesia. Termasuk Wonogiri, yang memiliki Pura tak kalah cantik dengan yang ada di Pulau Dewata. Namanya Pura Jagad Spiritual.

Baca juga : Kuliner Malam Legendaris di Angkringan Mang Pen Palembang, 10 Ribu Dijamin Kenyang!

Pura ini memang masih sangat sepi dan belum banyak orang yang berkunjung. Padahal ada upacara adat menarik yang bisa dinikmati lho. Penasaran seperti apa suasana di sana? Mari kita simak penjelasan berikut.

Amat Mudah Dijangkau

Dekat dengan museum karst
Pura berdekatan dengan Museum Karst (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Pura Jagad Spiritual berada di Dusun Mudal, Desa Gerbangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Letaknya yang berdekatan dengan Museum Karst menjadikan kawasan ini mudah untuk dijangkau.

Teman Traveler hanya perlu belok kanan kemudian ambil kiri dari Museum Karst, sebelum mencapai tempat parkir. Berikutnya kalian harus melalui jalan menanjak tinggi sekitar 200 meter. Bagaimana, mudah sekali bukan?

Nuansa Bali di Wonogiri

Sering digunakan untuk upacara adat
Pura sering digunakan untuk upacara adat (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Menginjakkan kaki di kawasan ini, suasananya begitu tenang dan teduh. Apalagi lokasinya berada di atas perbukitan. Suasana Bali sedikit terasa saat masuk ke area pura.

Pada waktu tertentu, Teman Traveler bisa melihat sejumlah umat Hindu bersembahyang disini. Mereka masih menjunjung tinggi adat dan kebudayaan Hindu.

Setidaknya ada tiga bangunan yang bisa dijadikan sebagai latar belakang foto nan instagenic. Jadi jangan sampai tak membawa kamera ya. Setiap momen di tempat ini wajib diabadikan dalam sebuah foto.

Bisa jadi ada daya magis tertentu di tempat ini. Hal tersebut hanya bisa dirasakan jika datang langsung. Entah mengapa, rasanya ingin berlama-lama dan enggan untuk pergi.

Upacara Adat

Seperti di bali
Menawarkan suasana ala Bali (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Pura Jagad Spiritual juga sering dijadikan tempat melakukan ritual odalan. Masyarakat sekitar kerap menyebutnya dengan nama piodalan atau tegak odalan.

Di dalam ritual tersebut Teman Traveler bisa melihat suguhan beragam tarian adat Bali nan menakjubkan. Prosesi ini juga diwarrnai kegiatan memanjatkan doa-doa kepada Tuhan, dipimpin tokoh adat Hindu.

Menikmati upacara ini tentu sangat menarik, mulai awal hingga akhir. Hanya saja, Teman Traveler harus rela sedikit berdesakan dengan pengunjung lain. Maklum saja, lebih dari 1500 umat Hindu akan berkumpul menjadi satu di kawasan ini.

Jadi Lokasi Foto Pre-Wedding

Pura jagad spiritual
Pura Puncak Jagad Spiritual (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Saking instagenic-nya, Pura Jagad Spiritual juga dijadikan lokasi foto pre-wedding. Terutama setelah upacara keagamaan, di mana nuansa Bali sangat terasa. Momen tersebut pantang dilewatkan pasangan yang ingin berfoto pre-wedding dengan konsep ala Pulau Dewata.

Puncak Jagad Spritual adalah tempat menarik untuk dikunjungi. Terlebih lagi suasananya sangat tenang dan teduh. Jangan lupa datang ke kawasan ini bila berada di Wonogiri, Teman Traveler. Next

ramadan

Written by Rizky Nusantara

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Ice Hotel di Jepang

Ice Hotel di Jepang Ini Hanya Beroperasi di Musim Dingin, Seperti Apa Ya?

Resort di Nusa Penida

Punya Rencana ke Bali? Cobain Melipir ke Resort di Nusa Penida Dekat Pantai Ini Yuk!