in , ,

Rambut Monte, Indahnya Perpaduan Alam dengan Situs Bersejarah

Ada ikan-ikan keramat di sini

Blitar punya banyak sekali tempat wisata bernuansa alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Rambut Monte yang lokasinya cukup tersembunyi. Yakni berada di sekitar lereng Gunung Kawi. Di sini kalian tak hanya menikmati keindahan alam, tapi juga bisa belajar sekelumit sejarah. Kalau kalian penasaran dengan tempatnya, coba jelajah lokasinya di bawah ini, yuk.

Baca juga : Ramaikan Ramadan, TNI AU Bangkitkan ‘Tradisi’ Bangunkan Sahur dengan Pesawat Tempur

1. Menjadi Wisata Situs Cagar Budaya

rambut monte
Bagian depan tempat wisata (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berdasarkan keterangan dari pengelola dan warga sekitar, situs Rambut Monte ini adalah salah satu peninggalan masa Kerajaan Majapahit. Tapi sayangnya belum ada penjelasan lengkap mengenai situs Rambut Monte ini. Meski begitu, pemerintah setempat tetap menjadikan lokasi ini sebagai cagar budaya.

2. Ada Candi Kecil di Halaman Depan

rambut monte
Candi di bagian depan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di bagian depan tempat ini terdapat sebuah candi yang tersisa bagian kakinya saja. Walau begitu, di candi ini Teman Traveler masih bisa melihat pahatan berbentuk kepala ular yang begitu cantik. Apabila beruntung, kalian juga akan melihat sesajen yang diletakkan di sekitar candi.

3. Terdapat Sebuah Telaga

rambut monte
Telaga di Rambut Monte (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain candi, Teman Traveler juga bisa menyaksikan sebuah telaga yang sangat indah. Dengan airnya yang jernih berwarna biru toska, membuat telaga ini terlihat seperti lukisan yang menakjubkan. Di sana, kalian juga bisa melihat ikan-ikan kecil berwarna hitam bernama Sengkaring.

Menurut warga setempat, ikan-ikan tersebut jumlahnya selalu tetap. Tak pernah bertambah atau pun berkurang. Menariknya lagi, ikan-ikan ini tak diperbolehkan untuk diambil. Ini dikarenakan orang yang mengambil ikan akan terkena sebuah kutukan.

4. Ada Area Santai

rambut monte
Area santai di sekitar kolam (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Bagi kalian yang sekadar ingin menikmati suasana, ada tempat yang cocok. Di sekita kolam terdapat kursi dan meja yang dilengkapi penutup di atasnya. Kalian bisa duduk, mengobrol, makan sambil menikmati pemandangan dari Rambut Monte.

5. Ada Spot Foto Menarik

lrm_export_20190811_080354_r5L.jpg
Spot foto (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Apabila Teman Traveler ingin mengabadikan momen, ada sebuah tempat menarik di sini. Di sisi timur telaga, ada sebuah jembatan yang bisa kalian gunakan untuk berfoto. Dijamin hasil fotonya akan sangat menarik, karena jembatan mengarah ke telaga.

6. Ada Area Bermain

lrm_export_20190811_080413_cuD.jpg
Area bermain (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Untuk yang membawa anak-anak, tak perlu khawatir. Di Rambut Monte juga tersedia area bermain supaya anak-anak tidak bosan. Lokasinya pun cukup teduh, lantaran area berada di bawah pohon rindang.

Nah buat yang belum punya rencana liburan akhir pekan, tidak ada salahnya untuk jalan-jalan ke wisata ini. Lokasinya berada di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Untuk masuk ke sini, kalian tidak dipungut biaya apapun. Next

ramadan
Bfest 2020 Dilaunching, Kenali Keunikan Makanan Khas yang Hanya ada di Banyuwangi

Bfest 2020 Dilaunching, Cicipi Kuliner yang Hanya Ada di Banyuwangi

Air Terjun Pengempu, Menimba Keasrian Alam Bali Sambil Detoksifikasi Diri