in , ,

Ranu Klakah, Danau yang Menenangkan Jiwa

Melihat Panorama Indah Ranu Klakah di Lumajang

Pemandangan di Ranu Klakah
Pemandangan di Ranu Klakah (c) Andika Rochman/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang sedang liburan di Malang, ada banyak destinasi menarik untuk dikunjungi. Kalian bisa coba menjelajah kawasan Lumajang, yang terkenal punya banyak pesona alam memukau. Salah satu yang cukup kondang di kalangan wisatawan lokal adalah Ranu Klakah, sebuah danau dengan atmosfer menenangkan jiwa.

Baca juga : Wedangan Cendhono Wangi, Nongkrong Ditemani Nuansa Klasik Pasar Gede

Mudah Diakses

img_7233_WF6.JPG
Pemandangan di sekitar danau (c) Andika Rochman/Travelingyuk

Ranu Klakah merupakan satu dari tiga danau terkenal di Kecamatan Klakah. Destinasi yang masuk wilayah Kabupaten Lumajang ini berada kurang lebih 17 km di sisi utara pusat kota.

Dapat Teman Traveler tempuh dengan menumpang kendaraan bermotor selama kurang lebih satu jam. Aksesnya sudah cukup baik, apalagi belakangan pemerintah setempat sudah mulai berinisiatif untuk memperbaiki kualitas jalan di sekitar sini.

Mengagumi Indahnya Gunung Lemongan

Danau seluas kurang lebih 22 hektar ini menawarkan pemandangan sangat menarik. Dari kejauhan Teman Traveler bisa melihat gagahnya Gunung Lemongan. Selain itu di kawasan sekitarnya dikelilingi kawasan hutan asri dengan panorama yang sungguh menyegarkan mata.

Terletak kurang lebih 900 meter di atas permukaan laut, Ranu Klakah memiliki suhu cukup dingin, disertai hembusan angin lumayan kencang. Selain mengagumi indahnya Gunung Lemongan, di sini pengunjung juga bisa melihat eloknya panorama sunrise bagaikan seperti di serial anak-anak Teletubbies.

Murah Meriah, Banyak Fasilitas

img_7229_Dqg.JPG
Penyewaan sampan (c) Andika Rochman/Travelingyuk

Biaya masuk Ranu Klakah cukup murah. Masing-masing pengunjung hanya perlu membayar Rp4.000-an per orang. Dengan harga segitu, Teman Traveler sudah mendapatkan akses masuk danau, beserta fasilitas seperti musala, toilet, dan deretan warung dengan beragam sajian menggugah selera.

Di sekitar danau juga tersedia sejumlah wahana menarik seperti persewaan sampan dengan tarif sekitar Rp5.000-an. Teman Traveler juga boleh memancing di sekitar sini. Soal penginapan, sebenarnya sudah disediakan oleh pengelola. Namun karena kurangnya peminat, hotel di sekitar sini bisa dibilang sudah mati suri.

Buat Teman Traveler yang ingin mencari ketenangan di tengah stress yang melanda, bisa coba sensasi ngopi santai sambil mengagumi keindahan danau. Rasanya benar-benar luar biasa. Kalian harus mencoba. Tapi sebaiknya jangan datang saat weekend karena wisata ini biasanya dipadati warga lokal.

Bantu Ekonomi Warga

img_7295_SB8.JPG
Warga setempat sedang mencari ikan (c) Andika Rochman/Travelingyuk

Selain menjadi destinasi wisata, danau ini juga punya peran penting dalam membantu perekonomian masyarakat setempat. Teman Traveler akan melihat sejumlah warga lokal menangkap ikan di sekitar sini, demi memenuhi kebutuhan pangan atau dijual.

Tak sedikit pula yang memanfaatkan perairan di sini untuk membudidayakan ikan dalam keramba. Sayangnya, memasuki bulan-bulan tertentu semua ikan tersebut akan mengambang akibat aktivitas belerang di sekitar Gunung Lemongan. Hal ini biasanya mengakibatkan harga jual ikan merosot drastis.

Selain untuk budidaya ikan, aliran Danau Klakah juga digunakan warga untuk mengairi sawah mereka. Tidak perlu khawatir lagi bakal kekeringan meski musim kemarau sedang melanda.

Banyak Hal Menarik

img_7230_j3Z.JPG
Salah satu spot foto ciamik (c) Andika Rochman/Travelingyuk

Sebenarnya ada banyak spot foto apik yang bisa Teman Traveler eksplorasi di Ranu Klakah. Kalian bisa coba berpose di atas sampan dengan latar belakang gagahnya Gunung Lemongan. Berjalan sedikit ke utara, kalian akan menemukan kawasan hutan yang masih terjaga kelestariannya.

Jika Teman Traveler masih belum puas menjelajah daerah sekitar sini, boleh lanjutkan perjalanan ke Ranu Pakis atau Ranu Bedali. Dua-duanya tidak kalah mempesona lho.

Itulah sedikit pengalaman saya menjelajah keindahan Ranu Klakah. Buat Teman Traveler yang sedang berada di Malang dan berniat menjelajah wilayah sekitar Lumajang, jangan lupa mampir ke sini ya. Next

ramadan

Berburu Kuliner di Pasar Rejowinangun Magelang, Ada Apa Saja Ya?

Bangunan bernuansa Eropa

EcoClub House Malang, Nuansa Eropa di Sudut Perumahan