in ,

Kenyang Lebih Lama! 10 Rekomendasi Bahan Makanan saat Sahur yang Lezat dan Bergizi

Lezat dan Bergizi! Bahan Makanan Ini Bisa Membuatmu Kenyang Lebih Lama Loh!

Tidak makan dan minum satu hari penuh membuat sahur manjadi salah satu momen penting sebelum memulai berpuasa setelah imsak. Sebelum berpuasa seharian, menu makanan saat sahur menjadi perhatian utama terutama jika menyantapnya Teman Traveler bisa kenyang labh lama. Apa saja makananya? Simak informasi lengkapnya berikut ini ya.

Baca juga : Inilah Alasan Kamera Mirrorless Lebih Unggul untuk Traveling

1. Oatmeal

Oatmeal via Shutterstock

Oatmeal menjadi makanan pertama yang bisa membuat Teman Traveler kenyang lebih lama saat berpuasa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Journal of the American College of Nutrition, terdapat penurunan rasa lapar dan nafsu makan. Hal tersebut disebabkan karena Oatmeal mengandung serat dan protein yang tinggi.

2. Sayuran Hijau

Green Vegetables via Shutterstock

Sayuran hijau memiliki serat yang tinggi sehingga bila menyantap sayuran saat sahur dapat membuat Teman Traveler kenyang lebih lama. Tidak hanya sayuran hijau sayuran non pati dengan kandungan air yang tinggi juga sangat direkomendasikan untuk jadi santapan sahur seperti bayam, brokoli, mentimun, wortel dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Apel

Apples via Shutterstock

Apel berukuran sedang memiliki kurang lebih 4,4 gram serat baik berbagai macam jenisnya sehingga mengkonsumsi apel saat sahur dapat membuat Teman Traveler kenyang lebih lama Selain serat, air yang terkandung didalam apel akan mengisi perut Teman Traveler

4. Alpukat

Avocados via Shutterstock

Buah yang satu ini mengandung lemak tak jenuh tunggal dan dilengkapi pula dengan serat yang baik bagi tubuh. Bahkan alpukat berukuran sedang pun memiliki 13,5 gram nutrisi mengenyangkan sehingga tidak heran jika mengkonsumsi buah ini saat sahur, Teman Traveler bisa kenyang jauh lebih lama.

5. Kedelai

Kedelai via Shutterstock

Kedelai terkenal dengan protein yang akan membuat Teman Traveler bisa kenyang lebih lama Selain itu, jenis biji-bijian ini juga mengandung kadar gula darah dan insulin yang stabil sehingga dapat mengurangi jumlah kalori yang tersimpan sebagai lemak tubuh.

6. Telur

Eggs via Shutterstock

Telur memang dikenal sebagai salah satu akibat utama adanya penyakit kolesterol. Namun, apakah Teman Traveler tahu kalau telur jug amemiliki protein dan lemak. Bahkan mengkonsumsi putih telurnya saja mengandung protein yang dapat membuat perut kenyang lebih lama.

7. Sup Ayam Rendah Kalori

Chicken Broth via Shutterstock

Berdasarkan penelitian Pennsylvania State University, perpaduan nasi dengan sup ayam hangat mengandung 100 kalori lebih sedikit. Selain itu, sup kaldu juga dipercaya dapa menekan nafsu makan karena protein non lemak dari kaldu daging ayam. Kenyang lebih lama? Ya tentu saja!

8. Sup Sayur

Vegetables Soup via Shutterstock

Serat dari sayuran yang ada pada sup ini tentu sangat membantu Teman Traveler yang ingin kenyang lebih lama terlebih ketika berpuasa. Apalagi kalau Teman Traveler menambahkan potongan ayam non lemak ke dalam sup sayur, kombinasi tersebut akan menekan nafsu makan Teman Traveler apalagi jika sedang menjalani program diet.

9. Salmon

Salmon via Shutterstock

Jenis ikan yang satu ini memiliki omega 3 yang sangat populer saat Teman Traveler sedang menjalani diet sehat. Selain itu, ikan salmon juga ternyata dapat membuatmu kenyang lebih lama loh! Bahkan kandungan olahan ikan ini akan lengkap bila Teman Traveler mengkombinasikannya dengan sayuran.

10. Nasi Merah

Red Rice via Shutterstock

Nasi merah merupakan salah satu karbohidrat kompleks yang berfungi untuk membuat gula darah lebih stabil. Jenis nasi ini memiliki rasa yang berbeda dibandingkan dengan nasi putih yang biasa dikonsumsi sehari-hari, namun kandungan zat gizi yang ada akan membuat rasa kenyang Teman Traveler lebih lama loh!

Utamakan mengkonsumsi makanan yang seimbang nasi, daging dan sayur ya. Porsi yang seimbang akan membantu menjaga kesehatan Teman Traveler saat berpuasa. Nah, itulah 10 jenis bahan makanan yang bisa Teman Traveler konsumsi saat sahur buat kenyang lebih lama dan ibadah lancar jaya! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Next

ramadan

Mutiara Terpendam! Nikmati Keindahan Alam Pantai Pasir Putih Situbondo

Snow Park, Wahana Bermain Salju Terpopuler di Panama Park 825 Bandung!