in ,

Rekomendasi Oleh-Oleh Buat yang Mudik ke Jogja

Pulang kampung adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh kebanyakan anak rantau. Ini adalah salah satu waktu terbaik untuk mudik sekaligus bersilaturahmi dengan keluarga besar di kampung halaman. Selain itu mudik juga dijadikan kesempatan untuk berburu oleh-oleh khas yang nanti akan dibawa kembali ke perantauan untuk teman atau kerabat. Kalau mudiknya ke Jogja, balik bawa apa ya?

Baca juga : Omah Kontainer, Tempat Menginap Baru di Jogja yang Terbuat dari Barang Bekas

1. Bakpia Pathok

Bakpia Pathok [Image Source]
Jajanan yang sangat khas dan menjadi identitas Jogja adalah bakpia pathok. Oleh sebab itu jika pulang kampung ke kawasan plat AB tanpa membeli bakpia pathok sebagai oleh-oleh itu ibarat sayur tanpa garam. Bakpia pathok adalah kue basah dengan bentuk bulat kecil dimana bagian dalamnya diisi dengan kacang hijau, tapi kini ada juga varian rasa lainnya. Ada banyak sekali merk bakpia pathok terkenal, sebut saja Bakpia Pathok 25, Raminten dan juga Kurnia Sari. Pilih saja yang sesuai budget dan selera.

Bakpia Pathok 25 [Image Source]

2. Yangko

Yangko [Image Source]
Kalau Jepang punya mochi, Jogja punya yangko. Teksturnya mirip, bahan pembuatannya juga sama yaitu beras ketan. Hanya saja yangko berbentuk kotak sedang mochi biasanya bulat dan berisi. Hampir semua toko oleh-oleh di Jogja punya yangko, sebab penggemar rasa manis dan legit pasti mencari jajanan satu ini. Kalau mau datang langsung ke sentranya bisa saja, datang saja ke area Kotagede.

 

Yangko Jogja [Image Source]

3. Geplak

Geplak [Image Source]
Jajanan berikut ini terbuat dari kelapa, gula, dan tepung beras atau tepung ketan. Namanya adalah geplak dan termasuk jajanan khas Jogja yang berasal dari daerah Bantul. Geplak punya cita rasa yang manis tapi kini sudah ada berbagai rasa seperti stroberi, jeruk dan durian. Kalau mau datang ke produsennya langsung, datang saja ke Jalan Wachid Hasyim no.28 Bantul.

Geplak Bantul [Image Source]

4. Gudeg

Gudeg Jogja [Image Source]
Mengunjungi Jogja tanpa mengicip atau membawa pulang gudeg akan terasa kurang. Apalagi sekarang sudah ada gudeg dalam besek atau kemasan kaleng yang siap dibawa dalam perjalanan dan dijadikan oleh-oleh. Yang paling dikenal adalah Gudeg Yu Djum yang bisa kamu temukan di berbagai tempat di Jogja. Harganya tidak terlalu mahal, sepadan dengan sensasi melepas rindu yang kamu dapatkan.

Gudeg Yu Djum [Image Source]

5. Kipo

Kipo [Image Source]
Kipo adalah jajanan pasar yang sangat khas di Jogja dan banyak disukai orang. Warna hijau jajanan ini terbuat dari pewarna makanan alami yang berasal dari daun suji. Untuk mendapatkan kipo sebagai oleh-oleh kamu bisa datang ke pusatnya yang berada di daerah Kotagede atau tempat-tempat sentra oleh-oleh yang ada di Jogja.

Kipo Jogja [Image Source]

6. Cokelat Monggo

Coklat Monggo [Image Source]
Mau oleh-oleh yang lebih modern, pilihannya adalah Cokelat Monggo. Coklat asli Jogja ini katanya punya rasa yang setara dengan cokelat Belgia karena dibuat oleh seorang pria asal Belgia yang bernama Thiery Detournay. Dengan menggunakan biji cokelat dari Indonesia, varian rasanya juga bermacam-macam, ada Dark, Praline, hingga Red Chili, dan Orange Peel. Untuk membeli cokelat ini kamu bisa datang ke Jalan Dalem KG III/ 978, Purbayan, Kotagede.

Coklat Monggo Jogja [Image Source]

7. Salak Pondoh

Salak Pondoh [Image Source]
Salah satu kabupaten di Jogja adalah penghasil buah salak pondoh yang sangat manis. Adalah Sleman, kabupaten yang punya perkebunan salak pondoh. Di kabupaten ini pula kamu bisa berwisata agro petik salak dengan tanganmu sendiri.Salak pondoh bisa dibeli di kios-kios buah di kota Jogja. Atau jika mau memetik sendiri datang saja ke agrowisata salak pondoh yang terletak di Kampung Gandung, Bangunkerto, Sleman.

Salah Pondoh Sleman [Image Source]

8. Kaos Dagadu

Dagadu Yogyatourium [Image Source]
Jika jajanan cepat habis dikonsumsi dan kamu butuh oleh-oleh yang awet sehingga bisa selalu mengingatkanmu dengan kampung halaman maka belilah oleh-oleh kaos Dagadu. Dagadu merupakan brand kaos dan juga suvenir yang menjadi identitas kota Jogja. Awas hati-hati beli yang palsu, mending datang langsung saja ke Yogyatourium di Jl. Gedongkuning Sel. No.128.

Kaos Dagadu [Image Source]

9. Kerajinan Perak

Kerajinan Perak [Image Source]
Oleh-oleh lain dalam bentuk non-makanan yang bisa didapatkan di Jogja adalah kerajinan perak, sangat terkenal hingga ke mancanegara. Pusat pengrajinnya berada di Kotagede, berjarak 5 km dari pusat kota Yogyakarta. Di daerah ini pula kamu bisa berkunjung ke showroom kerajinan perak untuk melihat aneka kreasi perhiasan dan souvenir dari perak. Masalah kualitas tak perlu diragukan lagi sedangkan harganya juga beraneka ragam.

Kerajinan Perak Jogja [Image Source]
Nah, kalau berkesempatan untuk pulang kampung atau berkunjung ke Jogja, jangan balik dengan tangan kosong. Bawa oleh-oleh, mungkin untuk teman atau juga untuk diri sendiri sebagai pelepas rindu saat sampai di kota tujuan. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Pulang Kampung ke Malang, Saat Balik 8 Oleh-Oleh Khas Ini Wajib di Bawa

Lembah Bola yang Ajaib di Kazakhstan