in , ,

Rekomendasi Tempat Kemping di Jawa Barat, Efektif Hilangkan Penat

Merasakan Sensasi Menyatu dengan Alam, Yuk Simak Daftar Camping Ground Keren Jawa Barat Ini

Kemping di Jawa Barat
Kemping di Jawa Barat (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Jika Teman Traveler berencana refreshing sejenak dari hiruk pikuk kota dan melupakan rutinitas harian, sederet rekomendasi tempat kemping di Jawa Barat berikut ini bisa jadi pilihan tepat. Selain hadirkan udara segar di antara pepohonan rimbun, kawasan ini juga hadirkan beberapa pilihan wisata lain yang dijamin bikin liburan makin seru. Yuk, simak ulasannya.

Baca juga : Tol yang Beroperasi Saat Mudik Lebaran 2018, Catat Nih!

Nuansa Alam Citamiang, Cisarua

Gerbang masuk Citamiang (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Lokasi ini berada tak jauh dari Ibukota. Terletak di Jalan Raya Ciawi-Cianjur, Teman Traveler bisa sangat mudah mencapai Citamiang camping ground. Gerbang masuknya berada persis di sisi kiri jalan dari arah Jakarta, atau sekitar 700 meter sebelum Agro Wisata Gunung Mas.

Sewa vila juga boleh (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Meski sempat porak poranda akibat banjir bandang pada Februari 2018 silam, Citamiang sudah berbenah dan menjadi kawasan berkemah dengan segudang fasilitas lengkap. Selain bisa nikmati sensasi bermalam di tenda, di sini Teman Traveler juga bisa menyewa vila.

Tempatnya sendiri dikelilingi perkebunan teh. Pemandangan indah yang tersaji dijamin bakal bikin Teman Traveler betah.

Mandalawangi Camping Ground, Cibodas

Sering dijadikan lokasi outing (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Masih satu jalur dengan Nuansa Alam Citamiang, camping ground berikutnya ada di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Namanya Mandalawangi Camping Ground. Bagi Teman Traveler yang hobi mendaki gunung, lokasi juga dikenal sebagai salah satu pintu gerbang pendakian ke Gunung Gede Pangrango.

Mandalawangi belakangan juga makin tenar lantaran tempatnya berada dekat Kebun Raya Cibodas, kawasan yang kerap dijadikan tujuan liburan akhir pekan oleh wisatawan dari berbagai kota.

Rumah Korea (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Mandalawangi menyediakan lahan berkemah sangat luas. Udaranya begitu dingin dan menggigit di malam hari, sehingga Teman Traveler harus waspada agar tak sampai terkena hipotermia. Uniknya, camping ground ini menawarkan banyak spot apik untuk dieksplorasi, mulai dari Rumah Korea di tengah hutan, Danau Mandalawangi, serta sungai. Keren kan?

Bumi Perkemahan Sukamantri, Bogor

Suasana malam di Sukamantri (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Berada di kaki Gunung Salak, tepatnya di Kecamatan Tamansari, Bogor, bumi perkemahan ini bisa jadi pilihan berikutnya. Tempatnya sangat pas untuk menikmati panorama Bogor dari ketinggian. Begitu malam tiba, Teman Traveler bisa puas memandang kerlap-kerlip lampu kota dari balik tenda.

Lumayan ramai saat weekend (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Satu hal yang perlu Teman Traveler perhatikan adalah akses jalan menuju Sukamantri rata-rata masih berbatu. Butuh kewaspadaan ekstra untuk melintasinya, terutama jika menumpang mobil dengan ground clearance rendah. Selain itu sebaiknya hindari perjalanan malam agar lebih aman.

Situ Gunung, Sukabumi

Kiri ke danau Situ Gunung, kanan ke curug Sawer (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Nah, lokasi kemah satu ini mungkin sudah tak asing di telinga Teman Traveler. Semenjak memiliki suspension bridge alias jembatan gantung Situ Gunung, praktis camping ground ini jadi makin tenar.

Namun terlepas dari wahana baru tersebut, Situ Gunung sudah jadi tempat sempurna untuk kabur sejenak dari rutinitas kantor. Tak hanya camping ground, tempat ini juga memiliki Danau Situ Gunung, Curug Sawer, dan sederet pesona alam lainnya.

Aliran sungai Curug Sawer (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Akses menuju lokasi terbilang sangat mudah. Apalagi jika Teman Traveler datang dari arah Bogor. Kalian bisa naik Kereta Pangrango yang beroperasi tiga kali sehari dari Bogor ke Sukabumi (PP). Seru banget kan?

Ranca Upas, Ciwidey

Lahan untuk berkemah di Ranca Upas (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Tempat terakhir ini juga tidak kalah keren. Pengelola tawarkan paket lengkap untuk camping beramai-ramai. Pemandangan di sekitarnya juga sangat indah.

Kabutnya bikin rindu (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Berada tak jauh dari Kawah Putih dan Situ Patengang, Ranca Upas dikenal memiliki lapisan kabut tipis yang datang kala fajar. Suasana pagi di sini benar-benar cantik, pantang dilewatkan.

Teman Traveler juga berkesempatan melihat penangkaran rusa dan memberi mereka makan selama berada di sini. Cukup membeli pakan sebesar Rp10.000, kalian sudah bisa puas bermain dan berfoto bersama para rusa di sini.

Nah, itulah lima rekomendasi tempat kemping di Jawa Barat yang bisa Teman Traveler coba. Jadi, mana yang ingin kalian sambangi lebih dulu? Jangan lupa mampir jika sedang menjelajah wisata Jawa Barat ya. Next

ramadan

Cobain 5 Kuliner Anti Bete Ini, Bikin Kamu Auto Bahagia!

Sudut Instagenic di ART Bali 2019

ART Bali 2019, Saksikan Karya Maestro Seni Pulau Dewata