in , ,

Ritual Kumbh Mela di India yang Menyebabkan Melonjaknya Kasus Covid-19

Ritual terbesar di dunia penyebab tsunami covid-19 di India

fi kumbh mela

Kumbh Mela di India merupakan ritual terbesar agama Hindu, adalah acara mandi massal di tepi sungai Gangga. Festival ini dilaksanakan 4 kali dalam satu tahun dan diikuti oleh jutaan orang yang menyebabkan melonjaknya kasus Covid-19. Yuk simak ulasan berikut.

Baca juga : Gunung Everest Bertambah Tinggi, Apa Penyebabnya?

Ritual Terbesar di Dunia

ritual terbesar di dunia
Ilustrasi via instagram arvindpatwalphotography 

Ritual Kumbh Mela adalah sebuah tradisi mandi massal agama Hindu yang dilakukan 4 kali dalam setahun. Pada tahun 2013 sekitar 120 juta orang mengikuti festival ini di Allahabad. Merupakan ritual terbesar dan ramai di dunia, sebab banyak orang yang ikut melaksanakan festival dalam kurun satu waktu.

Ritual ini dilaksanakan pada 4 lokasi yaitu di Haridwar, Prayag, Ujjain dan Nashik, tahun ini festival diadakan di Haridwar. Dalam ritual ini semua kalangan dapat mengikutinya tanpa memandang kasta. Mulai dari petapa, sadhus (orang suci), guru-guru besar, warga biasa, dan lainnya datang beramai-ramai ziarah dan mandi di sungai Gangga.

Dilaksanakan di Sungai Gangga

dilaksanakan di sungai gangga
Ilustrasi via instagram gd_kille

Sungai Gangga dan agama Hindu memang sangat erat kaitannya, sejak dahulu sungai ini dianggap sungai paling suci dalam agama Hindu. Mengibaratkannya sebagai Dewi Gangga yang diyakini jika mandi di sini akan membawa keberuntungan, meghapus dosa dan memfasilitasi moksa yaitu pembebasan dari siklus hidup dan mati.

Asal Mula dan Mitos Festival

asal mula dan mitos
Ilustrasi via instagram gokuldas.ks

Kemudian asal mula Tradisi Kumbh Mela ada yang mengatakan bermula dari filsuf abad ke-8. Ada beberapa cerita asal mula mitos festival ini, salah satunya disebutkan Purana (kumpulan mitos dan legenda) bahwa para dewa dan setan memperebutkan pot (kumbha) amrita, ramuan keabadian. Selama perebutan tersebut, tetesan obat keabadian jatuh ke bumi di 4 lokasi perayaan tradisi ini dan diyakini sungai sebagai tempat alirannya.

Mengharapkan Kemurnian, Keberuntungan, dan Keabadian

mengharapkan kemurnian
Ilustrasi via instagram mahakumbhharidwar2021

Sebab itulah ketika perayaan Kumbh Mela tiba, para peziarah mandi di sungai dan mengharapkan kemurnian, keberuntungan, serta keabadian. Bahkan ada juga yang meminum air sungai Gangga, walaupun terbukti aliran sungai ini kotor dan mengandung polusi.

Demikian ulasan Ritual Kumbh Mela di India yang sayangnya menyebabkan tsunami covid-19 beberapa waktu lalu. Tetap wajib menjaga protokol kesehatan di mana pun Teman Traveler berada ya! Next

ramadan
fi just room enough island

Just Room Enough Island di Amerika Serikat, Pulau Kecil Dengan Satu Rumah

fi desa wisata jampit

Desa Wisata Jampit Bondowoso, Keindahannya Mirip Pulau Jeju dan New Zealand