in ,

RM Dendeng Batokok Muaro Kalaban, Tempat Makan Legendaris di Sawahlunto

Inilah Rumah Makan Dendeng Batokok Muaro Kalaban

RM Dendeng Batokok Muara Kalaban
RM Dendeng Batokok Muara Kalaban

Sawahlunto merupakan salah satu kota yang berada di Sumatra Barat. Dalam hal pariwisata, kota yang letaknya 95 km sebelah timur kota Padang ini memiliki unggulan berupa atraksi tambang yang dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Bisa napak tilas areal bekas penambangan tersebut. Untuk tempat kulinerannya, ada RM Dendeng Batokok Muaro Kalaban yang kondang.

Baca juga : Suka Backpackeran? Ini Daftar Hostel di Semarang Dibawah 100 Ribu yang Bikin Liburanmu Lancar Jaya

Rumah Makan Legendaris Sejak Tahun 1965

Dendeng Batokok yang mantap, via Instagram/andrihollicc
Dendeng Batokok yang mantap, via Instagram/andrihollicc

Namanya adalah RM Dendeng Batokok Muaro Kalaban yang sudah turun temurun. Awalnya usaha ni berasal dari Almarhum Sailun yang memiliki kedai nasi dengan sajian dendeng batokok di depan Stasiun Muara Kaban, sekitaran tahun 1945. Dan tempat makan yang ada saat ini merupakan kedai yang telah berdiri sejak tahun 1965.

Tawarkan Menu Utama Dendeng Batokok

Jangan lupa coba ya, via Instagram/sulistyawan_yahya
Jangan lupa coba ya, via Instagram/sulistyawan_yahya

Menu utama yang ditawarkan di tempat makan Sawahlunto ini adalah dendeng batokok. Meskipun pilihan makanannya sudah beragam, dendeng satu ini tetap menjadi idola para pengunjung yang datang. Dendeng di tempat ini tipis, kering, dan memiliki aroma harum lantaran dilumuri minyak kelapa buatan tangan.

Cara pembuatannya, daging yang sudah berbumbu lalu dibakar di atas bara kelapa kemudian ditokok dan dilumuri dengan minyak kelapa. Karena prosesnya inilah, tekstur dari daging dendeng di sini juga empuk.

Dimasak dengan Pengolahan Tradisional

Pilihan menu beragam, via Instagram/xtinod
Pilihan menu beragam, via Instagram/xtinod

Seporsi dendeng batakok di sini paling nikmat jika disantap dengan sambal lado, rebusan daun singkong dan nasi. Citarasa dendeng di sini konsisten, tidak berubah dan tetap menggugah selera. Pasalnya, resep yang digunakan untuk membuat dendeng ini masih dipertahankan. Yakni menggunakan daging tanpa lemak. Cara pengolahannya juga masih sangat tradisional, yakni memanfaatkan pawon tua dengan bahan bakar kayu.

Alamat RM Dendeng Batokok

Bisa dicoba, via Instagram/viakong
Bisa dicoba, via Instagram/viakong

Alamat RM Dendeng Batakok Kalaban ini berada di daerah Muara Kalaban, Kecamatan Silungkang, sekitar 5 kilometer dari pusat kota Sawahlunto. Jam bukanya mulai dari pukul 07:00 sampai dengan 22:00 WIB. Untuk harganya tak terlalu mahal, satu porsinya masih di bawah Rp20.000. Jadi, jika jalan-jalan ke Sawahlunto, jangan lupa cicipi kuliner legendaris ini ya.

Lengkapi jalan-jalanmu dengan berbagai kuliner enak yang ditawarkan. Jadi, kemana lagi selanjutnya? Next

ramadan
Dimsum Mbledos Surabaya

Dimsum Mbledos Surabaya, Manjakan Lidah & Mata dengan Nuansa Oriental

Tempat menginap murah dekat pemandian air panas banyuwedang

Akomodasi Dekat Pemandian Air Panas Banyuwedang Bali