in ,

Rujak Bulung, Kuliner Khas Bali yang Terbuat dari Rumput Laut nan Menyegarkan

Rujak bulung terbuat dari rumput laut yang dihasilkan dari laut Bali, tak hanya enak dan menyegarkan tapi juga menyehatkan.

Rujak Bulung

Sejauh ini, ada beberapa jenis rujak unik, yang merupakan makanan khas dari beberapa daerah di Indonesia. Sebut saja seperti rujak cingur, rujak mie, rujak juhi, sampai rujak es krim. Nah, kuliner satu ini akan menambah daftar kuliner rujak unik yang ada di Indonesia, yaitu rujak bulung khas Bali.

Baca juga : Ingah Ingih, Enaknya Jajanan Tradisional Yogyakarta yang Manis-Manis Gurih

Bahan baku rujak satu ini adalah rumput laut, yang dicampur dengan beberapa bumbu hingga menghasilkan rasa yang segar. Kuliner ini sudah terkenal kelezatannya, baik di lidah masyarakat lokal maupun mancanegara.

Rujak bulung dibuat dari rumput laut pilihan

Jika kebanyakan rujak yang kita kenal dibuat dari buah-buahan, maka rujak satu ini berasal dari rumput laut jenis boni. Rumput laut ini adalah hasil laut Bali, rantingnya berwarna hijau menyala. Saat dimasak, rumput laut boni akan terasa lebih kenyal.

Kuliner khas Bali
Rumput laut untuk pembuatan rujak via kooliner

Selanjutnya, rumput laut akan dicampur dengan kuah pindang, parutan kelapa, parutan lengkuas, dan bumbu rujak yang telah dihaluskan. Bumbunya pun sangat sederhana, hanya terdiri dari garam, gula, cabai, dan terasi. Percampuran antara bumbu-bumbu di atas membuat rujak terasa segar saat disantap.

Rujak yang dimakan bersama dengan makanan lain

Meskipun rujak dicampur dengan berbagai macam bumbu, kuah rujak tersebut tidak berbau amis, justru gurih. Aroma bulung yang kuat mungkin terasa menusuk hidung, terlebih jika bulung boni yang digunakan benar-benar segar.

Kuliner khas Bali
Rujak bulung dimakan dengan tipat via guideku.com

Adapun penyajian rujak bisa dimakan bersama masakan lain. Di Bali, rujak bulung kerap dimakan bersama dengan ketupat atau tipat. Makanan ini sangat cocok dijadikan sebagai camilan di siang hari.

Manfaat rujak bulung boni untuk kesehatan

Selain lezat dan menyegarkan, rujak bulung boni mempunyai banyak manfaat terhadap kesehatan. Rujak ini mengandung antioksidan dan berkhasiat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Serta dikenal bisa mencegah osteoporosis, darah tinggi, penuaan dini, hingga mencegah kanker.

Rujak Bulung
Segarnya rujak bulung via detik.com

Jika berminat ingin mencoba rujak satu ini, bisa kamu temukan dengan mudah di pasar-pasar tradisional di Bali, terutama daerah Jembrana sekitar Pantai Serangan. Untuk satu porsinya, rujak ini dijual dengan harga Rp6.000 hingga Rp8.000 saja.

Menjadi incaran wisatawan saat berkunjung ke Bali

Rujak bulung boni menjadi salah satu kuliner yang cukup diminati di Bali. Tak hanya warga lokal saja, wisatawan mancanegara juga kerap mampir untuk menikmati rujak unik tersebut. Salah satu hal yang membuat para pelancong tertarik adalah bahan baku rujak yang terbuat dari rumput laut yang terkenal menyehatkan.

Rujak Bulung
Rujak bulung Bali via IDNTimes

Akan tetapi, meskipun menyehatkan, tetap tidak dianjurkan mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan ya. Karena setiap yang dimakan melebihi porsi akan berakibat tidak baik untuk kesehatan.

Nah, itulah sekilas tentang rujak bulung boni, kuliner unik khas Bali. Jika kamu ke Bali, rujak ini masuk dalam daftar kuliner yang wajib banget kamu coba. Bukan karena manfaatnya saja yang baik buat kesehatan, tetapi juga karena rujak ini hanya bisa ditemukan di Bali. Next

ramadan
Zodiak penyuka traveling, apalagi digabungkan bagi penikmat traveling juga

Deretan Zodiak Asyik Untuk Partner Traveling, Kamu Yang Mana Nih?

Traveling dengan menggunakan sepatu demi keamanan dan kenyamanan traveler

Ini Dia, Jenis Sepatu Yang Cocok Kamu Gunakan Untuk Traveling