in ,

Rumah Makan Kusuma Sari Legendaris di Solo, Jaga Kenikmatan Selera Istana

Kuliner Legendaris dan Populer di Solo, Rumah Makan Kusuma Sari

via Instagram/soloculinary
via Instagram/soloculinary

Rumah Makan Kusuma Sari merupakan salah satu tempat yang telah menyajikan menu-menu klasik fusion antara Jawa Belanda sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Buat Teman Traveler yang berencana akan traveling ke Solo, pastikan tempat makan klasik ini masuk masuk dalam daftar tempat yang dikunjungi. Penasaran sajikan apa saja? Yuk baca terus ulasannya.

Baca juga : Sungai Mudal, Pesona Wisata Air Kulon Progo yang Indahnya Bikin Melongo

Berawal dari Usaha Katering di Tahun 1970

Salad Belanda di RM Kusuma Sari, via Instagram/annisariasti
Salad Belanda di RM Kusuma Sari, via Instagram/annisariasti

Sebelum menjadi seterkenal sekarang ini, ternyata rumah makan legendaris di Solo ini juga menjalani perjalanan yang panjang. Berawal dari permintaan seorang sahabat untuk menyediakan berbagai hidangan hajatannya, sejak saat itulah Sugiarti Waluyo Kusumo atau yang karib disapa dengan Bu Menggung mulai menerima pesanan katering. Salah satu peracik bumbu-bumbu nya kala itu adalah Pak Wiro, koki yang dahulu pernah mengabdi di Keraton Solo.

Menu di Rumah Makan Kusuma Sari, via Instagram/soloculinary
Menu di Rumah Makan Kusuma Sari, via Instagram/soloculinary

Setelah kurang lebih 20 tahun menjalani usaha katering, banyak orang ingin menikmati berbagai hidangan dari dapur Bu Menggung tanpa menunggu adanya hajatan ataua cara. Mulai dari itulah, akhirnya Bu Menggung membuka restoran pertamanya. Saat ini, restoran Bu Menggung telah dikelola oleh generasi ketiga yakni Endah Trisnowati dan Herwita Titi Sekartaji.

Menu Andalan di Rumah Makan Kusuma Sari

Steak Gelatin, via Instagram/carikulinersolo
Steak Gelatin, via Instagram/carikulinersolo

Menu andalan di tempat makan Solo ini ada tiga jenis. Yakni selat, sup, dan juga kroket. Dan untuk menjaga kualitas berbagai hidangan yang disajikan, sang penerus tetap menjaga resep dan memilih bahan-bahan unggulan. Kualitas dan bahan-bahan yang dibutuhkan terus dipantau dan dijaga dengan baik, bahan baku naik tapi porsi dan kualitasnya tidak akan berkurang, namun harga menyesuaikan.

Tempat makan legendaris, via Instagram/kulineratsolo
Tempat makan legendaris, via Instagram/kulineratsolo

Selain tiga menu utama yang disuguhkan, banyak juga pilihan lainnya yang bisa dicoba. Contohnya saja beragam sup, berbagai jenis steak, sampai dengan dessert berupa es krim. Resep-resep yang terdapat di dapur Kusuma Sari ini telah secara turun temurun dijaga sampai sekarang sampai ke tangan generasi ketiga.

Alamat Rumah Makan Kusuma Sari di Solo

Lokasi yang rekomended, via Instagram/kuliner.neng.solo
Lokasi yang rekomended, via Instagram/kuliner.neng.solo

Lokasi pusat Ruma Makan Kusuma Sari berada di Jl. Slamet Riyadi No. 111. Cabanya ada di Jl. Yos Sudarso No. 12. Terbaru ada di The Park Mall di Jl. Ir. Soekarno, Jl. Kanguru 1, Dusun II, Madegondo, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Harga-harga yang ditawarkan di sini juga tidak terlalu mahal. Menu yang disajikan dibanderol mulai dari Rp9.000.

Hidangan-hidangan di Rumah Makan Kusuma Sari ini kebanyakan berasal dari dapur Istana Solo. Maka dari itulah kamu akan banyak menemukan hidangan fusion Indonesia Belanda. Tak perlu jauh-jauh ke Negara Kincir Angin, bukan? Yuk coba saja beragam kuliner yang disuguhkan di sini. Rasanya? Coba saja! Next

ramadan
TempeLand

TempeLand di JungleLand Adventure Theme Park Sentul, Jadi Makin Cinta Lauk Ini

Outfit Liburan Amanda Rawles

Intip Outfit Liburan Amanda Rawles di Eropa, Traveling Tetap Stylish