in ,

TempeLand di JungleLand Adventure Theme Park Sentul, Jadi Makin Cinta Lauk Ini

Kamu Mau Berwisata Sekalian Bikin Tempe Bareng? Kunjungi TempeLand di JungleLand Adventure Theme Park

TempeLand
TempeLand

Wisata di Bogor tak henti-hentinya memesona dan menghibur wisatawan. Salah satu destinasi wisata yang tidak pernah sepi adalah Jungleland Adventure, taman bermain yang terbagi menjadi 4 zona dengan beragam wahana seperti Mega Drop, Hydrolift, Magic Bike, dan lainnya. Taman bermain ini pun meluncurkan wahana edukasi baru disebut TempeLand. Terdengar familiar? Benar sekali, merupakan pusat pembelajaran tentang tempe. Penasaran seperti apa? Yuk dibaca ulasan berikut.

Baca juga : Menjelajah Distrik Jiufen di Taiwan, Kawasan Fotogenik di Taiwan

TempeLand, Wahana Baru di Jungleland Adventure Theme Park

TempeLand Siap Menyambut Pengunjung via Instagram @veganfestival.id
TempeLand Siap Menyambut Pengunjung via Instagram @veganfestival.id

TempeLand merupakan wahana baru yang ditawarkan oleh Jungleland Adventure Theme Park di Sentul, Bogor. Teman Traveler yang mau singgah di taman bermain ini bisa siapkan biaya tiket kira-kira Rp165 ribuan untuk hari biasa, Rp220 ribuan saat akhir pekan, dan Rp250 ribuan ketika high season.

Wahana edukasi yang bekerjasama dengan Forum Tempe Indonesia ini merupakan pertama dan satu-satunya di Indonesia. Pengunjung akan mendapatkan beragam informasi mengenai tempe secara detail.

Menggunakan Kedelai Hidroponik

Hidroponik Kacang Kedelai via Instagram @drponik
Hidroponik Kacang Kedelai via Instagram @drponik

Selain praktik membuat tempe secara langsung, pengunjung juga dapat belajar bagaimana cara menanam biji kedelai dengan cara hidroponik. Biji yang telah ditanam tersebut pun dibawa pulang ke rumah masing-masing pengunjung. Setelah 2 hari dapat dilihat bagaimana perkembangan pertumbuhan kedelai. Wah seru juga ya berasa kembali kepada masa sekolah, saat praktik menanam biji kacang hijau di kapas basah ya.

Belajar sambil Membuat Tempe

TempeLand via Instagram @tsa_p1
TempeLand via Instagram @tsa_p1

Teman Traveler akan mendapat beragam pengetahuan mengenai proses penanaman kedelai, proses pembuatan tempe, produk olahan kedelai, dan lainnya. Wahana yang tidak hanya untuk anak-anak tapi masyarakat umum ini menawarkan bisa praktik membuat tempe di tempat. Mulai dari awal sampai proses jadi. Jadi tidak perlu takut kebosanan karena metodenya learning by doing.

Upaya Menjadikan Tempe sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO

Bagian Depan TempeLand via Instagram @tsa_p1
Bagian Depan TempeLand via Instagram @tsa_p1

Pendirian wahana TempeLand sebagai wisata edukasi diharapkan dapat meningkatkan kesadaran generasi muda tentang tempe sebagai warisan budaya dengan banyak manfaat. Di luar negeri saja seperti Belanda dan Jepang, tempe sudah sangat populer. Atraksi wisata ini pun sebagai ajang promosi tempe sebagai kuliner asli Indonesia. Tujuan jangka panjang adanya TempeLand adalah supaya tempe menjadi Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO.

Begitulah gambaran wahana baru TempeLand di Jungleland Adventure Theme Park. Teman Traveler bisa banget mengajak adek ke objek wisata edukasi ini. Bagaimana apakah siap meluncur ke Jalan Jungleland Boulevard, kawasan Sentul Nirwana, Bogor? Next

ramadan
Wisata Naik Kuda di Jogja

Cobain Naik Kuda di Jogja pada Sekian Tempat Ini, Liburan Jadi Lebih Berkesan

via Instagram/soloculinary

Rumah Makan Kusuma Sari Legendaris di Solo, Jaga Kenikmatan Selera Istana