in ,

Rute Baru Menuju Gunung Rinjani

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani

Siapa yang tidak mengenal Gunung Rinjani? gunung yang memiliki ketinggian 3726 MDPL dan termasuk Gunung berapi tertinggi ke-2 di indonesia. Lokasinya terletak di 3 Kabupaten di Pulau Lombok, yaitu Lombok Timur, Lombok Utara, dan Lombok Tengah.

Baca juga : 4 Sate Bandeng Terenak, Kuliner Warisan Kesultanan Banten yang Menggoda

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani via jewelindonesia.com

Jalur Pendakian Melalui Lombok Tengah

Rinjani terkenal dengan jalur pendakian melalui Sembalun, Senaru, dan Aik Berik. Namun kini pendakian melalui Lombok Tengah memiliki wajah baru yaitu melalui Desa Lantan kecamatan Batukliang Utara. Sebenarnya jalur ini sudah lama di lalui oleh masyarakat Desa Lantan untuk pergi ke Segara Anak dengan tujuan berendam di air panas dan memancing. Namun kini jalur ini mulai familiar di kalangan pendaki.

Tujuan dan Rute Melalui Desa Lantan

Tujuan utama jalur ini adalah Pelawangan Lombok Tengah dan Segara Anak. Untuk sampai ke tujuan, rute pertama yang harus dilewati ialah hutan lindung yang ada di Desa Lantan, berdekatan dengan air terjun 9 Lantan.

Pos pertama yang biasa dijadikan tempat peristirahatan ialah Pondok Monte, di sana terdapat mata air untuk diminum para pendaki. Setelah itu kita akan menemukan Pondok Mayit sebagai pos terakhir di hutan lindung, di sana juga terdapat air sungai yang lumayan jauh untuk digapai.

Setelah itu, keluar dari hutan, langsung menemukan Lendang Ree, di sana terdapat view pemandangan yang sangat indah, memanjakan mata. kemudian kita akan melewati Elong Kedie karena rutenya seperti tebing tinggi yang terdapat pemandangan indah di sebelah kiri dan kanan rute pendakian. Di sini terdapat mata air terakhir sebelum melanjutkan ke tanjakan Penyesalan yang kemudian menyambungkan dengan Batukliang dan Pelawangan Lombok Tengah.

Pelawangan Lombok Tengah sering dijadikan tempat bermalam dan di sini sudah terbentang luas pemandangan Segara Anak, Gunung Baru Jari dan Puncak Rinjani. Terakhir pendaki bisa turun sekitar 30 menit untuk menuju segara anak.

View Gunung Rinjani

Melalui Pelawangan Kamu dapat dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah, luasnya bentangan Segara Anak, kokohnya Gunung Baru Jari dengan tiupan asap di sertai menjulangnya sang puncak Rinjani membuat kita tersadar bahwa luar biasanya lukisan sang pencipta.

Menikmati Indahnya Sunset di Puncak Batukliang

Untuk bisa menikmati indahnya sunset di puncak Batukliang kamu harus berjuang melakukan pendakian sekitar 12 jam, kalo kamu biasa mendaki bisa ditempuh sekitar 10 jam tanpa henti, untuk bisa melihat keindahan sunset ini kamu harus menyiapka stamina yang full dan pastinya semangat yang tidak pernah menyerah.

Meskipun kamu melakukan pendakian sekitar 12 jam, semua ini akan terbayar dengan pemandangan sunset dan pemandangan alam yang sangat indah, yang bisa kamu nikmati dari puncak Batukliang.

Next

ramadan
Gunung Purba

Gunung Api Purba Nglanggran, Keindahannya Wajib Diabadikan

5 Mitos Tempat Horor di Indonesia, Barani Uji Nyali?