in , ,

5 Sajian Indonesia Bernama Unik, Pernah Coba Nasi Kentut?

Deretan Masakan Asli Indonesia dengan Nama Nyleneh

Nasi Kentut
Nasi Kentut (c) Daelani/Travelingyuk

Dari sekian banyak ragam kuliner di Indonesia, beberapa di antaranya punya nama unik yang terasa aneh ketika didengar. Namun jangan salah, sejumlah sajian Indonesia bernama unik ini punya sejarah panjang dalam penciptaannya lho.

Baca juga : Kerja Sambil Liburan di 5 Coworking Space Bali, Nggak Bikin Stress

Tak hanya itu, beberapa di antaranya juga sangat mudah ditemukan dan harganya terjangkau kantong. Apa saja makanan yang dimaksud? Yuk, simak daftar sajian Indonesia bernama unik berikut ini.

Nasi Kucing

20190823_213613_Qgy.jpg
Nasi Kucing (c) Daelani/Travelingyuk

Kuliner Jogja yang sangat terkenal ini bisa ditemukan di banyak warung di seantero Kota Pelajar. Selain murah, rasanya juga sangat lezat. Lantas mengapa diberi nama ‘kucing’ ya?

Sebutan tersebut disematkan lantaran kuliner ini kerap disajikan dalam porsi kecil, seperti pakan kucing. Jadi sama sekali tidak menggunakan daging kucing ya dalam pembuatannya. Uniknya lagi, nasi kucing biasanya disajikan dalam bungkusan daun pisang.

Kue Dolar

20190823_214057_Cs7.jpg
Kue Dolar (c) Daelani/Travelingyuk

Kue kering asal Surabaya ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh. Pantang dilewatkan jika Teman Traveler sedang jalan-jalan di Kota Pahlawan. Camilan renyah ini tersedia dalam aneka varian rasa, mulai wijen, jahe, hingga keju. Sebutan dolar sendiri diberikan lantaran bentuknya bulat kecil-kecil, mirip uang koin.

Kerupuk Melarat

sajian indonesia bernama unik
Kerupuk melarat (c) Daelani/Travelingyuk

Panganan khas Cirebon ini diberi sebutan melarat lantaran tidak digoreng menggunakan minyak, melainkan pasir panas. Menurut beberapa sumber, metode ini ditemukan lantaran dulu harga minyak sangat mahal. Kerupuk Melarat sendiri biasanya tersedia dalam corak warna merah, kuning, maupun hijau.

Roti Ketawa

20190823_214731_cui.jpg
Roti Ketawa (c) Daelani/Travelingyuk

Cemilan satu ini berasal dari Medan. Bentuknya mirip seperti onde-onde lantaran permukaannya dipenuhi taburan wijen. Namun demikian, kue tradisional ini bahan dasarnya mirip roti, sehingga teksturnya terasa lebih padat. Sebutan roti ketawa diberikan lantaran permukaan jajanan ini terlihat seperti mulut yang sedang tertawa lebar. Hmm, unik juga ya.

Nasi Kentut

sajian indonesia bernama unik
Nasi Kentut (c) Daelani/Travelingyuk

Makanan berbahan dasar nasi ini berasal dari Medan, biasanya disajikan bersama aneka lauk seperti ikan pepes, ayam goreng, tahu tempe goreng, serta sambal. Mirip Sego Kucing, namun alih-alih dibungkus daun pisang, justru menggunakan daun kentut.

Penggunaan daun tersebut memberikan aroma khas yang konon justru membuat rasa nasi terasa makin mantap. Menyantap sajian satu ini juga dipercaya punya efek positif untuk kesehatan karena efektif memperlancar pencernaan.

Itulah lima sajian Indonesia bernama unik yang perlu Teman Traveler tahu. Adakah di antara kalian yang pernah mencoba semuanya? Next

ramadan
Suasana di Balai Kopi

Balai Kopi Malang, Wajib Coba Es Kopi Hazelnut-nya

Adegan Rangda mencelakai rakyat

Drama Tari Calonarang, Keindahan Berbalut Nuansa Mistis