in ,

Gerhana Matahari Cincin Segera Muncul, Saksikan Fenomenanya di 4 Kota Ini

Menyaksikan fenomena astronomi yang keren dan langka

Apakah Teman Traveler sudah siap melihat gerhana matahari lagi? Yap! Tanggal 26 Desember 2019 nanti, Indonesia akan kebagian jatah fenomena alam ini. Berbeda dengan tahun 2017, gerhana yang muncul adalah gerhana matahari cincin. Nah, BMKG sudah merilis deretan kota dengan angle terbaik untuk melihat gerhana. Berikut beberapa di antaranya!

Baca juga : Cicipi Gudeg Kekinian di Mbok Mandeg Milenia Jogja, Pake Lauk Spicy Wings

1. Siak, Riau

Jembatan Siak IV via Shutterstock

Kota yang satu ini ditetapkan BMKG sebagai destinasi terbaik untuk melihat gerhana matahari cincin. Hal ini terjadi mengingat lokasinya yang paling mendekati titik gerhana. Fenomena alam tersebut akan dimulai pada pk. 10.22 WIB, kemudian akan mencapai puncaknya pada pk. 12.17 WIB. Gerhana akan berakhir pada pk. 14.14 WIB.

Selagi menanti datangnya gerhana, Teman Traveler bisa menjelajahi aneka tempat wisata di Siak yang menarik dan instagenik. Tak tanggung-tanggung, lokasi-lokasi tersebut memiliki nilai historis dan estetika yang tak ternilai.

2. Singkawang, Kalimantan Barat

Pantai Kura-Kura di Singkawang via Shutterstock

Pulau Kalimantan tidak luput dari bayang-bayang gerhana. Salah satu daerah di sana, yakni Singkawang, turut kebagian ‘rezeki’ astronomi ini. Dimulai dari pk. 10.22 WIB, gerhana matahari cincin akan mencapai puncaknya pada pk. 12.42 WIB dan baru berakhir pada pk. 14.31 WIB.

Selagi mengamati gerhana, Teman Traveler bisa mengunjungi aneka destinasi alam favorit yang ada di Singkawang. Tidak hanya menyajikan pemandangan hutan dan pantai yang asri, tempat wisata tersebut juga menampilkan spot-spot instagramable yang pasti bikin generasi millenial puas dan bahagia.

3. Padang Sidempuan, Sumatera Utara

Image may contain: one or more people, sky, cloud, twilight, outdoor and nature
Pemandangan di Bukit Teletubbies Padang Sidempuan via Instagram/david_hmg

Berlokasi di Sumatera Utara, Padang Sidempuan juga kebagian ‘jatah’ gerhana. Dimulai dari pk. 10.14 WIB, peristiwa astronomi ini akan mencapai puncaknya pada pk. 12.06 WIB. Gerhana pun akan berakhir pada pk. 14.04 WIB.

Nah, mumpung lagi mampir ke Padang Sidempuan, akan sangat baik jika Teman Traveler juga berkunjung ke beragam tempat wisata keren dan instagenik di Tapanuli Selatan. Selain bisa berburu konten seru, kalian juga bisa menikmati indahnya alam Sumatera.

4. Berau, Kalimantan Timur

Pemandangan di Pulau Maratua, Berau via Shutterstock

Destinasi instagramable favorit wisatawan lokal dan mancanegara ini juga menjadi salah satu yang dilewati gerhana matahari cincin. Fenomena alam ini akan dimulai pada pk. 11.14 WIB dan mencapai puncaknya pada pk. 13.12 WIB. Gerhana baru berakhir pada pk. 14.47 WIB.

Bagi para penggemar wisata bahari, Berau adalah destinasi favorit yang menawarkan ribuan macam aktivitas air, mulai dari berenang, snorkeling, hingga diving. Pulau-pulaunya pun sangat cantik, indah, dan instagramable. Serasa di Surga!

Image may contain: sky, cloud, night and outdoor
Menyaksikan gerhana matahari total 2017 via Instagram/sukma_darma

Itulah tadi beberapa kota dengan angle terbaik untuk menyaksikan gerhana matahari cincin di tahun 2019. Sebagai catatan, Teman Traveler harus mengenakan kacamata pengaman saat akan melihat matahari. Hal ini untuk menghindari beragam risiko fatal jika melihat benda langit tersebut secara langsung, seperti kebutaan.

Akhir kata, sudah siap berburu gerhana di akhir tahun? Jangan lupa bagikan pengalaman kalian dalam menyaksikan fenomena alam langka ini! Next

ramadan
museum berteknologi canggih

4 Museum Berteknologi Canggih di Indonesia, yang Terakhir Sajikan Info ala Game RPG

Pulau Swarnadwipa

Pulau Swarnadwipa Sumbar, Destinasi Romantis Cocok untuk Akhir Tahun