in ,

Sambal Khas Indonesia yang Terbuat dari Bahan Tak Terduga, Pernah Coba?

Sambal Khas Indonesia dari Bahan Tak Terduga

Sambal Khas Indonesia
Sambal Khas Indonesia

Kekayaan kuliner Indonesia memang tak terbantahkan. Untuk satu jenis makanan saja, kita punya banyak varian yang jumlahnya fantastis. Sebut saja sambal yang jumlah jenisnya tak sedikit. Menariknya, ada di antaranya yang terbuat dari bahan tak terduga. Seperti sambal khas Indonesia berikut ini.

Baca juga : Sensasi Sop Janda, Duh Enaknya Memang Menggoda

1. Tempoyak

Sambal Tempoyak
Sambal Tempoyak via instagram/@sambal_ummi

Biasanya sambal terbuat dari cabai dengan tambahan tomat. Namun, Indonesia punya varian lain yang menggunakan campuran fermentasi daging durian. Yap, raja buah yang memiliki bau menyengat. Nama sambal ini adalah tempoyak yang sangat mudah ditemukan di Palembang dan sekitarnya. Rasanya mantap, apalagi yang dipadukan dengan pete.

2. Sambai Oen Peugagah

Sambai Oen Peugagah
Sambai Oen Peugagah via instagram/@danirandi

Aceh juga memiliki sambal istimewa yang terbuat dari bahan tak terduga. Namanya Sambai Oen Peugagah yang juga dikenal sebagai lalapan Aceh. Bentuk makanan tradisional ini sebenarnya mirip urap karena terbuat dari 44 jenis dedaunan. Ada yang warna hijau, kuning, dan juga merah. Biasanya, menu ini disantap dengan menggunakan kelapa parut. Sehingga cita rasanya gurih, pedas, manis yang bikin nagih.

3. Sambal Roa

Sambal Roa
Sambal Roa via instagram/@roabsd

Siapa yang tak kenal dengan sambal asal Manado ini. Saking terkenalnya, ada kemasan sambal roa yang disajikan praktis untuk oleh-oleh rumah. Yap, sambal roa ini bukan dari sembarang bahan. Apalagi kalau bukan ikan roa asap pilihan yang dipadukan dengan cabai. Tidak hanya yang basah, ada juga sambal roa versi kering yang rasanya nampol banget.

4. Sambal Oncom

Sambal Oncom
Sambal Oncom via instagram/@bumbudesa.yogya

Makanan khas Sunda biasanya dipadukan dengan oncom. Kombinasi tersebut menghasilkan rasa spesial yang bikin ketagihan. Tak hanya dijadikan lauk, ternyata ada juga sambal yang menggunakan makanan ini. Namanya sambal oncom yang cita rasanya tak perlu diragukan lagi. Selain mudah ditemukan di rumah makan, kamu juga bisa memasak menu ini. Tak susah kok.

5. Sambal Bongkot

Sambal Bongkot
Sambal Bongkot via instagram/@ikairmawati22

Bali memang terkenal dengan sambal matahnya. Namun, ada banyak sambal istimewa dari Pulau Dewata. Salah satunya sambal bongkot yang terbuat dari bahan tak terduga, yaitu bunga bongkot atau bunga kecombrang. Bahan tersebut diiris tipis yang kemudian dicampur dengan cabai rawit dan bawang. Rasanya makin nendang jika ditemani dengan lauk ayam atau ikan.

6. Sambal Tumpang

Sambal Tumpang
Sambal Tumpang via instagram/@umimamoto

Sambal terakhirnya yang juga menggunakan bahan tak terduga adalah sambal tumpang. Kuliner ini merupakan sambal khas dari Solo dan Kediri. Keduanya memiliki bentuk dan bahan yang sama. Bahan tersebut adalah tempe semangit yang difermentasi. Nah, tempe ini dicampur dengan aroma kencur dan irisan daun jeruk. Sambal tumpang ini biasa dijadikan pengganti bumbu pecel.

Nah, itulah sambal khas Indonesia yang berasal dari bahan tak terduga. Bagaimana, sudah coba salah satu pendamping menu utama di atas? Next

ramadan

Rekomendasi Menikmati Mie di Kota Bandung, Kenyang Bahagia!

Salah satu sudut Jembatan Soge

Ternyata Ada Tiga Jembatan Keren di Jalur Pantai Selatan