in ,

Tak Hanya Telur Asin, Brebes Juga Punya Sate Blengong Incaran Para Pejabat

Kuliner Sate Blengong dari Brebes

Via Instagram tayaxfood

Jika berbicara tentang kuliner Brebes, Jawa Tengah selama ini yang paling terkenal adalah telur asin. Padahal, banyak juga kuliner legendaris Brebes yang memiliki rasa yang tidak kalah lezatnya. Salah satu yang memiliki banyak penggemar adalah sate blengong. Memang secara tampilan fisik, sate blengong ini memiliki bentuk seperti sate pada umumnya. Tapi rasanya boleh diadu.

Baca juga : Hillpark Sibolangit, Arena Bermain Andalan di Sumatra

Terbuat dari Hewan Hasil Pekawinan Silang

Sate yang nikmat, Via Instagram ichbinyani

Sate blengong ini terbuat dari daging yang berasal dari hewan hasil perkawinan silang antara bebek dan juga entok atau jika di dalam bahasa Jawa disebut mentok. Teksturnya seperti daging bebek yang memiliki serat. Tapi lebih lembut dan juga lunak saat dikunyah. Karena itulah, daging ini cocok sekali jika diolah menjadi sate.

Sate yang masih dibakar, Via Instagram kumaladewi.h

Biasanya, tusuk untuk membuat sate blengong ini menggunakan ukuran yang lebih panjang dari biasanya. Untuk menambah citarasa gurih dari sate, daging blengong ini direbus dengan santan. Untuk menambah kenikmatan dari sate di sini biasanya dipadukan dengan kupat.

Kuliner Legendaris di Brebes

Sate khas Brebes, Via Instagram yunansyahhS

Bukan kuliner baru, sate blengong ini sudah ada sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Banyak penjual sate dari hewan persilangan ini yang sudah bejualan sejak puluhan tahun silam. Salah satu yang sudah memiliki nama dan sangat populer adalah Pondok Kupat Sate Kasturi Rajak yang lokasinya berada di perempatan Islamic Center yang menuju ke Pasar Batang, Brebes.

Seporsi sate yang menggugah selera, Via Instagram kakilimasemarang

Pondok Kupat Sate Blengong sudah beroperasi setidaknya 40 tahun dan sudah dijalankan secara turun temurun tiga generasi. Dengan mempertahankan resep kuno, rasa satenya di sini sangat nikmat sekali. Tidak ada bau amis dan teksturnya lembut karena diolah dengan tepat. Proses pengolahannya juga memakan waktu sampai 2,5 jam lamanya, sehingga benar-benar empuk bikin ketagihan.

Jadi Incaran Para Pejabat

Sate dipadu dengan kupat, Via Instagram kelilingcirebon

Karena merupakan kuliner yang bisa dibilang legendaris dari Brebes dan memiliki nama, sate blengong ini seakan memaksa banyak pejabat untuk mencicipinya. Sebut saja mantan Presiden Soekarnoputri ketagihan mencoba sate ini Ada juga Gubenur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo turut tergila-gila dengan kenikmatan dari sate blengong.

Telor asin memang sangat nikmat jika dipadukan dengan nasi hangat. Tapi, jika ke Brebes jangan hanya mencoba telur asin saja ya, kamu bisa mencoba kuliner lainnya yang tak kalah nikmatnya. Contohnya saja ya sate blengong ini, selamat mencicipi. Next

ramadan

Touring Jokowi ke Pelabuhan Ratu, Jangan Lewatkan Sejumlah Wisata Menariknya

Hotel di Kabupaten Dompu

Ini Pilihan Hotel di Kabupaten Dompu, Siap-siap Hadiri Festival Pesona Tambora