in ,

Sate Enak di Surabaya, Nggak Cukup Cuma Seporsi Saja

Empat Sate Enak di Surabaya

Sate Enak di Surabaya
Sate Enak di Surabaya

Surabaya, salah satu kota terbesar di Indonesia ini dikenal sebagai destinasi wisata belanja. Ternyata, selain bisa mendapatkan baju dan tas impian, kamu juga bisa menikmati kuliner Surabaya setelah lelah keliling kota. Di tengah udara kota yang gerah, menyantap sate enak di Surabaya bisa menjadi pilihan yang tepat. Apa saja, ya?

Baca juga : 8 Tempat Terbaik Menikmati Danau Toba Ini Bakal Sukses Tambah Takjub Sama Pesonanya

1. Sate Karak

Sate Karak Surabaya
Sate Karak Surabaya via Instagram/@sbykulinerinfo

Saat berkunjung ke Surabaya, pastikan kamu menyempatkan diri untuk mencicipi salah satu kuliner legendarisnya, yaitu sate karak. Jika biasanya sate terbuat dari daging sapi atau ayam yang ditusuk kemudian dibakar, sate ini menggunakan usus sapi sebagai bahan utamanya. Kuliner lawas yang sudah makin jarang ditemukan ini sudah ada sejak tahun 1960-an. Bukan dengan nasi, sate ini disantap bersama ketan hitam yang ditaburi kelapa dan srundeng. Cicipi kuliner ini di  K.H. Mas Mansyur, Surabaya.

Sate Karak
Sate Karak via Instagram/@satekarak_cakri

2. Sate Klopo Ondomohen

Sate Klopo Ondomohen di Surabaya
Sate Klopo Ondomohen di Surabaya via Instagram/@say.hello.bali

Kuliner unik lainnya yang bisa dicoba adalah Sate Klopo Ondomohen. Kuliner satu ini terbuat dari daging ayam tipis yang dibakar dengan bumbu kacang dan sambal kecap. Tambahan yang membuat sate ini unik adalah parutan kelapa yang ditaburkan sebelum dibakar. Wangi dari kelapa langsung menyatu dengan daging yang dibakar. Kedai yang menjual Sate Klopo Ondomohen di Jalan Ondomohen (kini menjadi Jalan Walikota Mustajab) milik Bu Asih ini ternyata sudah buka sejak tahun 1045-an. Yakin tak ingin coba?

Sate Klopo Ondomohen Surabaya
Sate Klopo Ondomohen Surabaya via Instagram/@noniicha

3. Sate Ponorogo Pak Pandi

Sate Ponorogo Pak Pandi
Sate Ponorogo Pak Pandi via Instagram/@surabayafoodies

Pilihan sate enak di Surabaya lainnya adalah Sate Ponorogo Pak Pandi. Kuliner lezat bikin nagih ini berlokasi di Jalan Dharmawangsa 142, Surabaya. Seperti yang terlihat dalam gambar, ada banyak pilihan sate. Di antaranya adalah sate ayam, sate usus, hingga sate telur muda. Bumbunya pun hanya menggunakan kacang dan kecap yang diracik dengan ukuran yang pas. Datanglah di siang atau sore hari jika ingin memesan dengan menu yang masih lengkap.

Sate Ponorogo Pak Pandi Surabya
Sate Ponorogo Pak Pandi Surabaya via Instagram/@amazingindonesiafood

4. Sate Taichan Bang Dadang

Sate Taichan
Sate Taichan via Instagram/@kokobuncit

Belum lama ini muncul jenis sate baru, yaitu yang dikenal dengan nama taichan. Taichan adalah sate dari daging ayam putih yang dibakar langsung tanpa bumbu. Lalu sate ini hanya disajikan dengan sambal dan perasan jeruk nipis. Ingin mencoba kuliner ini? Mampir saja ke Sate Taichan Bang Dadang yang membuka gerainya di Pujasera Pak Edgar, Jl. Raya Simpang Darmo Permai Utara. Kamu juga bisa memesannya secara online, lho. Nggak perlu macet, sudah bisa kenyang.

Sate Taichan Mang Dadang
Sate Taichan Bang Dadang via Instagram/@taichan_bangdadang

Wah, setelah melihat daftar sate enak di Surabaya jadi langsung laper, ya. Bagaimana, sate mana nih yang sudah pernah kamu cicipi? Next

ramadan

Viral Video Pemandu Wisata “Goda” Komodo, Ini Tindakan Tegas Balai TNK

Hotel Bogor dengan Kolam Renang Air Hangat

Hotel Bogor dengan Kolam Renang Air Hangat, Nggak Khawatir Kedinginan