in , ,

Sate Kambing Pak Minto, Maksi Maknyus di Batas Jogja

Membuktikan Empuk dan Nikmatnya Sate Kambing Pak Minto

Sate Kambing Pak Minto
Sate Kambing Pak Minto (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Tak hanya seru untuk jalan-jalan, Jogja juga tawarkan banyak destinasi asyik buat menjelajah kulinernya. Mulai dari yang legendaris hingga unik. Salah satu yang pantang Teman Traveler lewatkan adalah Sate Kambing Pak Minto.

Baca juga : Tirtanadi Water Tower, Indah Berjuluk Eiffel-nya Medan

Tempat makan di batas kota Jogja ini benar-benar wajib disambangi oleh Teman Traveler pecinta olahan kambing. Hidangan yang disajikan rasanya benar-benar maknyus. Sangat pas dijadikan andalan saat makan siang. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Legendaris di Batas Kota

Sate Kambing Pak Minto (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Beralamat di Jalan RE Martadinata no 126, Wirobrajan, Jogja, kedai Sate Kambing Pak Minto ternyata sudah eksis sejak 1983 lho. Lokasinya lumayan strategis, karena berada di batas kota dan hanya terpisah jarak satu setengah kilometer dari Malioboro.

Kedai sederhana dengan olahan kambing melegenda ini buka mulai pukul 08.00 hingga 23.00. Teman Traveler wajib mampir jika sedang keliling wisata Jogja. Saking enak rasa satenya, tempat ini sudah punya banyak penggemar setia.

Dibuat dari Daging Kambing Pilihan

Sate Daging (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Dengan sekian banyak pelanggan setia sejak tahun 80-an, kualitas dan rasa olahan sate ala Pak Minto tentu tak perlu diragukan lagi. Selain menggunakan racikan bumbu khusus, kedai ini juga hanya menggunakan daging kambing pilihan. Semuanya diambil dari kambing berusia rata-rata satu tahun dan dalam kondisi sehat.

Tingkat Kematangan Cukup

Sate sedang dibakar (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Salah satu rahasia kenikmatan sate adalah tingkat kematangannya. Jika terlalu cepat atau lama dibakar, dagingnya bisa jadi akan terlalu kenyal atau justru keras. Nah, menurut para pelanggan setianya, Sate Pak Minto memiliki tingkat kematangan pas. Satu demi satu potongan dagingnya sangat mudah disantap.

Empuk dan Lezat

Sepiring sate nikmat (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Beroperasi lebih dari 30 tahun, cita rasa Sate Pak Minto sudah pasti sangat terjamin. Racikan bumbunya sangat nikmat, terdiri dari berbagai rempah pilihan. Pembakarannya juga diperhatikan betul, sehingga sate yang dihasilkan benar-benar empuk dan lezat. Bau prengus yang biasa identik dengan sate kambing sama sekali tak terasa.

Bicara soal harga, kuliner satu ini bisa dibilang cukup terjangkau. Hanya Rp30.000 per porsi. Makan di sini tentu takkan bikin kantong jebol kan Teman Traveler?

Makin Mantap dengan Sambal Kecap

Sambal kecap (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Ciri lain dari Sate Kambing Pak Minto adalah sambal kecapnya yang segar dan pedas. Terbuat dari campuran kecap manis, irisan lombok, bawang merah, bawang putih dan bumbu tabur khusus. Sangat cocok disantap bersama sate demi mendapatkan rasa lebih menggigit.  

Sangat Recommended

Tempat makan recommended (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Bersantap siang di Jogja akan sangat tepat jika memilih makanan berat, apalagi yang statusnya sudah legendaris. Nah, demi mengisi perut sebelum kembali bertualang di Kota Pelajar, seporsi sate kambing plus nasi putih dan jeruk hangat bakal sangat cocok.

Suasana Nyaman

Suasana warung (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Suasana di Warung Sate Kambing Pak Minto juga sangat nyaman. Sejauh menyapukan pandangan, tak terlihat ada sampah atau semacamnya. Selepas bersantap siang, Teman Traveler bisa duduk-duduk santai lebih dulu sebelum lanjutkan perjalanan.  

Menu Menarik Lain

Daftar menu tercantum di spanduk warung (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang ingin mencoba sajian lain, kedai ini juga menyediakan menu seperti Sate Klatak, tongseng, aneka olahan ayam bakar/goreng, lele, hingga ikan nila. Sementara untuk minumannya, tersedia teh manis, jeruk peras, es tape, serta soft drink.

Itulah sedikit pengalaman saya menyambangi kuliner Jogja Sate Pak Minto. Citarasanya begitu melegenda, dengan tempat makan yang sangat nyaman. Bagaimana, siap membuktikan sendiri kelezatannya? Next

ramadan
penghasil kopi di dunia

Destinasi Negara Penghasil Kopi di Dunia, Jadi Makin Cinta dengan Minuman Pahit Ini

kuliner di Bogor

Kuliner Bogor Tersembunyi Versi Si Cantik Magdalena, Jangan Sampai Terlena!