in ,

Save Malang Heritage, Gerakan Penyelamat Warisan Budaya

Upaya Menyelamatkan Bangunan Bersejarah Malang

Kota Malang memiliki banyak sekali bangunan klasik. Baik yang berkarakter kolonial hingga rumah-rumah klasik. Seperti yang dapat disaksikan di sekitar Ijen Boulevard. Sehingga kota ini juga sangat menarik untuk menjadi destinasi wisata urban. Melihat hal tersebut, Indonesian Marketing Association Chapter Malang menggagas program bernama Save Malang Heritage. Pada poin berikut akan menjelaskan bagaimana program Save Malang Heritage tersebut.

Baca juga : Agar Hasil Foto Travelingmu Spektakuler, Pilih Satu dari 4 Lensa Ini

Melihat Malang dari Tiga Era

Salah satu kompleks pertokoan Kajoetangan
Salah satu kompleks pertokoan Kajoetangan via instagram/@sikepalazebra

Banyak peninggalan sejarah yang dapat ditemukan di Malang Raya. Karena Malang telah melalui 3 masa, yaitu masa kerajaan, kolonial, dan kemerdekaan. Namun sayangnya belum semua peninggalan dari tiga era tersebut dapat dilestarikan. Padahal di Malang kamu dapat menemukan berbagai macam tempat-tempat klasik peninggalan sejarah yang juga instagram-able.

Sebuah Gerakan Kolektif

Bangunan-bangunan lawas yang ada di Perkampungan kajoetangan via instagram
Bangunan-bangunan lawas yang ada di Perkampungan kajoetangan via instagram/@hindambasith

Bukan hanya pemerintah yang dapat menjaga warisan-warisan sejarah, kamu pun dapat berpartisipasi untuk menjaga dan mengenalkan peninggalan sejarah. Seperti bangunan-bangunan unik yang dapat dengan mudah di Kota Malang. Menjelajah Kota Malang, kamu dapat merasakan nostalgia dan seperti ditarik kembali ke masa sebelumnya.

Menelusuri Bangunan Kuno di Kajoetangan

Gereja Kajoetangan yang legendaris via instagram
Gereja Kajoetangan yang legendaris via instagram/@galang_rs

Jika Ijen Boulevard memiliki rumah-rumah megah yang berada di tepi jalan protokol, pemandangan berbeda dapat kamu temukan di Kawasan Kajoetangan. Kompleks pertokoan dan perkampungan berisi rumah-rumah klasik adalah pemandangan utama di tempat ini. Selain itu juga terdapat monumen patung Chairil Anwar di kawasan ini.

Kajoetangan Menjadi Kampung Tematik

Daftar rumah-rumah lawas yang ada di Kajoetangan via instagram
Daftar rumah-rumah lawas yang ada di Kajoetangan via instagram/@adaytowalk

Kota Malang memang memiliki banyak kampung tematik, seperti Kampung Warna-warni juga Kampung Biru Arema. Namun pemandangan yang berbeda dapat kamu temukan di Kampung Heritage Kajoetangan. Bangunan rumah kolonial masih berdiri di kawasan Perkampungan Kajoetangan. Salah satunya bangunan yang berdiri sejak tahun 1870.

Menjelajah Malang Raya tak hanya sebatas wisata alam saja. Tapi peninggalan sejarah daerah-daerah urban yang ada di sini juga tak kalah menarik untuk diexplore. Bagian mana yang menurutmu paling menarik dari Kota Malang?

  Next

ramadan

Jangan Petik Bunga Edelweiss Sembarangan, Ini Yang Jadi Alasannya

4 Tips Jelajah Sumba, Agar Liburanmu Jadi Lebih Maksimal