in ,

Rumah Makan Sayur Asem H. Masa, Asam Segar Lawan Panasnya Jakarta

Inilah Penjelasan Mengenai Rumah Makan Sayur Asem H. Masa yang Melegenda

Via Instagram tangerangcorner
Via Instagram tangerangcorner

Jakarta memiliki banyak sekali kuliner legendaris yang sangat direkomendasikan untuk dicicipi, misalnya saja sayur asem khas Betawi. Kuliner yang memiliki citarasa asam segar ini berbeda dengan yang terdapat di daerah lainnya. Sayur asem Betawi memiliki ciri yang tidak ada di daerah lainnya. Misalnya saja penggunaan kacang tanah yang masih ada kulitnya, melinjo, bahkan juga terasi. Nah, di Jakarta ada tempat sayur asem legendaris yang bisa dijadikan jujukan, namanya adalah adalah Rumah Makan Sayur Asem H. Masa.

Baca juga : 4 Warung Langganan Publik Figur, Kaki Lima Rasa Bintang Lima

1. Legendaris Sejak Tahun 1983

Sayur asem komplit, Via Instagram astrinoctavianti
Sayur asem komplit, Via Instagram astrinoctavianti

Tidak tanggung-tanggung, tempat kuliner di Jakarta ini sudah sangat legendaris di Jakarta. Warung yang menyajikan menu utama sayur asem ini sudah berdiri sejak tahun 1983. Rumah makan ini sudah berdiri selama kurang lebih 35 tahun lamanya. Pemilik dari kedai ini adalah H. Masa yang membuka usaha bersama dengan istrinya yang benama H. Somih.

2. Dibantu Anak dan Sanak Saudara

Sayur asem dengan penambahan pare, Via Instagram erik_zahar
Sayur asem dengan penambahan pare, Via Instagram erik_zahar

Tidak hanya berdua saja, usaha kuliner yang telah berdiri 30 tahun lebih ini juga dibantu oleh anak-anak H. Masa dan sanak saudara. Ternyata, awalnya H. Masa berjualan nasi uduk dan juga semur. Kemudian sang nenek memberikan resep sayur asem khas Betawi dan akhirnya mereka memutuskan untuk berjualan kuliner asam segar ini di Jakarta. Selepas H. Masa meninggal, usaha tersebut diturunkan kepada anak-anaknya.

3. Ciri Khas Sayur Asem H. Masa

Makanan rumahan yang bikin ingin nambah nasi, Via Instagram jktfoodead
Makanan rumahan yang bikin ingin nambah nasi, Via Instagram jktfoodead

Sayur asem dari Betawi sendiri saja sudah khas. Namun ada yang lebih khas di Sayur Asem H. Masa ini. Yaitu penambahan bahan yang tidak lazim ada di sayur asem, jengkol. Menggunakan jengkol bewe, yaitu jengkol tua yang direndam di dalam tanah selama seminggu. Kemudian rutin disiram setiap pagi lalu dipetik ketika sudah bertunas. Ditambah lagi dengan penambahan oncom, kecipir dan pare yang membuat rasanya makin kaya.

Satu hal lagi yang membuat tempat makan sayur asem ini makin digemari banyak orang. Mereka tetap menggunakan resep sayur asemĀ  yang sama sejak awal berdiri. Maka dari itulah, rasanya tidak berubah dan komposisinya pun komplit.

4. Lokasi Sayur Asem H. Masa

Menu yang unik, Via Instagram han_riasti
Menu yang unik, Via Instagram han_riasti

Bagi kamu semua yang tertarik mencicipi kesegaran dari Sayur Asem H. Masa ini bisa datang ke Pondok Aren, Tangerang Selatan. Tempatnya memang tidak terlalu mewah, namun jangan kaget melihat banyak orang mengantri. Rumah Makan Sayur Asem Betawi H. Masa ini juga menjadi idola para pecinta kuliner. Keunggulan yang kamu dapat lainnya, di sini orang-orang bisa mengambil sendiri menu yang disuguhkan karena memang disajikan secara prasmanan.

Sayur asem memang sangat cocok dimakan ketika cuaca sedang panas. Dan dengan udara sekitar Jakarta yang hampir setiap hari panas, Sayur Asem H. Masa ini bisa menjadi rekomendasi untuk segera dirasakan sendiri kenikmatannya. Jangan lupa mampir jika ingin menikmati sayur asem dengan citarasa yang sudah teruji ya. Next

ramadan
Bubur Mang Haji Oyo, Via Instagram ladydyah

Sarapan Serba Bubur di Bandung, Datang ke Enam Tempat Ini Saja

Via Instagram z4nif

Bikin Kagum, Begini 10 Potret Cantik dan Instagenic Bukit Lintang Sewu Bantul