in ,

Nikmat dan Tetap Sehat, Sego Gudangan Khas Yogyakarta

Yogyakarta memiliki segudang kuliner yang beragam. Mulai yang berkuah hingga perpaduan sayur mayur. Misalnya entok slenget atau nasi gandul. Tak hanya itu, ada makanan sehat dengan perpaduan sayur juga terkenal di Yogyakarta. Namanya adalah Sego Gudangan.

Baca juga : Stockholm Syndrome di Bogor, Lokasi Nongkrong Baru Tawarkan Menu Swedia

Sego Gudangan Paduan Berbagai Rebusan Sayur

Nasi gudangan
Nasi gudangan [image source]
Sego Gudangan adalah nasi putih dengan sayur gudangan. Terdiri dari rebusan berbagai sayur seperti daun bentis, bayung, singkong, bayam, kacang panjang dan kecambah yang dicincang. Perpaduan tersebut ditambah dengan sambal parutan kelapa dan cabe. Dalam istilah Jawa kerap disebut dengan urap.

satu porsi komplit
satu porsi komplit [image source]

Rebusan Sayur Setengah Matang Yang Renyah

Menu sederhana untuk sarapan
Menu sederhana untuk sarapan [image source]
Perpaduan sayur tersebut direbus setengah matang sehingga masih renyah ketika digigit. Kress… Yang membedakan sego gudangan dengan keluban atau trancam adalah sayur dicincang halus. Bumbu yang digunakan pun adalah parutan kelapa dengan rempah seperti kencur dan gula merah. Rasakan sendiri bagaimana enak dan gurihnya.

Pedagang nasi gudangan
Pedagang nasi gudangan [image source]

Bisa Dibeli Tanpa Nasi, Harganya Tak Bikin Sakit Hati

Di tambah dengan pisang rebus
Di tambah dengan pisang rebus [image source]
Jika sedang tidak ingin menyantap makanan berat, kamu tetap bisa menyantap kuliner khas Yogyakarta ini tanpa nasi. Enaknya, kamu hanya perlu bayar sekitar Rp3000 saja. Murah kan? Biasanya sego gudangan disajikan dalam bentuk pincuk dengan daun pisang. Makin terasa Jawa-nya bukan?

Gudangan tanpa nasi
Gudangan tanpa nasi [image source]

Awalnya Hanya Untuk Sajian Acara Tertentu

Nasi gudangan untuk acara tertentu
Nasi gudangan untuk acara tertentu [image source]
Awalnya masyarakat membuat masakan ini hanya pada acara tertentu seperti peringatan hari weton kelahiran dan ungkapan rasa syukur. Tapi sekarang, kuliner ini telah banyak ditemui di pasar-pasar tradisional. Karena biasa dipakai sebagai menu sarapan, lebih baik kamu datang sebelum pukul 8 pagi.

Satu porsi besar
Satu porsi besar [image source]
Kuliner Indonesia memang memiliki cita rasa yang khas. Apalagi seperti nasi gudangan, dengan segala sayur mayurnya yang membuat makanan ini nikmat juga sehat. Liburan ke Yogyakarta, cicipi kuliner ini jangan lupa ya! Next

ramadan
Laguna di Indonesia

4 Pantai dengan Laguna Alami, Keren Semua!

Begini Caranya Membuat Fotomu Serasa Jungkir Balik