in

Serunya Coban Jahe, Wisata Hits di Malang

Satu lagi objek wisata air terjun yang bisa kita kunjungi di Kabupaten Malang, tepatnya berada Jl. Begawan Dusun Krajan, Kecamatan Jabung – Kabupaten Malang. Wilayah Kecamatan Jabung ini memang banyak sekali menyimpan air terjun indah, ada Coban Jidor, Coban Jodo, dan yang satu ini bernama Coban Jahe.

Baca juga : Gudeg Bu Manto Gejayan, Gurihnya Bikin Kangen

Baca Juga : Cara Transfer Antar Bank Gratis

Coban Jahe sendiri sudah bukan merupakan lokasi wisata yang benar-benar alami layaknya hutan belantara, karena perawatan dan pembenahan sudah dilakukan di sana-sini untuk memperindah suasana dan memudahkan pengunjung. Untuk masuk ke lokasi wisata Coban Jahe kita hanya membayar 10 ribu rupiah per orang, dan 5 ribu rupiah untuk parkir motor. Sedangkan mobil akan dikenai tarif parkir 7 ribu rupiah.

1. Disambut Bangunan-Bangunan Unik Saat Sampai Area Wisata Coban Jahe

Sampai di depan area parkir Coban Jahe kita akan langsung takjub disuguhi pemandangan bangunan yang sangat unik. Bangunan ini berupa rumah yang terbuat dari kayu, tampak seperti rumah kayu yang sangat megah. Rumah kayu ini adalah tempat pusat informasi untuk para pengunjung Coban Jahe.

Selain difungsikan sebagai pusat informasi, bangunan rumah kayu megah yang mempunyai 3 lantai ini juga sebagai spot foto yang menarik. Kita bisa berfoto di tempat ini dengan background pepohonan rimbun yang ada di sekitarnya. Mengingat lokasi Coban Jahe juga menyediakan Camping Ground, tentu bangunan rumah kayu ini bisa kita gunakan untuk mengadakan acara berkumpul saat malam.

2. Pesona Air Terjun Coban Jahe Yang Sangat Indah

Jika kita masuk ke area wisata Coban Jahe, dengan mudah akan kita temukan air terjun besar yang mengalir deras dari atas ke bawah. Air terjun ini diapit oleh tanaman hijau dan juga pepohonan di kanan-kirinya, dengan kolam air yang lumayan luas di bawahnya. Tapi kita dihimbau untuk tidak mandi di area bawah air terjun. Selain aliran airnya yang sangat deras, batu-batuan di sini juga lumayan licin dengan kedalaman kolam penampungan air yang tidak bisa dikatakan dangkal.

3. Aliran Air Sungai Yang Sangat Deras

Air terjun yang memang tergolong lumayan tinggi ini mengalirkan air ke sungai di bawahnya dengan derasnya. Itu bisa kita pastikan hanya dengan mendengar derasnya deru aliran sungai di sini yang menabrak bebatuan yang ada di sungai.

Walaupun aliran sungainya lumayan deras, di aliran sungai ini kita bisa menceburkan diri untuk mandi. Tapi di aliran sungai yang agak jauh dari pusat jatuhnya air terjun tentunya. Karena tenangnya air serta jernih dan segarnya air di sini sangat menggoda sekali untuk kita mandi atau sekedar bermain air. Selain itu indahnya aliran sungai di sini bisa kita manfaatkan untuk latar pengambilan gambar.

4. Area Camping Yang Luas Dan Teduh

Berada di area hutan yang rimbun, dan hampir masuk ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru membuat area wisata Coban Jahe ini juga masih sangat alami dan teduh. Diantara pepohonan rimbun yang ada di area depan objek wisata Coban Jahe terdapat sebuah camping area yang sangat luas. Camping di tempat ini tentunya sangat menyenangkan, selain tempatnya alami dan dekat dengan air terjun indah, toilet yang memadai juga telah disediakan dengan baik di pojokan area wisata Coban Jahe.

5. Taman Bunga Yang Cantik

Karena Coban Jahe sudah dikelola dengan baik dan selalu ada penjaganya setiap hari, jadi jangan heran kalau kecantikan tempat ini selalu terjaga. Cantiknya Coban Jahe ini karena banyak sekali tanaman-tanaman yang tertata indah sehingga membuat memandang air terjun dari kejauhan semakin indah dengan tanaman-tanaman yang mengelilinginya.

Di depan air terjun Coban Jahe kita juga akan menemukan sebuah jalan untuk menuju air terjun yang kanan kirinya ditanami banyak tanaman dan bunga-bunga indah. Kalau kita lihat akan tampak seperti taman bunga yang berada di halaman air terjun indah. Tentu bunga-bunga indah ini juga bisa kita jadikan spot foto menarik.

6. Warung Berjajar Rapi Membuat Traveler Anti Kelaparan

Apa lagi sih yang kita cari kalau kita sudah capek berkeliling di area wisata?, tentu jawabannya adalah warung. Untuk sekedar tempat ngopi dan ngobrol bareng teman main kita, di sekitar area parkir Coban Jahe telah disediakan warung yang berjajar rapi. Mereka kebanyakan menjual minuman hangat dan juga berbagai makanan ringan seperti mie instan dan juga gorengan.

Buat kita yang ingin suasana agak berbeda, di bangunan rumah kayu unik yang berjajar dengan tempat informasi kita akan menemukan tempat makan yang bernama “waroeng alas”. Kita bisa menyantap bakso, dan beberapa hidangan nasi di warung ini. Nuansa bangunannya yang terbuat dari kayu sangat pas dengan nama warung ini. Untuk makan di tempat ini sayangnya hanya bisa kita lakukan di akhir pekan saja, karena biasanya di hari biasa warung tidak akan buka.

7. Terdapat Taman Makam Pahlawan Kali Jahe

Selain mengunjungi objek wisata air terjun, datang ke area Coban Jahe kita bisa menemukan Taman Makan Pahlawan Kali Jahe di jalan menuju area wisata. Di taman makam ini bersemayam para pahlawan perang jaman masa perang penjajahan yang gugur di wilayah Kali Jahe. Untuk menghormati jasa-jasanya mereka dimakamkan di tempat ini. Next

ramadan
Kawasan Wisata Maros

Pantai Tak Berombak, Wisata Kuliner Maros yang Tak Boleh Dilewatkan

fi pantai di banten

Pantai di Banten, Pelesiran Asyik yang Menenangkan