in ,

4 Sirup Tertua di Indonesia, Aroma Unik dengan Rasa Juara

Sirup Tertua di Indonesia

sirup legendaris
sirup legendaris

Indonesia tidak hanya kaya akan keindahan alam. Kulinernya yang beragam juga menjadi harta yang tak dapat direbut oleh negara lain. Apalagi makanan khas yang telah ada puluhan tahun menemani penikmatnya. Salah satunya adalah sirup asli Nusantara dengan aroma unik dan rasa juara. Dari banyaknya merek, ternyata ada beberapa yang cukup legendaris dan tetap difavoritkan. Penasaran apa saja merek sirup tertua di Indonesia ini? Berikut rangkumannya!

Baca juga : 10 Jenis Traveler yang Patut Anda Ketahui

1. Sirup Tjampolay, Cirebon

sirup tjampolay
sirup tjampolay via instagram/@dapoersikoko

Warga Cirebon pasti tahu sirup apa yang paling tua di Indonesia. Yap, apalagi kalau bukan Sirup Tjampolay yang sudah berdiri sejak tahun 1936. Dulunya, varian rasa yang ditawarkan hanya rozen rose, asam jeruk dan nanas. Namun, setelah berganti generasi dan zaman makin berkembang, jenis pilihan rasanya makin banyak. Ada pisang susu, melon, leci, mangga gedong, jeruk nipis, dan kopi moka. Produknya masih dapat ditemukan di beberapa supermarket. Namun, teman traveler dapat langsung beli di pabriknya yang berlokasi di Jalan Elang Raya K. 11-12, Cirebon.

2. Siropen Telasih

siropen telasih
siropen telasih via instagram/@arthurbonaventura

Sebelum Sirup Tjampolay, ternyata ada sirup lain yang lebih tua. Namanya Siropen Telasih yang diproduksi sejak tahun 1923. Hingga saat ini, perusahaan yang memproduksi sirup tersebut masih berdiri. Letaknya masih sama di Jalan Mliwis No. 5, Surabaya dengan bangunannya yang klasik bergaya Belanda. Selain siropen telasih, ada produk lain yang dikhususkan sebagai oleh-oleh. Namanya siropen premium yang hanya berbeda kemasan. Untuk rasanya, ada delapan macam mulai mawar, frambosen, vanili, cocopandan, jeruk keprok, leci, arbei, dan melon.

3. Siropen Leo

siropen leo malang
siropen leo malang via instagram/@sejarahmalang

Malang tidak hanya terkenal akan apel dan segala bentuk olahannya. Namun, di sini juga terdapat merek sirup yang telah berusia puluhan tahun. Namana Siropen Leo yang lebih dikenal dengan nama Stroop Leo. Merek sirup ini sudah laris manis sejak tahun 1948 sebagai oleh-oleh khas Malang. Namun, karena banyaknya merek-merek baru, Siropen Leo makin tergeser. Hingga saat ini, produk tersebut masih dijual, tapi hanya di beberapa toko tertentu saja.

4. Sirup Tawon

Stroop
Stroop via facebook.com/@Probolinggo

Tidak hanya di Malang, Probolinggo juga punya sirup yang cukup legendaris. Namanya Stroop yang diproduksi oleh Perusahaan IE IE. Sama halnya dengan Siropen Leo, keberadaan stroop juga makin susah ditemukan. Beberapa tempat yang menjual produk minuman ini ada di sekitar Pasar Semampir Kraksaan, Pasar Baru, dan beberapa pasar tradisional lainnya. Nah, untuk teman traveler yang tak ingin susah mencarinya, bisa langsung ke pabriknya di Jalan Mas Suharto No.6, Probolinggo.

Nah, itulah empat sirup tertua di Indonesia yang rasanya tak perlu ditanya. Bagaimana, sudah pernah coba penambah rasa minuman di atas belum? Next

ramadan
Erupsi Gunung Agung

Tips Mendaki Gunung Api, Traveler Hobi Jelajah Wajib Tahu

Via Instagram lulukhodijah

Keong Mak Kiwil di Pemalang, Seruput Legendarisnya Sejak 32 Tahun yang Lalu