in , ,

9 Tips Aman Solo Traveling khusus Perempuan

Belakangan ini, banyak orang melakukan perjalanan seorang diri, atau sebutannya solo traveling. Selain lebih bebas, berlibur seorang diri juga membuat lebih fleksibel. Nah, khusus untuk traveler perempuan, ada 9 tips aman solo traveling yang harus diperhatikan agar liburan kalian tetap aman dan nyaman.

Baca juga : Daerah Pengrajin Perak di Indonesia, Bisa Intip Cara Pembuatannya Sampai Borong Perhiasan

1. Berdoa sebelum mulai traveling

Tetap awali semua kegiatan dengan doa, termasuk sebelum hendak berlibur. Biasanya setelah itu, kepercayaan diri untuk solo traveling meningkat.

2. Jangan terlihat mencolok

lrm_export_12275578280447_20190822_225137808_ccC.jpeg
Pantai Parangkusumo, Yogyakarta (c) Siti Barokah Soedari/Travelingyuk

Hindari penampilan yang terlalu mencolok, seperti berpakaian terbuka atau memakai perhiasan berlebihan yang mengundang terjadinya tindakan kriminal. Selain itu, hindari menggunakan alat elektronik sembarang tempat guna menghindari penjambretan.

3. Hindari perjalanan malam

Sebisa mungkin hindari perjalanan di malam hari, apalagi jika menggunakan transportasi yang sepi penumpang. Sebaiknya, gunakan ojek online karena terbilang aman dan gampang dilacak. 

Kalaupun ingin melaksanakan perjalanan malam, pergilah ke tempat-tempat yang memang aman, salah satunya adalah Malioboro.

4. Menginap di tempat yang terjamin keamanannya

20190825_113755_Rou.jpg
Hotel capsule khusus perempuan (c) Siti Barokah Soedari/Travelingyuk

Cari tempat penginapan yang sudah terjamin aman, karena ketika tidur, kita tidak akan menyadari hal-hal berbahaya di sekitar. Kalaupun harus menginap di hostel atau dormitory, carilah kamar yang dikhususkan buat perempuan. Kita akan mudah meminta pertolongan pada sesama jenis jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Belajar bela diri

fb_img_1568947838658_Q6e.jpg
Merayakan kebebasan menjadi solo traveler (c) Siti Barokah Soedari/Travelingyuk

Tidak ada salahnya belajar bela diri. Ilmu dasar yang dipelajari mampu melindungi diri dari hal-hal yang berbahaya. Kita pun juga tidak mungkin membawa pisau lipat karena tidak semua tempat wisata mengizinkan adanya senjata tajam. Sebagai gantinya, gunakan cairan cabe atau lada, tusuk konde, atau bahkan gagang tripod.

6. Bersikap luwes

Berbaurlah dengan masyarakat sekitar. Jangan terlihat canggung atau bingung. Kalaupun tersesat, tidak perlu panik! Cukup kendalikan suasana hati dan bersikap sesantai mungkin. Orang yang terlihat panik jauh lebih gampang menjadi korban tindak kriminal.

7. Tidak apa-apa berbohong, asal …

Dalam situasi tertentu, berbohong adalah satu-satunya cara untuk menyelamatkan diri. Misalkan kalian bertemu dengan orang yang mencurigakan dan terus bertanya topik-topik pribadi. Tidak apa-apa buat berbohong. Misalkan ketika ditanya menginap di mana, jawab di hotel B, padahal sebenarnya di hotel A.

8. Pertajam Insting

Biasanya, seorang perempuan memiliki insting yang kuat. Bila sudah merasa ada yang menggelisahkan, cobalah menjauh dari lokasi. Kalau perlu, datang ke kantor polisi atau petugas keamanan setempat.

Demikian tips aman solo traveling yang bisa dibagikan. Semoga bermanfaat! Next

ramadan

Rumah Saksi Hidup WR Supratman, Sang Maestro Lagu Kebangsaan Indonesia

4 Bunker ‘Anti Kiamat’ di Dunia, Ada yang Mirip Hotel Berbintang