in ,

Viral SOS Sign oleh Kunto Aji, Ini Cara Cegah Pelecehan Seksual Lain di Konser Musik

Cegah Pelecehan Seksual di Konser Musik dengan SOS Sign oleh Kunto Aji

FI SOS Sign Kunto Aji
FI SOS Sign Kunto Aji

Musisi pesohor Indonesia yaitu Kunto Aji menyebarkan SOS Sign yang dapat digunakan bila terjadi hal tidak menyenangkan saat konser musik berlangsung. Sebab esensi menonton konser adalah demi mendapatkan kebahagiaan. Mulai dari melihat performa penyanyi favorit sampai bernyanyi bersama.

Baca juga : Makam Megalitik Sumba, Stonehenge Sumba yang Misterius ala Inggris

Hal kurang menyenangkan yang mungkin terjadi ketika konser adalah sesak nafas karena banyaknya penonton maupun adanya pelecehan. Selain SOS Sign, terdapat beberapa cara yang harusnya diterapkan baik oleh pihak penyelenggara konser.

SOS Sign oleh Kunto Aji

Video SOS Sign via Twitter @KuntoAjiW

Viralnya SOS Sign yang disebarkan oleh Kunto Aji rupanya diinisiasi oleh Baskara Putra, vokalis band .Feast. Mereka pun menyebarkan video tanda S.O.S. via Twitter, sinyal tersebut sekiranya dapat menarik perhatian kerumunan.

SOS Sign oleh Kunto Aji dan .Feast ini diharapkan mampu cegah berbagai kejadian tidak menyenangkan selama konser; seperti pelecehan, kekerasan, maupun kondisi fisik seperti sesak atau hendak pingsan.

Utas postingan di Twitter mereka pun banjir komentar positif dari warganet. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang ikut menyumbang tanda serupa namun dalam bentuk lain dan ada pula yang menyediakan tautan untuk unggah video SOS ala Kunto Aji.

Sediakan Aplikasi Ponsel untuk Hubungi Security

FI SOS Sign Kunto Aji
Ilustrasi Aplikasi Handphone via shutterstock

Ketenangan saat menyaksikan performa penyanyi kesayangan seharusnya tidak terganggu oleh kejadian tidak menyenangkan. Hal tersebut dapat dicegah salah satunya dengan disediakannya aplikasi handphone yang langsung terhubung kepada security di lokasi konser. Bila penyelenggara mampu membuatnya, diharapkan kegiatan berlangsung dengan lebih nyaman.

Pengawasan Melalui Teknologi (misal: CCTV)

Ilustrasi CCTV via shutterstock

Cara selanjutnya adalah dengan memasang kamera pengintai alias CCTV. Namun, bukan sekadar sebagai formalitas atau ‘pajangan’. Sebaiknya ada pengawas profesional yang mampu memperhatikan segala gerak-gerik di tengah kerumunan.

Sehingga bila menemukan sedikit saja tanda-tanda kejadian kurang menyenangkan, misalnya ada penonton yang sesak nafas, maka bisa segera disampaikan kepada security maupun petugas.

Pusat Bantuan dan Laporan

FI SOS Sign Kunto Aji
Ilustrasi Pusat Bantuan dan Laporan via shutterstock

Di venue konser memang patut disediakan pusat bantuan dan laporan untuk segala kejadian tidak menyenangkan. Mulai dari penonton yang mungkin sakit sampai pelecehan. Tentunya hal tersebut akan membuat penikmat konser lebih tenang dan aman.

Kru Khusus untuk Pengawasan

Ilustrasi Pengawas Khusus via shutterstock

Bila sudah ada pengontrol di balik CCTV, maka tidak ada salahnya dikerahkan pengawas untuk berjaga di sekeliling kerumunan penonton. Bukan hanya security, namun benar-benar pengawas yang mampu melihat situasi dengan peka dan detail.

Setidaknya itulah 5 hal yang sedianya dilakukan untuk mencegah atau menangani kejadian tidak menyenangkan di konser, termasuk pula SOS Sign oleh Kunto Aji. Bagaimana menurut Teman Traveler? Next

ramadan
Suasana ngopi di Omah Tua

Omah Tua Coffee & Library, Ngopi di Markas Strategi 10 November

Viral Fashion Show ini Dilakukan di Dalam Goa