in ,

Curi Perhatian Publik, Inilah Deretan Sosok Inspiratif 2018 Versi Travelingyuk

Barisan Sosok Inspiratif Dunia Pariwisata Indonesia Sepanjang 2018

Sosok Inspiratif 2018 versi Travelingyuk
Sosok Inspiratif 2018 versi Travelingyuk

Hanya dalam hitungan pekan, 2018 akan segera berakhir. Sepanjang tahun berjalan, sejumlah nama mencuat di jagat pariwisata Indonesia. Deretan sosok inspiratif 2018 ini punya jasa besar dalam perkembangan kuliner, wisata, maupun budaya Tanah Air. Mereka benar-benar patut dijadikan teladan, terutama bagi para generasi muda. Tanpa banyak kata lagi, berikut Travelingyuk sajikan deretan Sosok Inspiratif 2018.

Baca juga : Berburu Kue Unik nan Lezat di Colette & Lola Puri Indah Mall

1. Teddy Unggul Wicaksono dan Yana Kusryanti

Teddy dan Yana
Teddy dan Yana via Instagram.com/indonesiaeuro_bycar

Jalan-jalan keliling dunia bisa jadi merupakan impian banyak orang. Namun pasangan suami istri Teddy Unggul Wicaksono dan Yana Kusryanti mewujudkannya dengan cara berbeda. Alih-alih mengikuti rombongan tur, mereka justru bertualang lintas benua dengan menumpang mobil pribadi.

Keduanya pulang ke Indonesia pada 5 Januari 2018, usai menempuh perjalanan darat serta laut di Singapura, Malaysia, Kamboja, Laos, Tiongkok, Rusia, Skandinavia, Norwegia, dan Swedia. Secara total, Teddy dan Yana telah menempuh jarang kurang lebih 60.000 kilometer.

Dalam sebuah wawancara, Yana mengatakan hal yang paling membuatnya terkesan selama perjalanan adalah keunikan kuliner dan kebudayaan masing-masing negara. Setuju kan kalau pasangan ini masuk dalam daftar sosok inspiratif 2018? Tertarik mengikuti jejak mereka?

2. William Wongso

William Wongso
William Wongso via Instagram.com/williamwongso

Siapapun yang mengaku penggemar kuliner Indonesia pasti sudah tak asing dengan William Wongso. Pakar kuliner Tanah Air tersebut sudah sangat disegani di jagad tata boga Indonesia. Beliau pun sering wara-wiri di berbagai program acara TV.

6 Februari 2018, William Wongso membuat Indonesia bangga. Ia mendapat medali kehormatan ‘Medaille d’Honneur’ dari Acedemie du Pain Indonesia di Paris, Prancis. Hal tersebut juga diiringi statusnya sebagai satu-satunya warga Tanah Air yang diakui sebagai anggota Elite de la Boulangerie International, kelompok elite dalam dunia bakery Internasional.

3. Joko Widodo

Jokowi Touring ke Pelabuhan Ratu
Jokowi Touring ke Pelabuhan Ratu via Instagram.com/ootdmdo

Sudah bukan rahasia lagi jika Joko Widodo alias Jokowi beda dari presiden kebanyakan. Orang nomor satu Indonesia itu punya gaya nyleneh tiap kali melakukan kunjungan kerja. Salah satu yang menyita perhatian adalah kala ia melakukan touring dengan motor chopper pada April 2018.

Pria asli Solo tersebut mengendarai motor Royal Enfield yang sudah dimodif bergaya chopper. Ia sukses finis di kawasan wisata Pelabuhan Ratu, usai tiga jam perjalanan dari Kantor Kecamatan Bantar Gadung. Touring ini dilakukan Jokowi sembari meninjau dua proyek padat karya.

Aksi Jokowi menyedot perhatian publik dan dunia maya. Banyak yang kagum dan memuji. Tak sedikit pula yang terinspirasi untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang dilalui Sang Presiden selama touring.

4. Fransiska Dimitri Inkiriwang dan Mathilda Dwi Lestari

Dimitri dan Mathilda
Dimitri dan Mathilda via Instagram.com/ina7summits

Sosok inspiratif 2018 selanjutnya adalah Dimitri dan Matilda, wanita Asia Tenggara pertama yang berhasil menuntaskan misi seven summits, mendaki tujuh puncak tertinggi dunia. Prestasi membanggakan tersebut mereka raih usai menaklukkan Everest pada 17 Mei 2018.

Dua Srikandi Indonesia tersebut mempersembahkan sukses mereka untuk Tanah Air, sekaligus sebagai harapan akan persatuan bangsa. Presiden Jokowi pun sempat memberi selamat pada Dimitri dan Matilda lewat pesan tertulis di media sosial.

5. Sabar Gorky

Sabar Gorky
Sabar Gorky via Instagram.com/gunungpraucoffeeday

Fisik tak sempurna bukan halangan mencapai tujuan, selama ada keinginan keras. Prinsip tersebut agaknya dipegang betul oleh Sabar Gorky. Pria asal Solo tersebut sudah menaklukkan sejumlah puncak tertinggi dunia, dengan bermodalkan satu kaki.

1 Agustus 2018, Sabar ramai dibicarakan usai berpamitan berangkat ke Rusia. Ia bercita-cita menaklukkan Gunung Elbrus untuk kali kedua dan mengibarkan merah putih di puncaknya. Beberapa bulan berlalu, sang pendaki kembali unjuk gigi dengan memanjat tiang kapal di upacara pembukaan Asian Para Games 2018. Pantas saja jika Gorky adalah salah satu sosok inspiratif 2018.

6. I Nyoman Nuarta

Nyoman Nuarta
Nyoman Nuarta via Instagram.com/nyoman_nuarta

I Nyoman Nuarta adalah sosok jenius di balik monumen fenomenal, Garuda Wisnu Kencana. Patung raksasa yang terinspirasi dari makhluk legenda Pulau Dewata tersebut rampung dan diresmikan Presiden Jokowi pada 29 September 2018, 28 tahun setelah pengerjaan awal dimulai.

Monumen GWK
Monumen GWK via Instagram.com/ayojalanjalan_id

Garuda Wisnu Kencana sendiri bukan satu-satunya karya I Nyoman Nuarta. Perupa lulusan Institut Teknologi Bandung ini juga sudah menelurkan beberapa karya seni lain seperti Patung Ku Yakin Sampai Di Sana di Museum Nasional dan Patung Arjuna Wiwaha di persimpangan Jl MH Thamrin dan Jl Merdeka.

7. Sutopo Purwo Nugroho

Sutopo Purwo Nugroho
Sutopo Purwo Nugroho via Instagram.com/sutopopurwo

Rentetan bencana alam dalam beberapa bulan terakhir membuat publik kerap khawatir. Apalagi tak jarang beredar isu, kabar palsu, maupun berita hoaks. Untungnya, Indonesia punya sosok Sutopo Purwo Nugroho.

Beliau adalah Humas Badan Nasiona Penanggulangan Bencana. Lewat akun Twitter-nya, Sutopo selalu konsisten memberi kabar terbaru tiap ada bencana terjadi, sekaligus menangkal semua hoaks yang beredar. Salah satunya kala gempa Lombok membuat sejumlah turis terjebak di Rinjani beberapa saat lalu.

8. Tri Rismaharini

Tri Rismaharini terima penghargaan
Tri Rismaharini terima penghargaan via Instagram.com/trirismaharini

Semua tentu sepakat soal betapa kerennya Walikota Surabaya ini. Bu Risma, sapaan akrabnya, pernah terekam kamera naik pitam ketika tahu salah satu taman di Kota Pahlawan rusak akibat kegiatan warga. Namun menjelang akhir tahun, Sang Walikota bisa tersenyum lebar.

Surabaya mendapat penghargaan kota terpopuler secara online dalam The Guangzhou International Award 2018, 7 Desember. Hal tersebut tak lepas dari peran aktif Bu Risma, yang sebelumnya sempat memohon dukungan penuh arek-arek Suroboyo lewat media sosial. Sebelum menjabat sebagai walikota, beliau juga menelurkan banyak ide inovatif kala masih bekerja di Dinas Pertamanan.

Itulah sederet sosok Inspiratif 2018 versi Travelingyuk. Tindakan nyata mereka telah menginspirasi banyak orang untuk lebih bangga terhadap warisan budaya dan wisata Tanah Air. Bagaimana menurut kalian Teman Traveler? Next

ramadan
Tradisi Tanda Kedewasaan

Uniknya Tradisi Tanda Kedewasaan di Indonesia, Ada Lompat Batu sampai Kikir Gigi

via Instagram/juliandinata96

Warung Kopi Tung Tau di Bangka Belitung, Legendaris Sejak 1938