in ,

Soto Ayam Kraksaan Pak Koya, Resep Turun Menurun Menggoyang Lidah

Jalan-jalan ke Probolinggo, Jangan Lupa Cicipi Soto Ayam Kraksaan Pak Koya

Via Instagram winda_tan
Via Instagram winda_tan

Kuliner enak selalu berhasil menarik orang-orang untuk berdatangan. Citarasa kuliner yang nendang tak pelak membuat orang ketagihan. Contoh kuliner enak yang telah bertahan selama berpuluh-puluh tahun lamanya adalah Soto Ayam Kraksaan Pak Koya yang terdapat di Probolinggo. Seperti namanya, Soto Kraksaan ini memanfaatkan koya sebagai bahan bakunya. Sehingga memunculkan citarasa yang berbeda dari soto kebanyakan.

Baca juga : Suku di Indonesia yang Masih Menganut Dinamisme, Apa Saja?

1. Soto yang Sudah Ada Sejak 1950

Taburan koya yang melimpah, Via Instagram fai_nabil
Taburan koya yang melimpah, Via Instagram fai_nabil

Soto Koya ini sudah melegenda di Probolinggo. Ini merupakan bisnis keluarga yang sudah dirintis sejak tahun 1950 oleh Pak Koya. Selanjutnya, bisnis soto ini ditersukan oleh Mardiyah, yakni cucu Pak Koya. Ternyata, awalnya Pak Koya ini merupakan penjual sate. Sementara itu kakaknya yang bernama Misno berjualan soto. Setelah Misno meninggal, Pak Koya meneruskan dagang soto.

Soto koya dengan jeruk nipis, Via Instagram yongyen88
Soto koya dengan jeruk nipis, Via Instagram yongyen88

Awal berdiri di tahun 1950-an, Pak Koya ternyata menjajakan sotonya dengan cara berkeliling di sekitaran Kota Kraksaan. Kemudian selanjutnya menetap di Jl. Panglima Sudirman dan pindah ke Pertokoan Kraksaan yang sekarang ini bernama Kantor Bupati Probolinggo. Tidak lama setelah itu, lokasinya pindah lagi ke Kantor Kecamatan Kraksaan. Terakhir menetap di Jl. Mayjen Sutoyo Kraksaan sampai sekarang ini.

2. Menu di Soto Ayam Pak Koya

Soto Pak Koya, Via Instagram oktymauliya
Soto Pak Koya, Via Instagram oktymauliya

Menu utama di Soto Ayam Kraksaan Pak Koya ini adalah soto. Biasanya dalam seporsi Soto Ayam Pak Koya ini berisi nasi atau lontong dan ditambah dengan daging ayam kampung, taoge, kemudian ditaburi singkong goreng dan koya sebagai pelengkap. Pemberian koya di sini jumlahnya melimpah. Untuk kuahnya sendiri memiliki tekstur yang sedikit kental. Kuahnya ini berasal dari santan, sehingga semakin gurih. Cari yang segar-segar dan gurih? Menu Soto Ayam Pak Koya ini jadi rekomendasinya.

Kelezatan dari Soto Ayam Pak Koya ini sudah teruji. Selain sudah ada sejak puluhan tahun, Soto Ayam Pak Koya ini juga pernah mendapatkan penghargaan di tingkat Jawa Timur. Pada tahun 1991, Soto Pak Koya ini menjadi juara pertama makanan khas se-Jawa Timur di Surabaya.

3. Harga Soto Ayam Pak Koya

Soto dengan taburan koya, Via Instagram sherly_gita
Soto dengan taburan koya, Via Instagram sherly_gita

Harga Soto Ayam Kraksaan Pak Koya ini sangat murah. Dengan budget yang kurang dari Rp20,000 saja, kamu bisa merasakan kenyang, sudah sekaligus minumannya. Harga segitu tentu saja sangat murah jika dibandingkan dengan pengalaman, citarasa dan kesegaran yang diberikan oleh Soto Ayam Pak Koya. Bisa tetap makan enak dengan harga yang sangat terjangkau.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencicipi kuliner di Probolinggo ini? Yuk mampir saja dan cicipi rasanya yang begitu nikmat. Next

ramadan

Wisata Ke Hutan Pinus Malang, Sejuk dan Asri

Tips Mengatasi Post Holiday Blues, Kembali Semangat Rutinitas Setelah Liburan