in ,

Pilihan Soto di Bantul, Sensasi Kuliner Kuah Hangat yang Nikmat

Inilah Daftar Soto di Bantul yang Rasanya Mantul

via Instagram/javafoodie
via Instagram/javafoodie

Soto merupakan salah satu kuliner yang nikmat disantap saat cuaca sedang dingin-dinginnya. Rasa hangatnya merasuk enak ke dalam tubuh. Asyiknya, menu ini hampir selalu ada di setiap daerah di Indonesia. Termasuk Bantul, salah satu kabupaten Jogja. Selain menyuguhkan wisata alam yang menawan, Teman Traveler juga bisa kulineran, lho. Kali ini Travelingyuk sudah mengumpulkan daftar soto di Bantul yang bisa dicoba untuk menu makan siangmu. Sudah siap?

Baca juga : Jakarta – Jogja Hanya 25 Menit Naik Hyperloop, Bisa Sering-Sering Traveling!

Soto Sapi Pak Gimin

Soto Pak Gimin, via Instagram/lie_joko_budiman
Soto Pak Gimin, via Instagram/lie_joko_budiman

Soto Pak Gimin merupakan salah satu kuliner legendaris yang terdapat di Kabupaten Bantul. Buka dari jam 07:00 sampai dengan habis, tempat makan Jogja ini menyuguhkan menu soto sebagai sajian utamanya.

Pilihan lauknya beberapa yang bisa dipilih, mulai dari daging sampai dengan paru goreng. Satu porsinya dibanderol mulai dari Rp18.000. Lokasinya terdapat di Jl. Bantul, Sawahan, Pendowoharjo, Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta.

Soto Djiancuk

Soto Djiancuk, via Instagram/defhappytummy
Soto Djiancuk, via Instagram/defhappytummy

Kemudian ada tempat yang memiliki nama begitu nyeleneh, yakni Soto Djiancuk. Merupakan soto khas Blitar yang berada di Jogja. Tepatnya berada di Jl. PGRI 2 No. 59, Kasihan, Bantul, Jogja dan sudah ada sejak tahun 2000 lalu.

Seporsinya terdiri atas, potongan daging segar, taoge, keripik kentang, irisan tomat, telur rebus, nasi dan kuah cokelat yang nikamt. Harga seprosinya Rp12.000 saja dengan cita rasa yang nikmat. Tempat ini buka mulai dari jam 08:00 sampai habis.

Soto Kadipiro

Soto Kadipiro, via Instagram/jogjaindotcom
Soto Kadipiro, via Instagram/jogjaindotcom

Soto Kadipiro adalah warung soto tertua di Jogja, telah ada sejak 1921 dan didirikan oleh Widadi Tahir Karto Wijoyo. Ada potongan lenthok dalam setiap porsinya. Kuahnya memiliki warna kuning dari bumbu rempah yang digunakan. Lokasinya berada di Jl. Wates No. 33, Jogja. Harga satu porsinya Rp10.000 saja. Ditambah dengan perkedel Rp1.000. Harga yang begitu terjangkau.

Soto Moneter

Soto Moneter, via Instagram/jogjafood
Soto Moneter, via Instagram/jogjafood

Munculnya nama Soto Moneter untuk tempat makan ini lantaran dibuka saat Indonesia sedang krisis ekonomi atau kala itu disebut dengan krisis moneter. Nah, tidak hanya namanya saja yang begitu unik, penyajiannya juga. Ada tambahan kemangi dan juga lauk lenthok, perkedel yang terbuat dari singkong.

Tempat makan di Jogja ini mulai bukan dari pukul 10:00 hingga 12:00 WIB. Alamat dari Soto Moneter ini berada di Jl. Ringroad Timur No. 490, Plumbon, Bangunatap, Bantul. Bisa mencari informasi lebih lanjut di 0877-3972-1177. Seporsi hanya Rp10.000-an.

Soto Sawah

Soto Sawah, via Instagram/javafoodie
Soto Sawah, via Instagram/javafoodie

Kemudian ada Soto Sawah yang lokasinya berada di tengah-tengah area sawah. Dan karena lokasinya yang asri inilah, banyak orang berkunjung ke sini. tempat makan ini sebenarnya memiliki nama Warung Sawah Bu Hj. Hadi S. yang berlokasi di Jl. Soragan 13, tepatnya di Dusun Soragan, Desa Ngetisharjo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul. Buka setiap hari mulai dari pukul 08:00 tutup saat habis.

Kuahnya terlihat begitu segar. Bagaimana tidak, tidak ada minyak ataupun lemak yang mengapung. Kaldu yang digunakan berasal dari ayam kampung, tak salah rasanya begitu gurih. Harganya Rp13.000 saja.

Soto Rejeki

Soto Rejeki, via Instagram/foodjogja
Soto Rejeki, via Instagram/foodjogja

Soto Rejeki sudah buka sejak 20 an tahun yang lalu. Menu utama di sini adalah lauk iso dan babat. Buat kamu yang memiliki kolesterol harap untuk berhati-hati ya. Tidak sedikit para pembeli yang memesan babat ataupun iso di piring terpisah. Jadi, kamu bisa sedikit lebih sehat. Boleh namun jangan banyak-banyak Lokasinya berda di Jl. Panembahan Senopati No. 50 A, Palbapang, Kecaatan Bantul.

Begitulah rekomendasi soto di Bantul untuk jadi jujukan saat lapar mendera. Semoga memuaskan kelaparanmu saat jalan-jalan yah. Kapan nih mau kembali berkunjung ke Kota Gudeg? Next

ramadan
Situ Gede

Secantik Lukisan, Intip Indahnya Situ Gede di Bogor yang Bikin Jatuh Cinta

Bangunan Bergaya Kastil di Indonesia

8 Bangunan Bergaya Kastil di Indonesia Ini Bakal Bikin Fotomu Terlihat Bak di Negeri Dongeng