in ,

Pilihan Soto di Sleman, Citarasa Nendang dan Segarnya Tak Ketulungan

Inilah Ragam Soto di Sleman yang Kenikmatannya Bikin Ketagihan

via Instagram/jogjacarimakan
via Instagram/jogjacarimakan

Jogjakarta memang salah satu daerah di Indonesia yang menjadi surga makanan. Bagaimana tidak, banyak sekali kuliner enak yang bisa dipilih. Mulai dari gudeg, brongkos, mie ayam, sate dan tak ketinggalan soto. Yup, kuliner berupa kuah soto ini banyak sekali di Jogja, termasuk di Kabupaten Sleman. Buat Teman Traveler, berikut diberikan rekomendasi soto di Sleman. Di mana saja?

Baca juga : Tugu Yogyakarta, Si Putih dengan Banyak Arti di Dalamnya

1. Soto Ayam Pak Slamet

Soto Ayam Pak Slamet, via Instagram/brianbudiman
Soto Ayam Pak Slamet, via Instagram/brianbudiman

Kemudian ada Soto Ayam Pak Slamet yang berada di Dusun Mejing Kidul, Desa Ambarketawang, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman. Lokasinya hampir selalu ramai. Ternyata, tempat makan ini sudah ada sejak tahun 1982 yang lalu. Biasanya, dalam seporsi soto di sini akan ada nasi, irisan kubus, daging ayam, irisan seledri, dan tak ketinggalan bawang goreng. Sekilas memang terlihat biasa, namun rasanya benar-benar istimewa.

2. Soto Bathok Mbah Katro

Soto Bathok Mbah Katro, via Instagram/jogjacarimakan
Soto Bathok Mbah Katro, via Instagram/jogjacarimakan

Ada tempat santap soto dengan harga yang begitu terjangkau, yakni Soto Bathok Mbah Katro. Soto Bathok Mbah Katro ini telah ada sejak 1997. Lokasinya berada di Jl. Candi Sambisari, Sleman. Uniknya, soto di sini disajikan dengan mangkuk yang terbuat dari bathok alias tempurung kelapa. Rasa soto di sini begitu ciamik, kuahnya mantap dan dagingnya tidak berlemak. Bisa ditambah dengan lauk berupa sate usus, tempe goreng, dan juga sate telur puyuh. Citarasanya enak, harganya begitu murah, yakni Rp5.000 saja.

3. Soto Daging Sapi Pak Ngadiran

Soto Pak Ngadiran, via Instagram/kulikopi
Soto Pak Ngadiran, via Instagram/kulikopi

Soto Daging Sapi Pak Ngadiran ini berada di Jl. Sanca CT.VIII/120B, Karang Gayam, Sleman, Jogja. Ini adalah salah satu kuliner legendaris di Jogja yang keberadaanya sudah sejak tahun 1991, dengan demikian telah 27 tahun lamanya. Tempat ini buka mulai dari pukul 06:00 sampai dengan 17:00 WIB. Salah satu kenikmatan yang tak bisa diragukan di sini adalah kuahnya yang sedap dan mak nyus! Satu porsi soto di sini Rp10.000 saja.

4. Soto Kulit Ayam Pak Mul

Soyo Pak Mul, via Instagram/bikepacker.kuliner
Soyo Pak Mul, via Instagram/bikepacker.kuliner

Kemudian ada Warung Soto Pak Mul yang merupakan salah satu yang rekomended. Alamatnya berada di daerah Sawojajar 22 A, Pringgolayan, Condong Catur, Depok Sleman. Soto ini dirintis sejak tahun 1989 yanga walnya ternata menjual kupat tahu dengan memanfaatkan gerobak kecil. Barulah 10 tahun kemudian membuat usaha warung kecil dengan menu andalan soto kulit. Satu porsi soto di sini tidak ada Rp10.000 jadi begitu murah.

Itulah daftar soto di Sleman yang bisa dicoba jika jalan-jalan di sekitarnya. Jogja memang begitu berkembang dalam hal pariwisata, maka dari itulah, kuliner di sana juga semakin banyak dan pilihannya enak-enak. Bagaimana, mau coba yang mana dulu nih? Next

ramadan
Little Venice Puncak

Pelesiran ke Kota Hujan? Yuk Simak Info Tiket Wisata Bogor Berikut Ini

Cantiknya Orchid Forest Saat Musim Hujan, Sensasi Dingin dan Romantisnya Kabut Bikin Betah Meski Basah