in ,

Sowak Jogja, Sop Iwak yang Kondang dengan Rasa Nendang

Sowak Jogja yang Menawarkan Kesegaran Sop Iwak

Via Instagram kulinerjogja
Via Instagram kulinerjogja

Sop merupakan kuliner yang sangat enak disantap kala cuaca sedang dingin-dinginnya. Sop ayam ataupun kambing memang jadi pilihan yang enak. Selain itu, ada jenis daging lainnya yang juga direkomendasikan untuk dijadikan sop, misalnya saja sop ikan. Berbicara masalah sop ikan, ada tempat Kota Gudeg yang bisa untuk jadi rujukan. Namanya adalah Sowak Jogja.

Baca juga : Ayam Geprek Juara, Mantap Sepaketnya Cuma 15 Ribu!

1. Asal Usul Nama Sowak Jogja

Sop Iwak yang menyegarkan, Via Instagram jogjabikinlaper
Sop Iwak yang menyegarkan, Via Instagram jogjabikinlaper

Bagi kamu yang penasaran kenapa tempat wisata kuliner di Jogja ini Sowak karena itu merupakan kepanjangan dari Sop Iwak. Dalam bahasa Indonesia, Iwak memiliki arti ikan. Jadi ini merupakan tempat wisata kuliner yang menyuguhkan menu sop ikan sebagai sajiannya. Sop ikan memiliki tampilan yang berbeda dengan daging lainnya.

2. Asal Mula Sop Ikan

Rica sayap yang bikin tergoda, Via Instagram jogjafoodhunter
Rica sayap yang bikin tergoda, Via Instagram jogjafoodhunter

Sang pemilik yang benama Pak Dewangga menyebutkan jika beliau ingin menghadirkan sesuatu yang berbeda dari olahan ikan kebanyakan. Selama ini ikan kebanyakan diolah menjadi gulai dengan santan. Nah, Pak Dewangga ingin membuat olahan ikan tanpa menggunakan santan tapi masih memiliki rasa yang gurih. Dan karena itulah muncul ide untuk membuat sop ikan.

3. Lokasi Sowak di Jogja

Menu yang istimewa, Via Instagram streetfoodstories
Menu yang istimewa, Via Instagram streetfoodstories

Sowak Jogja ini berlokasi di Jl. Super, Dero, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Sowak Jogja ini merupakan cabang kedua dari pusatnya yang berlokasi di Semarang. Untuk yang berada di Semarang, kamu bisa datang ke Jl. Banjarsari Selatan No. 18, Pedalangan, Banyumanik. Cabang di Jogja ini mulai buka sejak Desember 2016 yang lalu. Meskipun baru kurang lebih 2 tahun di tahun 2018, Sowak Jogja sudah memiliki banyak pelanggan yang selalu berdatangan.

4. Menu yang Ditawarkan Sowak Jogja

Pilihan menu di Sowak, Via Instagram jogjabikinlaper
Pilihan menu di Sowak, Via Instagram jogjabikinlaper

Meskipun memiliki nama Sowak alias sop iwak (ikan), menu yang ditawarkan di tempat ini juga beragam. Selain sop ikan, sop tom yam, sop udang, mi tulang dan juga rica-rica. Menu yang bisa dibilang paling banyak digemari adalah sop ikan sendiri dan juga rica-rica. Uniknya, sop ikan di sini memiliki 5 tingkal level pedas yang bisa dipilih sesuai dengan selera masing-masing.

5. Harga di Sowak Jogja

Mie tulang yang jadi favorit banyak orang, Via Instagram ceritamakan
Mie tulang yang jadi favorit banyak orang, Via Instagram ceritamakan

Sementara itu untuk harganya sendiri sudah sangat terjangkau. Dengan membawa uang Rp50,000 saja kamu sudah bisa makan kenyang dengan lauk yang beragam. Nasinya juga hanya Rp3,000 saja per Juli 2018 ini. Ada dua paket yang bisa dipilih. Paket 1, sowak, nasi dan es teh itu akan dibanderol Rp11,000 saja. Paket 2 ada ringan (rica-rica balungan), nasi, plus es teh juga Rp11,000. Sowaknya sendiri harganya hanya Rp6,500.

Lokasi tempat makan yang memiliki harga murah dan menawarkan menu bercitarasa yang nendang di mulut. Jadi, jangan lupa untuk mampir ke lokasi yang hits ini jika sedang jalan-jalan ke Jogja. Next

ramadan
Kafe Murah di Ubud Bali

Kafe Murah di Ubud Bali, Berdua 100 Ribuan Saja

Pemandangan matahari terbenam di Lombok

Titik Melihat Sunrise di Lombok, Romantis Abis