in ,

Spot Menyelam di Lombok, Dari Hiu Hingga Pari Semua Bisa Ditemui

Destinasi Menyelam Lombok Pemandangan Memesona

Menjelajah Lombok memang dapat menjadi opsi pelesir yang menarik. Lokasinya yang masih mudah dijangkau dengan alam yang masih bersih dan belum terlalu padat, membuat pulau ini diminati. Melewatkan spot menyelam di Lombok haram hukumnya, karena pemandangan bawah laut tempat ini juga memesona. Seperti yang dapat disaksikan pada beberapa titik ini.

Baca juga : Rahasia-rahasia Hotel yang Akan Bikin Kamu Kaget

Japanese Wreck

Bangkai kapal Jepang yang ada di Lombok via instagram
Bangkai kapal Jepang yang ada di Lombok via instagram/@goanywherephoto

Titik ini berada di bagian barat Pulau Lombok, tepatnya berada di sekitar Gili Air. Di sini, terdapat sebuah bangkai kapal Jepang yang karam saat perang dunia ke-2. Untuk dapat ke bangkai tersebut, setidaknya sertifikat Enriched Air Diver harus dimiliki. Karena bangkai kapal ini terletak di kedalaman 40 meter.

Simon’s Reef

Banyak penyu yang masih terjaga dan hidup secara bebas via instagram
Banyak penyu yang masih terjaga dan hidup secara bebas via instagram/@easyand87

Sesuai dengan namanya, di sini kamu dapat menemukan berbagai macam terumbu karang yang indah. Letaknya berada di bagian utara Gili Air, berbagai varian karang yang menarik masih sangat terjaga kondisinya di tempat ini. Rata-rata kedalamannya berada di angka 25 meter. Karena itu sertifikat Advanced Open Water diperlukan untuk menyelam di tempat ini.

Hans Reef

Diver yang sedang berenang di kawasan Hans Reef via instagram
Diver yang sedang berenang di kawasan Hans Reef via instagram/@itina90

Hans Reef memiliki arus yang tenang dan air jernih, sehingga jarak pandang menjadi cukup luas. Sama seperti Simon’s Reef, tempat ini berada di bagian utara Gili Air. Kedalamannya berkisar antara 14 hingga 24 meter. Di kedalaman 20 meter berbagai macam jenis ikan dapat ditemukan. Seperti, scorpion fish, manta ray, angle fish, kuda laut, udang mantis, pipe fish, bahkan moray bintik hitam.

Deep Turbo

Pari manta yang berenang bebas di Deep Turbo via instagram
Pari manta yang berenang bebas di Deep Turbo via instagram/@theacprod

Terletak di bagian utara Gili Trawangan, pemandangan cantik spot ini berada di kedalaman 20 sampai 30 meter, mengharuskan kalian setidaknya mempunyai sertifikat advanced open water. Selain karang yang masih asri, di spot ini juga sering ditemui baracuda, tuna, stingray, tiggerfish, dan juga snapper, cocok bagi kalian yang gemar fotografi bawah laut.

Shark Point

Hiu yang berada di Shark Point via instagram
Hiu yang berada di Shark Point via instagram/@lorenbarrett1993

Jika memiliki ketertarikan terhadap ikan hiu, spot ini adalah tempat yang paling tepat. Hiu sirip hitam dan hiu sirip putih dapat ditemukan pada kedalaman sekitar 35 meter. Juga penyu hijau, belut pita, gurita, bahkan scorpion fish. Sedangkan di kedalaman 10-20 meter, terumbu karang yang warna-warni adalah pemandangan utama.

Diving merupakan kegiatan yang sangat seru. Namun karena olahraga bawah air ini membutuhkan skill yang pasti, diperlukan sertifikat untuk dapat melakukan diving. Namun usaha untuk mendapatkan sertifikat sangat sepadan dengan apa yang akan didapatkan. Sudah memiliki sertifikat selam? Next

ramadan

Oleh-oleh Kekinian Bandung, Borong untuk Buah Tangan

4 Desa Adat di Pulau Flores dengan Budaya yang Kaya dan Istimewa