in

Stockholm, Ibukota Swedia di 14 Pulau Indah

Stockholm
Stockholm

Swedia adalah kawasan yang paling maju di antara negara-negara Scandinavia. Sebagai informasi, yang termasuk dalam Scandinavian area adalah Denmark, Norwegia, Swedia dan Finlandia. Ibukota Swedia adalah Stockholm, sebuah kota yang berada di 14 pulau. Pulau-pulau ini dihubungkan oleh jembatan. Berikut ini kontributor travelingyuk yaitu Ruth Devi akan menceritakan pengalaman saat traveling di sana. Ada apa saja di Stockholm? Simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : City Hopping ke Kota Kuno di Yordania, Berasa Time Travel ke Masa Lalu

City Hall

City Hall via Shutterstock

City Hall adalah bangunan paling terkenal di Swedia. Di sini biasanya diadakan acara jamuan makan setelah penyerahan hadiah Nobel. Ada 2 bagian yang besar di gedung ini yaitu Blue Hall dan Golden Hall. Di Blue Hall, selain tempat diadakannya acara makan malam Nobel, juga ada sebuah organ pipe terbesar di Scandinavia. Sedangkan di Golden Hall, sering diadakan acara-acara pesta pernikahan. Ruangan ini sangat indah, sehingga mengadakan pernikahan di sini pasti sangat berkesan!

The Golden Hall

20190602_093259_2_cI7.jpg
Golden Hall © Ruth Devi/Travelingyuk

Di salah satu dinding ruangan Golden Hall, ada sebuah lukisan yang menarik. Queen of Lake Malaren, namanya. Konon ceritanya, dialah penguasa Danau Malaren yang terletak di depan City Hall ini.

20190602_093658_2_lhQ.jpg
Queen of Lake Malaren and me © Ruth Devi/Travelingyuk

Old Town

Old Town via Shutterstock

Old Town, sering juga disebut Gamla Stan adalah pusat kota Stockholm. Dis ini banyak ditemukan bangunan-bangunan kuno dan jalanan berbatu. Ada beberapa tempat bersejarah di sekitar sini seperti Stortorget, alun-alun tertua di Swedia, Storkyrkan Cathedral, dan German Church.

Di daerah Gamla Stan ini banyak juga bertebaran toko-toko maupun restoran di sepanjang jalan yang berbatu-batu. Pemandangan di sepanjang jalan sangat menarik. Jalanan juga dipenuhi oleh banyak pengunjung, baik yang berbelanja maupun sekedar melihat-lihat saja.

Ada pengalaman menarik nih disini. Saat saya berjalan-jalan di sekitar Gamla Stan ini, tercium bau jeruk sepanjang jalan. Bau nya segar dan cenderung menyengat. Bau jeruk ini menyebabkan saya jadi haus dan kepingin minum orange juice. Hebat kan? Jadi saya mencari2 darimana sih asal nya bau jeruk ini? Nah, ternyata bau jeruk berasal dari salah satu resto disitu yang memang menjual orange juice. Agar bau jeruk nya menyebar kemana-mana, mereka meletakkan kulit jeruk hasil perasan di depan resto. Ternyata, memang begitulah cara mereka menarik para pembeli, dengan menyebar bau jeruk lewat kulit yang tersebar dimana-mana.

Vasa Ship Museum

20190602_115647_2_vGk.jpg
Vasa Ship © Ruth Devi/Travelingyuk

Ada satu museum yang cukup menarik di Stockholm. Nama nya Vasa Ship Museum. Museum ini menarik, karena didalamnya kita bisa melihat sebuah kapal karam yang telah diangkat ke daratan. Kapal ini adalah kapal perang yang hebat di jaman nya, tetapi sayang sekali kapal ini tenggelam akibat adanya ketidakseimbangan berat.

Saya hanya satu hari berada di Stockholm. Selanjutnya saya menuju Finlandia, salah satu negara Scandinavia. Melalui laut Baltic, saya berlayar dari Stockholm menuju Helsinki. Seperti apa Stockholm Port? Bisa dilihat ya di foto dibawah ini. Perjalanan lewat laut dari Swedia ke Finlandia ini tak kalah menariknya dengan perjalanan saya dari Denmark ke Norwegia. Next

ramadan
membuat itinerary

Tak Ingin Liburan Sia-sia? Ini Tips Membuat Itinerary yang Istimewa

Taman Bunga Nusantara

Tips Berkunjung ke Taman Bunga Nusantara, Wisata Hits di Cianjur