in , ,

Tips Berkunjung ke Taman Bunga Nusantara, Wisata Hits di Cianjur

Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga Nusantara
img_20191006_101047_t5U.jpg
Taman Bunga Nusantara (c) Intan Deviana

Pernah mendengar tentang Taman Bunga Nusantara? Wisata hits ini berada di Kabupaten Cianjur, tepatnya di Jalan Mariwati KM.7 Kawungluwuk, kecamatan Sukaresmi. Dari Puncak Pass, jaraknya sekitar 14 kilometer ke arah timur atau dapat ditempuh dengan 30 menit perjalanan.

Baca juga : Traveling ke Pantai? Ini Tips Agar Kulitmu Tidak Terbakar

img_20191006_113555_URz.jpg
Pintu masuk dan loket pembelian tiket (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Memiliki area seluas kurang lebih 35 hektar, Taman Bunga Nusantara menghadirkan banyak sekali aktivitas dan fasilitas yang memanjakan Teman Traveler. Saking banyaknya, jangan sampai kamu tidak puas menikmati seluruh sudut taman bunga ketika mengunjunginya. Berikut disajikan beberapa tips yang bisa Teman Traveler contek ketika memutuskan berlibur ke Taman Bunga Nusantara. Simak hingga akhir, ya!

Membeli Tiket Dotto Trains atau Garden Tram

img_20191006_100518_Z6A.jpg
Dotto Trains (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Harga tiket masuk Taman Bunga Nusantara dibanderol Rp40.000 per orang dan dikenakan bagi pengunjung berusia 4 tahun ke atas. Tiket tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp10.000 untuk motor, Rp15.000 mobil, dan Rp25.000 untuk bus wisata. Dengan tiket masuk tersebut, Teman Traveler bebas menikmati setiap sudut Taman Bunga Nusantara.

img_20191006_100729_uGb.jpg
Garden Tram (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Supaya bisa mengitari areanya yang luas dalam sehari, sebaiknya Teman Traveler membeli tiket masuk gabungan dengan tiket Dotto Trains atau Garden Tram, kendaraan yang bertugas membawa pengunjung berkeliling taman bunga. Jika Dotto Trains berbentuk kereta dan berwarna putih dengan kapasitas mencapai 50 penumpang, maka Garden Tram yang terdiri dari dua kendaraan dan berwarna kuning hanya mampu mengangkut 15 penumpang. Untuk tiket, harga keduanya sama yaitu Rp50.000, sudah termasuk tiket masuk Taman Bunga Nusantara.

img_20191006_104307_ghk.jpg
Salah satu spot yang dilewati Garden Tram (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Tidak hanya diajak berkeliling, namun Teman Traveler juga akan mendapatkan informasi lengkap seputar sejarah Taman Bunga Nusantara dan penjelasan mengenai lokasi-lokasi yang dikunjungi saat menaiki Dotto Trains maupun Garden Tram. Tapi, perlu diingat kendaraan tersebut hanya beroperasi setiap satu jam sekali di hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Mengunjungi Taman Tematik

img_20191006_104129_S3E.jpg
Taman Prancis (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Selain disapa dengan aneka tanaman bunga berwarni-warni, wisata Taman Bunga Nusantara juga hadirkan beberapa taman tematik yang wajib Teman Traveler kunjungi. Taman tematik sendiri berupa area taman yang didesain sesuai keperluan dan tema yang ingin ditampilkan. Di antaranya yaitu Taman Air, Taman Mawar, Taman Prancis, Taman Rahasia (Labyrinth), Taman Bali, Taman Jepang, Taman Mediterania, Taman Palem, dan Rumah Kaca. Banyak sekali, bukan?

img_20191006_111108_05H.jpg
Taman Jepang (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Jika tak sempat mengunjunginya satu per satu, minimal kamu bisa memilih dua atau tiga taman tematik tersebut supaya tak menyesal. Pasalnya, taman yang disajikan betul-betul cantik dan cocok banget untuk berswafoto memperindah feed Instagram-mu.

Hindari Datang Saat Siang Hari

img_20191006_100321_SjI.jpg
Saat cuaca sedang sangat cerah (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Berbentuk taman terbuka, sebaiknya Teman Traveler datang sepagi mungkin sebelum jam 10.00 atau sekalian sore setelah jam 15.00. Di antara pukul 10.00-15.00, kalau cuaca sedang cerah, teriknya matahari bisa membuatmu kurang maksimal berjalan kaki dari satu spot ke spot lainnya saking panasnya.

Namun, jika memang harus berkunjung saat siang hari, sebaiknya persiapkan payung atau topi untuk melindungi Teman Traveler dari sengatan sinar matahari. Bila perlu, gunakan juga tabir surya agar kulitmu tidak terbakar.

Menjajal Kuliner di Resto yang Tersedia

img_20191006_113451_JYB.jpg
Salah satu resto di Taman Bunga Nusantara (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Tak perlu khawatir masalah perut saat berwisata ke Taman Bunga Nusantara. Di sini, Teman Traveler dapat memilih satu dari beberapa resto yang ada di lokasi wisata. Jadi, kamu tak perlu repot-repot membawa bekal dari rumah. Menu yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari makanan khas nusantara di Kafe Marigold, makanan khas Timur Tengah di Albustan Cafe & Resto, atau aneka masakan Jepang di Hana Resto. Hayo, pilih yang mana?

img_20191006_111342_mTU.jpg
Kapan ke sini? (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Teman Traveler lakukan saat berlibur di Taman Bunga Nusantara. Jangan lewatkan mengunjunginya ketika sedang singgah ke Cianjur ya. Selamat mencoba. Next

ramadan
Stockholm

Stockholm, Ibukota Swedia di 14 Pulau Indah

Higashi Chaya, Wisata Serba Emas hingga Cerita Para Geisha