in , ,

Istirahat Sejenak Di Sumber Gadung, Kolam Penyejuk di Mojokerto

Tempat yang asyik untuk bersantai nih

lrm_export_20190818_215234_RoJ.jpg

Jalan-jalan ke Kabupaten Mojokerto kalian tidak hanya bisa menemukan sebuah situs purbakala. Ada satu destinasi wisata lagi berupa sebuah kolam ikan peninggalan jaman Kerajaan Majapahit. Nama destinasinya adalah Sumber Gadung. Kira-kira, apa saja hal menarik yang ada di sana? Berikut beberapa catatannya.

Baca juga : Majapahit Food Center, Food Court Kekinian di Jantung Kota Mataram

1. Lokasi Kolam Sumber Gadung

sumber gadung
Tampilan Sumber Gadung (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sumber Gadung beralamat di Desa Watesnegoro, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto. Lokasinya berada di dekat akses jalan utama Mojosari – Gempol. Tepatnya terletak di area perkampungan warga di tepi sebuah area persawahan. Untuk datang ke tempat ini pengunjung tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

2. Suasana Yang Cantik Dan Asri

sumber gadung
Sudut Sumber Gadung (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Masuk ke area wisata kolam ikan Sumber Gadung, kalian akan langsung disuguhi pemandangan sebuahkolam yang ukurannya agak luas dan jernih. Sementara itu, di sekitar kolam juga dihiasi bunga-bunga plastik yang dibuat oleh warga sekitar untuk menghiasi dan mempercantik area wisata ini. Pepohonan besar dan rindang juga ikut membuat suasana kolam ikan semakin sejuk di tengah panasnya daerah industri Ngoro.

3. Cocok Untuk Tempat Istirahat

sumber gadung
Sisi tepi kolam (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di sekeliling kolam ini Teman Traveler bisa menemukan banyak pepohonan tinggi. Selain itu, ada juga tempat duduk yang disediakan di pinggir kolam. Kalian bisa menghabiskan waktu di sana untuk bersantai sambil melihat ikan-ikan di kolam.

sumber gadung
Pendopo di samping kolam (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tak jauh dari kolam, ada sebuah pendopo kecil berlantai keramik yang bisa digunakan untuk bersantai. Pendopo ini biasanya ramai pada saat akhir pekan karena dipenuhi oleh para pengunjung. Terkadang pendopo ini juga dipakai para petani beristirahat sehabis dari sawah.

4. Banyak Ikan di Dalam Kolam

lrm_export_20190818_215352_RqN.jpg
Ikan-ikan di dalam kolam (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Pusat perhatian utama saat mengunjungi destinasi wisata Sumber Gadung ini adalah kolam ikannya. Kolamnya agak luas dengan mata air asli yang sudah ada sejak jaman Kerajaan Majapahit.

Sementara itu ikan-ikan yang ada di kolam ini dipercaya sebagai jelmaan pasukan prajurit majapahit yang telah meninggal dalam peperangan. Konon katanya, walaupun lokasi kolam dengan aliran air persawahan tidak diberikan pembatas, ikan-ikan yang ada di kolam ini tidak pernah keluar dari kolam dan jumlahnya pun tetap.

Untuk kalian yang ingin memberi makan ikan-ikan di kolam, di depan area wisata terdapat sebuah warung yang menjual pakan ikan. Harganya adalah Rp1.000 sampai 2.000 rupiah saja per bungkus.

5. Ada Tempat Pembibitan Ikan

lrm_export_20190818_215210_Gb6.jpg
Kolam pembibitan ikan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tepat di sisi belakang area kolam ikan utama Sumber Gadung, kalian bisa menemukan sebuah kolam yang ukurannya agak kecil. Di kolam ini terdapat tulisan “dilarang memancing”, itu karena area tersebut merupakan kolam pembibitan ikan.

6. Dikelilingi Persawahan

lrm_export_20190818_215144_UBW.jpg
Sumber Gadung dikelilingi persawahan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Mengunjungi kolam Sumber Gadung untuk beristirahat melepas penat memang pilihan yang tepat. Ini dikarenakan kolam ini berada di daerah perkampungan yang sangat tenang. Ditambah lagi di sekelilingnya terdapat sawah yang membuat mata menjadi lebih segar.

Ternyata, di Mojokerto kita tak hanya bisa mengunjungi situs bersejarah seperti candi. Tapi juga dapat mendatangi sebuah kolam yang bisa digunakan untuk melepas penat. Jadi, jangan lupa mampir ke sini kalau kalian mampir ke Mojokerto, ya. Next

ramadan

Kamu Introvert? 5 Daerah Wisata di Bali Ini Cocok Buat Kamu!

Curug Ciismun

Jelajah Curug Ciismun, Permata Tersembunyi Kebun Raya Cibodas