in , ,

Jelajah Curug Ciismun, Permata Tersembunyi Kebun Raya Cibodas

Mengagumi Keindahan Curug Ciismun di Sudut Kebun Raya Cibodas

Curug Ciismun
Curug Ciismun (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Kebun Raya Cibodas selama ini dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan alam di akhir pekan. Namun tahukah Teman Traveler bahwa kawasan ini memiliki air terjun cantik bernama Curug Ciismun? Yuk, simak pengalaman saya menjelajah alam demi menemukan permata tersembunyi satu ini.

Baca juga : Maskapai Ethiopian Jatuh, Pemerintah RI Larang Pesawat Boeing 737 MAX 8 Terbang Sementara

Menuju Kebun Raya Cibodas

img_5826_Ev1.JPG
Peta wisata Kebun Raya Cibodas (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sebelum menjelajah Curug Ciismun, Teman Traveler harus lebih dulu masuk kawasan Kebun Raya Cibodas. Jika berangkat dari arah Jakarta, kalian bisa naik bus arah Sukabumi/Cianjur dan turun di pertigaan Cibodas. Berikutnya, lanjutkan perjalanan dengan naik ojek atau angkot kuning menuju gerbang masuk kebun raya.

Trekking Panjang ke Curug Ciismun

img_20160605_101154_4gf.jpg
Salah satu jalur menuju Curug Ciismun (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Setelah membayar tiket masuk Kebun Raya Cibodas seharga Rp16.500, Teman Traveler bisa langsung mengikuti papan petunjuk yang tersedia. Oh ya, kawasan ini cukup luas ya. Hampir seperti Kebun Raya Bogor. Jadi jika tak menumpang kendaraan sendiri, kalian sebaiknya bertanya pada petugas soal rute terpendek menuju curug. Hal ini penting agar kalian bisa lebih menghemat waktu dan tenaga.

img_20160605_104244_BuR.jpg
Papan petunjuk (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Saya sudah mengalami sendiri lelahnya trekking lebih jauh lantaran mengambil jalur memutar. Kala itu saya harus berjalan hampir 90 menit sebelum sampai tujuan. Ketika pulang barulah saya tahu soal rute yang lebih efisien. Alhasil perjalanan kembali tak memakan waktu lebih dari satu jam.

img_20160604_091253_1jD.jpg
Suasana teduh bikin betah (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Untungnya, pemandangan sepanjang menuju curug sama sekali tidak membosankan. Hutan di sekitar Kebun Raya Cibodas membuat udara terasa sejuk dan segar. Teman Traveler yang rindu dengan suasana alam pasti bakal sangat menikmati berjalan di sini.

Pesona Curug Ciismun

img_20160605_113126_cx8.jpg
Curug Ciismun yang tersembunyi (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Meskipun harus sedikit memutar, pengalaman trekking panjang dan sedikit melelahkan menuju curug terbayar lunas dengan pesona yang ditawarkan. Panorama di sekitar air terjun setinggi 25 meter ini benar-benar mengagumkan.

img_20160605_113333_9qW.jpg
Bersantai di tepian sungai (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Aliran airnya sendiri tidak begitu deras, begitu pula dengan sungai di sekitarnya. Namun, justru inilah yang membuat Teman Traveler bisa lebih maksimal merasakan segarnya suasana sekitar. Basah-basahan di sekitar air terjun bakal ampuh sembuhkan pegal-pegal di kaki pasca trekking panjang.

Tersedia Banyak Warung Makan

img_20160605_120632_l1T.jpg
Warung makan di sekitar curug (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Urusan perut, Teman Traveler tak perlu khawatir. Jika tidak sempat membawa bekal, di sekitar air terjun banyak tersedia warung makan. Menu yang tersedia cukup sederhana, seperti mie ayam, serta indomie rebus dan goreng. Ada juga yang menjual sosis bakar.

Meski demikian, jika disantap dalam kondisi lapar sembari ditemani suasana alam yang menyejukkan, dijamin bakal terasa beberapa kali lipat lebih nikmat.

Tips Menuju Curug

img_20160605_104757_XgO.jpg
Jalur berbatu (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Selain mencari tahu rute terpendek, tips lain yang harus Teman Traveler lakukan adalah menggunakan alas kaki dan pakaian nyaman. Jika memungkinkan, pakailah sepatu atau sandal trekking karena jalur yang ditempuh kebanyakan berbatu dan sedikit menanjak.

img_5783_b38.JPG
Gunung Gede tampak dari kejauhan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Berikutnya jangan lupa membawa payung atau rain coat ketika musim hujan. Selain itu sebaiknya datang pagi hari karena suasana sekitar bakal terasa lebih sejuk. Terakhir, bawalah bekal air minum secukupnya dan hindari membuang sampah sembarangan.

Wah, Teman Traveler sudah penasaran belum nih trekking ke Curug Ciismun? Yuk, segera wujudkan rencana liburan ke Cibodas dan jangan lupa mampir ke sini ya. Next

ramadan

Istirahat Sejenak Di Sumber Gadung, Kolam Penyejuk di Mojokerto

Kopi Kiran Kamu

Kopi Kiran Kamu Manggarai, Kopinya Bikin Kepikiran Terus