in , ,

Sumber Jenon, Kolam Alami yang Bikin Pengunjung Berseri

Dijamin betah kalau di sini

Rasa-rasanya sudah biasa kalau kita berenang di kolam dengan keramik di dasarnya. Tapi, kalau kalian berkunjung ke Kabupaten Malang, ada kolam alami yang tentu memberikan perbedaan untuk sensasi berenang. Bernama Sumber Jenon yang dulu menjadi tempat pemandian warga setempat, kini menjadi lokasi wisata. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga : 5 Tempat Ibadah Keren di Sumut, Serasa di Luar Negeri

1. Lokasi Sumber Jenon

sumber jenon
Bagian depan tempat wisata (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sumber air satu ini berlokasi di area persawahan Desa Gunungronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Untuk mencapai lokasi ini hanya membutuhkan waktu sekitar 40-45 menit dari Kota Malang, dengan menempuh rute ke arah Kedungkandang dan dilanjutkan ke arah timur menuju Kecamatan Tajinan.

sumber jenon
Tempat parkir lokasi wisata (c) Welly Handoko/Travelingyuk

2. Tempatnya Sangat Terawat

sumber jenon
Jalan menuju kolam (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berjalan dari area parkir kendaraan menuju kolam, kita akan disuguhkan sebuah tangga turunan dengan dikelilingi pepohonan yang sangat rimbun. Area wisata ini memang sudah dikelola dengan baik, tapi pengelola sengaja membiarkan semua tanaman tumbuh lebat supaya suasana tetap sejuk.

sumber jenon
Kolam pemandian (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sampai di sumber air, kita juga akan dimanjakan dengan pemandangan alaminya. Bahkan kalau dilihat-lihat kita seperti ada di sebuah pemandian yang lokasinya di tengah hutan, itu semua karena rimbunnya pepohonan di area kolam ini.

3. Menikmati Kolam dengan Air Berwarna Biru

sumber jenon
Ikan di dalam kolam (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ada satu daya tarik utama yang melekat pada Sumber Jenon, yaitu sebuah kolam sumber air yang sangat dalam dan juga jernih. Saking jernihnya kalian bisa melihat apa yang ada di dalam kolam. Seperti ikan-ikan berenang dan sebuah akar pepohonan besar yang tertanam di dasar kolam.

sumber jenon
Pengunjung ingin berenang di kolam (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain bisa dinikmati keindahannya, kalian juga bisa menceburkan diri ke area kolam sumber air yang lebih dangkal dan aman. Lokasinya di sebelah kiri yang berhadapan langsung dengan tulisan “Sumber Jenon”.

4. Tempat Bersantai yang Menyenangkan

Lokasi santai sekitar kolam (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Area wisata ini ternyata bisa juga menjadi tempat bersantai. Ini karena di sekitaran kolam diberikan beberapa tempat duduk dan meja kayu. Duduk-duduk di tepi kolam dan di bawah pohon yang rimbun tentu menjadi pilihan menarik untuk kita menikmati kealamian Sumber Jenon.

5. Ada Spot Foto Mengasyikkan

Gardu pandang menghadap kolam (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Walaupun berupa pemandian alam, Sumber Jenon ini menawarkan spot foto yang sangat menarik dengan latar pemandangan kolam yang biru dan jernih. Salah satu spot foto bisa kita temukan berada di atas kolam terdalam yang menjadi pusat sumber air. Berupa gardu pandang yang berbentuk persegi.

Gardu pandang dari jauh (c) Welly Handoko/Travelingyuk

6. Bebas Mandi di Sumber Jenon

Anak-anak kecil berenang (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Datang ke Sumber Jenon tanpa mandi menikmati kesegaran kolam sumber airnya pasti kurang afdol. Di sini pengunjung bisa juga menyewa ban untuk melengkapi aktivitas renang kalian.

Anak-anak berenang di kolam dangkal (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Untuk kita yang datang bersama anak-anak tidak perlu khawatir. Tepat di sisi kolam sumber air utama juga disediakan kolam buatan yang berukuran kecil dan dangkal untuk tempat mandi anak-anak. Selain menjadi lebih aman, orangtua juga semakin mudah mengawasi anak-anak mereka yang kurang mahir berenang tanpa takut tenggelam.

Siapa yang sudah tergoda mengunjungi Sumber Jenon? Jangan ditunda lagi, karena pengunjung cukup membayar sebesar Rp5.000. Meski murah, kalian tidak akan rugi ketika datang ke sana. Next

ramadan
Aktivitas Olahraga Sebelum Mendaki via Unplash

Aktivitas Olahraga Sebelum Mendaki, Persiapkan Fisikmu Dulu

Dahari Resto and Cafe, Kenalkan Cimahi ke Seluruh Penjuru Negeri