in , ,

Sumber Jenon, Spot Snorkeling Kece Minim Budget di Malang

Snorkeling di Sumber Jenon, Sumber Mata Ari Pembawa Ketenangan

Sumber Jenon
Sumber Jenon (c) Anjani Audita/Travelingyuk

Malang menawarkan paket liburan yang lengkap. Tidak hanya taman hiburan, deretan pantai serta air terjun tersedia di sini. Begitu pula dengan sumber mata air. Salah satu yang bisa Teman Traveler kunjungi adalah Sumber Jenon. Seperti apa pesona tempat wisata di Malang yang juga bisa digunakan untuk spot snorkeling ini? Yuk, simak ulasan lengkap dari Kontributor Travelingyuk, Anjani Audita berikut.

Baca juga : Tips Keliling Labuan Bajo Sambil Berlayar, Bikin Travelingmu Makin Maksimal

Sumber Mata Air yang Menawan

Sumber mata air Sumber Jenon di Malang
Sumber mata air Sumber Jenon di Malang(c) Anjani Audita/Travelingyuk

Jauh dari perkotaan, sumber unik ini menjadi andalan berlibur di akhir pekan. Terletak di Desa Gunung Ronggo, Kabupaten Malang, Sumber Jenon ini sangat menarik untuk dijelajahi. Apalagi mengingat suasananya menenangkan dengan air jernih yang kebiruan. Tempat wisata ini tergolong minim informasi ketimbang sumber mata air lain di Malang. Oleh sebab itu, mungkin hanya orang sekitar yang sering ke sini.

Mitos di Balik Keindahan Alamnya

Sumber mata air dari atas
Sumber mata air dari atas(c) Anjani Audita/Travelingyuk

Selain pemandangan yang kental dengan alam, Sumber Jenon juga menawarkan air yang menyegarkan. Konon katanya, air sumber ini mujarab untuk menyembuhkan penyakit. Untuk bisa masuk ke kawasan ini, pengunjung hanya dikenakan tarif parkir sebesar Rp5.000 saja. Dari parkiran, Teman Traveler akan melewati tangga menurun untuk bisa sampai ke lokasi mata air. Di tepi pemandian, telah tersedia bangku-bangku tempat meletakkan barang selama ditinggal berenang.

Keindahan di Bawah Air Sumber

Dasar sumber yang eksotis
Dasar sumber yang eksotis (c) Anjani Audita/Travelingyuk

Menikmati keindahan Sumber Jenon terasa kurang jika tidak sekalian menyelam ke dasar. Pantulan sinar matahari yang menembus celah celah pepohonan membuatnya terlihat makin menawan. Ada reruntuhan batang kayu dan biota sumber yang erat kaitannya dengan legenda terbentuknya sumber mata air ini. Konon katanya, ikan disini tidak berkurang jumlahnya walaupun terus dipancing. Kedalaman sumber ini mencapai 4 meter, namun sinar matahari masih jelas menusuk hingga dasarnya. Eksotisme sumber yang tidak menguras dompet ini sudah tidak bisa diragukan.

Snorkeling di sumber mata air Malang
Snorkeling di sumber mata air Malang (c) Anjani Audita/Travelingyuk

Fasilitas di Sumber Jenon

Fasilitas di Sumber Jenon (c)Anjani Audita/Travelingyuk
Fasilitas di Sumber Jenon (c)Anjani Audita/Travelingyuk

Lalu, bagaimana dengan yang tidak bisa berenang apalagi menyelam? Tenang saja. Teman Traveler bisa melakukan aksi mengambang bersama ban. Di sini tersedia tempat persewaan ban. Hanya dengan Rp3.000 untuk ban kecil dan Rp5.000 untuk ban super besar, Teman Traveler sudah bisa mengarungi permukaan sumber dengan panorama yang tak kalah menenangkannya. Di dalam atau di permukaan air, pemandangannya sama bagusnya. Dari sisi mana pun, tempat wisata ini tetaplah indah.

Di samping panorama indah, tiket murah meriah, sumber mata air ini juga menyediakan fasilitas yang dibutuhkan pengunjung, seperti kamar mandi dan stan penjual makanan. Jadi, bagaimana? Sudah cantumkan Sumber Jenon di daftar tempat liburanmu berikutnya? Next

ramadan

Written by anjani audita

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Wanita ini Nekat Kejar Pesawat Sampai Landasan Pacu Ngurah Rai, Videonya Menghebohkan!

Benteng Keraton Buton, Bangunan Perlindungan Terluas di Dunia yang Megah