in , ,

Sungai Tamborasi Terpendek di Dunia, Ada di Sulawesi Tenggara

Sungai terpendek kedua di dunia ada di Indonesia tepatnya di Sulawesi Tenggara

fi sungai tamborasi

Jika Sungai Nil merupakan yang terpanjang, maka Sungai Tamborasi di Sulawesi Tenggara adalah salah satu terpendek di Dunia. Memiliki daya tarik tersendiri sebagai objek wisata, tempat ini bisa dijadikan rekomendasi liburan dengan keluarga dan teman-teman. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Wisata Edukasi Omah Jenang, Bisa Memasak, Cicipi, sampai Pelajari Filosofinya

Terpendek Pertama di Dunia

sungai tamborasi
Ilustrasi via instagram kabutpagi

Sungai Tamborasi memiliki panjang 20 meter dan lebar 15 meter, mungkin bisa disebut danau namun karena aliran airnya mengarah ke bibir Pantai Tamborasi maka disebut sungai. Merupakan sungai terpendek pertama di Dunia, yang kedua ada Sungai Reprua di Georgia dengan panjang sekitar 30 meter.

Air sungainya jernih dikelilingi hutan, tebing dan menghadap langsung ke pantai. Menjadi lokasi dengan pemandangan alam indah, membuat pengunjung betah bermain di wisata air ini.

Mempunyai Suhu yang Berbeda

hilir sungai tamborasi
Ilustrasi via instagram christianadhika

Selain itu airnya juga memilki keunikan yaitu mempunyai perbedaan suhu, pada bagian di hulu dan hilirnya. Suhu yang berada di hulu cenderung lebih dingin, sedangkan suhu bagian hilir cenderung hangat. Hal ini disebabkan oleh pertemuan langsung dengan air laut.

Di sini Teman Traveler juga dapat bertemu dengan hewan endemik Tamborasi yaitu monyet berbulu emas yang berkeliaran di sekitar pantai dan ada juga burung laut.

Memiliki Mitos Membawa Enteng Jodoh

pohon sungai tamborasi
Ilustrasi via instagram rerealfareezy

Seperti tempat lainnya, terkadang memiliki mitos yang dipercaya oleh masyarakat sekitar, sungai ini juga mempunyainya. Konon, jika ada pengunjung dapat mengikatkan tali-tali yang berada di akar pohon pinggir sungai, dipercaya akan segera bertemu jodoh.

Sedangkan untuk yang sudah berpasangan jika mampu mengikat akar pohon maka hubungan keduanya akan tetap terjaga dan lebih harmonis. Meskipun hal ini memang belum tentu benar tetapi merupakan cerita turun temurun dari warga sekitar. Bagaimana Teman Traveler penasaran ingin mencoba?

Akses Menuju Lokasi Wisata

air biru sungai tamborasi
Ilustrasi via instagram love_kichigaigai

Sungai Tamborasi berlokasi di Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Dari Kota Kendari menuju Kolaka membutuhkan waktu sekitar 3 atau 4 jam perjalanan.

Juga bisa ditempuh dengan jalur udara tujuan Bandara Sangia Niandera Kolaka, kurang lebih 50 menit waktu tempuhnya. Tiket masuk ke objek wisata ini gratis lho Teman Traveler.

Demikian ulasan Sungai Tamborasi terpendek di Dunia yang berada di Sulawesi Tenggara. Jangan lupa tetap jalankan protokol kesehatan. Next

ramadan
fi tnbb

Taman Nasional Bali Barat, Keindahan Alam Habitat Burung Jalak Bali

fi wisata kuliner kulon progo

Wisata Kuliner di Kulon Progo, Dengan Pemandangan Bukit Menoreh