in , ,

4 Sungai di Indonesia yang Tak Kalah Indah dengan Amazon

Indonesia memiliki beragam keindahan alam salah satunya sungainya

Beberapa saat lalu banyak diperbincangkan salah satu sungai yang memiliki kemiripan dengan sungai yang ada di luar negeri. Sebenarnya Indonesia punya banyak lokasi alam serupa, keindahannya pun tidak diragukan lagi. 4 sungai indah di Indonesia ini tak kalah dengan Amazon, lho. Yuk simak daftar berikut!

Baca juga : Menikmati Alam Segar di Hutan Lindung Sesaot

1. Kali Biru Warsambin, Kepulauan Raja Ampat

Sungai Kali Biru Warsambin via Instagram

Sesuai dengan namanya sungai Kali Biru Warsambin ini memang berwarna biru. Warna ini didapat karena adanya fenomena alam yaitu air sungai yang menyerap gelombang cahaya matahari. Pada bagian hulunya sungai ini tidak berwarna biru. Tetapi, keindahannya tetap bisa menyejukkan hati.

Teman Traveler juga bisa berenang di airnya yang dingin dan menyegarkan, akan tetapi harus tetap berhati-hati karena arus sungai cukup deras. Jangan lupa untuk berfoto di birunya sungai Kali Biru yang indah ini.

Lokasinya berada di Kampung Warsambin, Wasai, Kabupaten Raja Ampat. Untuk menuju sungainya Teman Traveler harus naik bus, kemudian dilanjutkan dengan naik perahu berisi 8 sampai 10 orang dengan biaya Rp 250.000 sampai Rp 500.000. Harga tiket masuk kawasan Rp 50.000 sampai Rp 100.000.

2. Batu Busuak, Padang

Batu Busuak via Instagram

Batu Busuak berlokasi di Kelurahan Lambuang Bukik, Kecamatan Pauh, Sumatera Barat. Sungai ini disebut juga dengan Patamuan yang artinya merupakan tempat bertemunya beberapa aliran sungai sekitar. Untuk menuju Sungai Batu Busuak Teman Traveler harus trekking terlebih dahulu.

Walaupun melelahkan Teman Traveler tidak akan kecewa karena pemandangan alam sekitar sangat indah, apalagi saat melewati jembatan setinggi 20 meter milik PLTA Kuranji yang sudah ada sejak zaman Belanda.

Setelah sampai di Batu Busuak akan disuguhkan dengan birunya air sungai yang jernih, membuat ingin menceburkan diri ke dalamnya. Harus tetap berhati-hati karena arusnya juga lumayan deras.

3. Green Kenyot Cikahuripan, Bandung

Gree Kenyot via Instagram

Sungai selanjutnya ada di Kota Bandung, yaitu Green Kenyot yang berlokasi di Kampung Panyusupan, Desa Barangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Warga setempat biasa menyebutnya Cikahuripan, memiliki arti air yang membawa kehidupan.

Sungai Green Kenyot adalah Green Canyon versi Indonesia, jadi tidak perlu jauh-jauh ke luar negri untuk menikmatinya. Pemandangan birunya aliran sungai yang diapit tebing menjulang nampak sangat eksotis.

Pada lokasi yang sama Teman Traveler bisa menikmati tiga mata air yang memiliki rasa unik yaitu mata air ibu rasanya manis, mata air bapak terasa pahit dan mata air anak rasanya seperti air mineral. Teman Traveler hanya dipungut biaya sebesar Rp 15.000 untuk bisa menikmati keindahan sungai Green Kenyot ini.

4. Sungai Maron, Pacitan

Sungai Maron via Instagram

Beralih ke wilayah Jawa Timur ada sungai yang sedang hits di media sosial yang disebut memiliki kemiripan dengan sungai Amazon. Adalah Sungai Maron lokasinya berada di Desa Dersono Kecamatan Prigkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Jika ingin merasakan bagaimana suasana sungai Amazon, Teman Traveler bisa berkunjung ke Sungai Maron dengan susur sungai. Pemandangan sekelilingnya dipenuhi pohon-pohon kelapa yang rimbun serta jernihnya aliran sungai sangat mirip hutan Amazon tanpa perlu khawatir adanya anaconda.

Ada juga spot foto menarik yaitu ayunan gantung sangat wajib untuk dicoba. Biaya masuk cukup terjangkau hanya Rp 5.000 per orang dan bisa juga menyewa kapal untuk menuju lokasi dengan biaya Rp 100.000.

Demikian daftar sungai yang wajib Teman Traveler coba sebagai referensi liburan saat akhir pekan atau akhir tahun nanti. Jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan waktu bepergian. Next

ramadan

Road trip Seru Dengan Camper Van, Alternatif Liburan di Era New Normal

The Apurva Kempinski Bali via IG @kempinskibali

Serunya Perayaan Festive Season di The Apurva Kempinski Bali