in ,

Taman Nasional Bali Barat, Keindahan Alam Habitat Burung Jalak Bali

Wisata alam di Taman Nasional Bali Barat

fi tnbb

Taman Nasional Bali Barat habitat burung jalak, tempat wisata alam sekaligus edukasi. Ada banyak lokasi dan aktivitas yang bisa dilakukan selama liburan di sini. Bisa jadi pilihan lain saat berwisata ke Pulau Dewata. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Baca juga : Pertama di Dunia! Waterboom Air Panas Toya Devasya di Kintamani Bali

Habitat Satwa Langka

burung jalak
Ilustrasi via instagram ksvburung

Taman Nasional Bali Barat (TNBB) merupakan satu-satunya kawasan margasatwa di Bali, memiliki lahan seluas 77.727 hektar terdiri dari cagar alam dan hutan lindung yang dikelilingi perairan lautan luas.

TNBB ini adalah rumah habitat ekosistem terakhir untuk Burung Jalak Bali, jika ingin melihat spesies yang dilindungi Negara ini, Teman Traveler harus menuju ke semenanjung Prapat Agung. Di sana merupakan tempat di mana para burung Jalak Bali berkumpul.

Selain itu ada juga hewan lindung lain sekitar 17 jenis mamalia serta 160 jenis burung (aves), dan juga berbagai jenis reptil serta ikan sekaligus 176 jenis tanaman di dalamnya. Seperti, Kijang, Landak, Kancil, Bateng, Jalak Putih, Jalak Suren, Cerek Jawa, Penyu Hijau, Penyu Sisik dan lainnya.

Objek Wisata yang Beragam

pulau di tnbb
Ilustrasi via Twitter euniceapril

Teman Traveler dapat menikmati berbagai macam objek wisata saat di TNBB diantaranya bisa mengunjungi Pulau Menjangan, Pantai Karang Sewu, Teluk Brumbun, Penangkaran Burung Jalak Bali atau datang ke Pura Pulaki, Candi Taman Sari dan lainnya.

Aktifitas yang Bisa Dinikmati

diving di tnbb
Ilustrasi via instagram cungkring

Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di TNBB seperti snorkeling melihat terumbu karang, diving melihat keindahan bawah laut, trekking, mangrove tour, pengamatan satwa, dan wisata religi. Semua aktivitas ini akan ditemani oleh pemandu wisata.

Lokasi & Harga Tiket

jalak bali
Ilustrasi via instagram phya_cake

Tanam Nasional Bali Barat belokasi pada ujung barat pulau Bali, berjarak sekitar 2 km dari arah pelabuhan di Bali Gilimanuk atau sekitar 3 jam dari arah Denpasar. Dengan wilayah administratifnya yaitu Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

Pintu masuknya berada di Cekik, Labuan Lalang, Tegal Bunder, Banyu Wedang, Sumber Sari, dengan harga tiket yaitu untuk wisatawan lokal saat weekday Rp 10.000, weekend Rp 15.000 per orang. Sedangkan wisatawan asing weekday Rp 200.000, weekend Rp 300.000 per orang.

Demikian ulasan Taman Nasional Bali Barat di Bali, bisa jadi tujuan wisata seru bersama keluarga. Jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan ya Teman Traveler. Next

ramadan
kuliner viral

Kuliner Viral di Tahun 2020 yang Diburu Saat Pandemi

fi sungai tamborasi

Sungai Tamborasi Terpendek di Dunia, Ada di Sulawesi Tenggara