in ,

Surstromming, Makanan Khas Swedia, Ikan Fermentasi yang Berbau Busuk

Makanan khas Swedia yang berbau busuk

fi surstromming weden

Saat mengunjungi suatu daerah atau negara Teman Traveler pasti akan mencari makanan khasnya. Terkadang makanan ini memiliki rasa yang unik dan tidak familiar dengan lidah kita. Tetapi ada juga yang berbau busuk seperti Surstromming, ikan fermentasi makanan khas Swedia. Seperti apa ya rasanya? Simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : 5 Wisata Danau Air Asin di Bolivia yang Tawarkan Keindahan Air Warna-Warni

Makanan Fermentasi Kaleng Khas Kota Malby

ikan fermentasi
Ilustrasi via pexels Elle Hughes

Saat berkunjung ke Negara Swedia Teman Traveler bisa mencoba makanan khasnya yaitu surstromming. Fermentasi ikan haring baltik, disimpan lebih dari enam bulan dalam campuran garam dan asam laktat. Hasil fermentasi ini menjadikan ikan berbau busuk menyengat, ada yang mengatakan baunya seperti kaus kaki kotor dan telur busuk.

Ikan fermentasi ini dikemas dalam kaleng dan banyak ditemukan pada swalayan atau supermarket besar di Malby Swedia. Meskipun berbau menyengat para wisatawan banyak yang penasaran ingin mencobanya.

Sejarah Terciptanya Makanan Khas ini

ikan kaleng srstromming
Ilustrasi via instagram bashlykevich

Surstromming adalah makanan yang berasal dari ratusan tahun lalu dan dimakan saat tidak ada lagi makanan. Ada banyak teori mengenai sejarah ikan fermentasi ini.

Salah satunya teori sejarahnya, dahulu para nelayan Swedia kehabisan garam untuk mengawetkan makanan dan ikan haring mereka mulai busuk. Lalu, ikan-ikan itu dijual kepada penduduk pelabuhan Finlandia.

Satu tahun kemudian mereka kembali dan makin banyak permintaan ikan haring busuk, ternyata warga sekitar pelabuhan sangat menikmatinya. Setelah itu nelayan Swedia membuat lebih banyak ikan haring busuk.

Cara Menikmati Ikan Fermentasi

cara menikmati ikan fermentasi
Ilustrasi via instagram worldfoodunique

Surstromming dinikmati di luar ruangan seperti saat pesta kebun, karena baunya bisa bertahan hingga berhari-hari jika di dalam ruangan. Ikan ini biasanya dipotong kecil-kecil dan dimasukkan ke dalam tunnbrod, yaitu roti tipis renyah.

Kemudian diolesi mentega, diberi bawang, dill, mandelpotatis (irisan kentang dan almond rebus) serta susu fermentasi berlemak mirip krim disebut graddfil. Campuran ini untuk menyamarkan bau busuknya dan rasa asin yang berlebih.

Makanan Khas Berbau Busuk Lainnya

hongeo korsel
Ilustrasi via instagram 2kc_co

Jika Swedia mempunyai Surstromming, Korea Selatan ada Hongeo yaitu ikan pari yang difermentasi selama berhari-hari hingga berbulan-bulan. Memiliki bau tak kalah busuknya bahkan baunya akan bertahan lama menempel pada mulut dan baju.

Ada cara tepat saat memakan hongeo ini, yaitu bernapas melalui mulut saat menyuapkan ke mulut dan keluarkan napas dari hidung. Setelah beberapa suap Teman Traveler akan menikmatinya, bisa juga ketagihan karena terpikat oleh rasa mint yang ditimbulkan pada belakang tenggorokan.

Demikian ulasan makanan khas Swedia Surstromming, berani mencobanya Teman Traveler? Next

ramadan
promo akhir tahun

Catat! Promo Menarik Akhir Tahun Garuda Indonesia Sampai 500.000

fi nama maskapai unik

Nama Unik Maskapai Penerbangan, Ada Airsial Baru Beroperasi