in ,

4 Takjil Unik di Masjid-Masjid Indonesia, Sudah Pernah Coba?

Takjil Unik di Masjid Indonesia

Takjil di Masjid
Takjil di Masjid

Liburan saat puasa bisa membuatmu menemukan banyak pengalaman mengasyikkan. Tidak hanya bertemu dengan orang baru, kamu juga bisa mengenal tradisi unik. Salah satunya menemukan takjil unik di masjid-masjid setiap kota. Menunya tidak hanya enak, tapi juga bikin ketagihan. Penasaran apa saja takjil unik? Yuk, simak daftarnya berikut.

Baca juga : Stone Garden, Bebatuan Purba Bandung yang Indah nan Eksotis

1. Kanji Rumbi – Islamic Center Lhokseumawe

Kanji Rumbi
Kanji Rumbi via instagram/@rahmat_mirza

Ada rencana untuk liburan ke Aceh di puasa tahun ini? Mampir lah ke Masjid Islamic Center Lhokseumawe. Setiap ramadan, di sini ada menu takjil yang dibagikan secara gratis. Menu yang ditawarkan berbeda, yaitu kanji rumbi yang terbuat dari beras, 30 jenis rempah-rempah, dedaun dan sayur-sayuran. Setidaknya 2.500 porsi disajikan untuk fakir miskin, anak yatim dan piatu, serta warga yang sedang dalam perjalanan di Aceh.

Ilustrasi Kanji Rumbi
Ilustrasi Kanji Rumbi via instagram/@yulia_dapurbubu

2. Bubur Samin – Masjid Darussalam Solo

Bubur Samin di Solo
Bubur Samin di Solo via instagram/@aji5ukma

Tak hanya di Aceh, kamu juga dapat menemukan takjil istimewa di Solo. Tepatnya di Masjid Darussalam Jayengan, Serengan. Setiap tahunnya, masjid ini menyajikan bubur samin kepada warga sekitar dan jemaah masjid. Tradisi tersebut sudah menjadi hal wajib yang selalu dilakukan saat puasa. Setidaknya lebih dari 1000 porsi habis setiap harinya. Keunikan menu ini tidak lain karena ada campuran minyak samin yang membuat rasanya istimewa. Penasaran kan? Yuk, liburan ke Solo.

Bubur Samin
Bubur Samin via instagram/@halimsantoso

3. Bubur India – Masjid Pekojan Semarang

Bubur India di Semarang
Bubur India di Semarang via instagram/@ambar_adi_winarso

Seperti Masjid Darussalam, Masjid Jami Pekojan Semarang juga memiliki tradisi turun temurun yang dilakukan ketika bulan suci datang. Tempat ibadah ini memberikan takjil kepada jemaah dan warga sekitar berupa seporsi bubur India. Tradisi ini muncul setelah datangnya pedagang dari Koja dan Gujarat di Semarang di tahun 1900-an. Rasanya, tak perlu diragukan lagi. Kamu bakalan rindu ingin berpuasa di masjid cantik ini.

Bubur India
Bubur India via instagram/@ambar_adi_winarso

4. Bubur Sup – Masjid Raya Al Mashun Medan

Bubur Sop di Medan
Bubur Sop di Medan via instagram/@ranianggraini23

Seporsi bubur sop memang mantap disantap saat buka puasa. Apalagi jika dicampur dengan daging sapi serta beberapa sayuran seperti kentang dan wortel. Nikmat banget. Nah, menu ini dapat kamu temukan ketika liburan ke Medan dan mampir ke Masjid Raya Al-Mashun di Jalan Sisingamangaraja. Tidak hanya enak, rasanya juga menyegarkan. Konon, tradisi ini sudah berjalan lebih dari 60 tahunan. Jangan kaget, kamu juga bakal melihat antusias warga berebut takjil unik di Masjid Raya Medan ini.

Bubur Sop
Bubur Sop via instagram/@ranianggraini23

Nah, itulah empat takjil unik yang dapat kamu temukan saat mampir di masjid-masjid tanah air. Bagaimana, sudah pernah coba yang mana nih? Next

ramadan
Via Instagram rinihasrita

Ragam Buah Khas Isian Takjil, Ramaikan Puasa Sampai Lebaran

Maerakaca

8 Wisata di Jalur Pantura untuk Selingan Perjalanan Mudik