in ,

Objek Wisata Taman Batu Alami di Jawa Barat, Foto Cantik dengan Alam yang Takselalu Hijau Namun Tetap Memukau

Taman Batu Alami di Jawa Barat, Batuannya Datang dari Puluhan Juta Tahun Lalu!

Destinasi objek wisata alam sangat beragam. Tidak melulu tentang hijau-hijauan, kali ini Teman Traveler harus coba berwisata ke taman-taman batu, salah satunya yang berada di wilayah Jawa Barat. Dengan kontur dan bentang alam yang unik, keberadaan beberapa taman batu alami di Jawa Barat ini sungguh memukau. Penasaran di mana saja lokasinya? Berikut ulasan untuk Teman Traveler!

Baca juga : Bandara Kertajati di Majalengka Resmi Beroperasi, Mudik Lebaran Jadi Lebih Mudah

1. Taman Batu Hanjuang, Kuningan

Tebing Eksotis di Taman Batu Hanjuang Kuningan via Instagram/ kenny_juna

Taman batu alami di Jawa Barat yang pertama adalah Taman Batu Hanjuang. Lokasinya berada di Dusun Kliwon, Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kuningan. Objek wisata Kuningan ini berada di kaki Gunung Ciremai. Jadi, udaranya sungguh sejuk. Objek wisata ini merupakan bekas penambangan pasir dan batu gunung yang terbengkalai.

Pakai Outfit Terbaik untuk Foto di Taman Batu Hanjuang via Instagram/ nngrohaeningsih

Karena itu, sesampainya di lokasi, Teman Traveler akan melihat batuan tebing yang tinggi dan ‘terpola’ secara alami. Sungguh eksotis dan instagenic. Di sini terdapat juga kolam renang dan kolam-kolam ikan. Cocok untuk liburan bersama keluarga. Tiket masuknya masih cukup terjangkau, sekitar Rp10 ribu untuk dua orang dan satu sepeda motor.

2. Taman Batu, Purwakarta

Taman Batu di Purwakarta, Jadi Destinasi Wisata yang Diserbu Warga via Instagram/ khoro_ahmad

Purwakarta seperti sedang gencar-gencarnya menarik pengunjung untuk datang. Setelah Air Mancur Sri Baduga dan Gunung Parang yang fenomenal, kini pilihan lain juga hadir. Yaitu Taman Batu Purwakarta. Objek wisata ini berada di Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Purwakarta. Ia berada di ketinggian, sehingga udaranya cukup sejuk.

Basah-basahan dengan Latar Belakang Batuan di Purwakarta via Instagram/ lia_ast407

Di sini terdapat kolam-kolam renang yang airnya berasal dari mata air Cijanun. Bebatuan yang ada di Taman Batu Purwakarta menyebar dengan ukuran yang beragam. Sungguh merupakan spot foto yang unik dan menarik. Tiket masuk ke kawasan ini sekitar Rp 10 ribu. Masih terjangkau.

3. Stone Garden, Padalarang

Gagahnya Batuan di Stone Garden via Instagram/ radenucky

Ini dia, salah satu taman batu alami di Jawa Barat yang hits di Instagram! Taman Batu Citatah atau Stone Garden Citatah. Secara geografis, objek wisata ini berada di kawasan Padalarang, Bandung Barat. Di sini Teman Traveler akan bertemu dengan batuan-batuan yang berasal dari zaman purba.

Batuan Menyebar di Stone Garden via Instagram/ mochamarfauzi

Menurut perkiraan para ahli, kawasan ini merupakan dasar dari laut purba yang dangkal. Batu di sini diperkirakan berusia 27 juta tahun. Perkiraan tersebut diperkuat dengan penemuan fosil koral di kawasan Stone Garden. Luar biasa!

4. Taman Batu Gunung Karang, Majalengka

Batu Bertumpuk yang Unik di Taman Batu Gunung Karang Majalengka via Instagram/ onetransport.majalengka

Objek wisata taman batu alami di Jawa Barat selanjutnya ada di kawasan Majalengka. Persisnya di Pancurendang Landeuh, Kelurahan Babakanjawa, Kecamatan Majalengka. Destinasi wisata yang baru dibuka sekitar awal tahun 2017 ini memiliki bentang alam yang eksotis dari batu-batu besar yang menyebar.

Kapan ke Sini? via Instagram/ rizqycaesar

Uniknya, di sini terdapat gua atau lorong yang berada di bawah bebatuan. Kabarnya, gua sepanjang 30 meter tersebut digunakan pejuang untuk berlindung dan mengatur strategi perang. Menarik ya?! Selain menjadi objek wisata dan lokasi untuk selfie-selfie, tempat ini juga menyimpan cerita.

5. Taman Batu Waluran, Geopark Ciletuh Sukabumi

Taman Batu Waluran, Berasa dari Puluhan Juta Tahun Lalu via Instagram/ cahyasuken

Satu lagi taman batu alami di Jawa Barat yang akan membuat Teman Traveler takjub, yaitu Taman Batu Waluran di Sukabumi. Taman Batu Waluran masih menjadi bagian dari Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu. Lokasinya berada di Waluran, Sukabumi. Di sini terdapat batuan berukuran besar yang membentuk gua, lorong, gunung, hingga air terjun.

Batuan di Lawang Tengah di Waluran via Instagram/ pickpols

Beberapa objek wisata yang ada di kawasan ini antara lain Lawang Cukcrukan, Lawang Tengah, Curug Cinta, Goa Monyet, Goa Maung, Lava Bantal dan Curug Anam. Semuanya berbatu dan semuanya berasal dari 23 hingga 16 juta tahun yang lalu! Merinding! Benar-benar sayang kalau tidak menjadi bagian dari agenda liburan Teman Traveler!

Beberapa pilihan taman batu alami di Jawa Barat hadir dengan berbagai cerita dan sejarah. Selain menarik sebagai spot foto, kawasan-kawasan di atas juga ampuh melahirkan kekaguman yang takhenti-henti pada negeri ini. Jadi kapan nih? Yuk agendakan! Next

ramadan
Wisata Alam di Sukoharjo

Jelajahi Wisata Alam di Sukoharjo, Menghayati Panorama Kabupaten yang Berbatasan dengan Gunungkidul

jajanan pasar kranggan

Bermodal 20 Ribu, Ini Jajanan Tradisional Pasar Kranggan Jogja yang Bisa Dicicip