in ,

Jelajahi Wisata Alam di Sukoharjo, Menghayati Panorama Kabupaten yang Berbatasan dengan Gunungkidul

Wisata Alam di Sukoharjo Siap Menyambutmu, Yakin Nggak Mau Mampir?

Wisata Alam di Sukoharjo
Wisata Alam di Sukoharjo

Sukoharjo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan kabupaten Gunungkidul. Salah satu wisata yang sering dikunjungi di area ini adalah Bendungan Colo. Tidak hanya itu, ternyata terdapat banyak wisata alam di Sukoharjo yang juga tidak kalah menarik untuk disinggahi. Di mana sajakah? Boleh nih dicatat untk destinasi liburan selanjutnya.

Baca juga : Hotel Murah Dekat Venue Konser Ed Sheeran, Pesan Dari Sekarang!

Watu Giring

Watu Giring via Instagram @mahmud_ihya
Watu Giring via Instagram @mahmud_ihya

Wisata alam di Sukoharjo ini terletak di Desa Tiyaran Kecamatan Bulu, berjarak kurang lebih 30 menit ditempuh dengan kendaraan bermotor dari pusat kabupaten. Watu Giring berbentuk tebing batu yang begitu tinggi masih berada di area Gunung Sepikul, lokasi ini cukup unik apalagi dijadikan sebagai background berfoto. Terdapat destinasi wisata dengan nama serupa berlokasi di Gunungkidul, namun masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

Curug Krajan

Curug Krajan via Instagram @frendyaditya
Curug Krajan via Instagram @frendyaditya

Wisata alam di Sukoharjo berupa air terjun ini terletak di perbatasan antara kabupaten Sukoharjo dengan Gunungkidul, tepatnya di Desa Krajan, Kecamatan Weru. Teman Traveler akan disuguhi dengan dua air terjun utama dengan tiga tingkatan di Curug Krajan ini. Debit guyuran air terjun ini cukup deras walau tidak terlalu tinggi, tingkat paling bawah setinggi kurang lebih 3 meter. Sebelum memasuki area ini Teman Traveler sebaiknya menyiapkan bekal, bisa dengan membeli di warung-warung yang letaknya sebelum masuk area air terjun.

Gunung Sepikul

Gunung Sepikul via Instagram @hiigarin
Gunung Sepikul via Instagram @hiigarin

Gunung Sepikul berlokasi di Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, berjarak sekitar 30 menit dari pusat kabupaten Sukoharjo. Wisata alam di Wonogiri ini tepat bagi Teman Traveler yang ingin mendaki pertama kalinya. Dikarenakan gunung ini tidak terlalu tinggi, untuk mencapai puncak cukup ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit. Akses menuju ke puncak memang menanjak namun tidak terlalu terjal, cukup mudah dilalui.

Setibanya di puncak gunung, Teman Traveler akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah dan pegunungan di area Gunung Sepikul. Melihat matahari terbenam pun dapat dijadikan aktivitas menarik di gunung ini, asal cuaca cerah.

Telaga Biru Semin

Telaga Biru Semin via Instagram @farizqomarul
Telaga Biru Semin via Instagram @farizqomarul

Telaga Biru Semin berada di perbatasan kabupaten Wonogiri dengan Gunungkidul. Secara administratif berada di Dusun Ngentak, Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul. Namun jaraknya tidak begitu jauh dari pusat kabupaten Wonogiri, sekitar 45 menit. Telaga Biru Semin merupakan bekas pertambangan batu putih di area Semin, yang kini telah menjadi objek wisata cukup populer. Berkat air jernih kehijauan dan pemandangan hamparan pohon di sekitarnya.

Itulah deretan wisata alam di Sukoharjo, yang siap menyambut Teman Traveler. Adakah rencana untuk berlibur ke wilayah tersebut? Atau Teman Traveler sudah pernah jelajah di salah satu destinasi wisatanya? Next

ramadan
Pemandangan di Malioboro

Liburan ke Kota Gudeg? Inilah Tempat Wisata Jogja Sekitar Malioboro

Objek Wisata Taman Batu Alami di Jawa Barat, Foto Cantik dengan Alam yang Takselalu Hijau Namun Tetap Memukau