in , ,

Taman Cibeunying, Surganya Tanaman Hias dengan Harga yang Sangat Murah

Semuanya memiliki harga yang sangat terjangkau

Bandung memang punya banyak sekali daerah penghasil tanaman hias. Salah satunya adalah Taman Cibeunying yang ternyata punya sejarah penting di dalamnya. Supaya kalian tidak penasaran, bisa simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Hotel di Palangkaraya, Liburan Nyaman Sambil Nikmati Wisata di Sekitarnya

Sejarah Taman Cibeunying

taman cibeunying
Kelompok pedagang tanaman hias (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Taman Cibeunying memiliki sejarah yang panjang. Salah satu taman di tengah kota Bandung ini ternyata merupakan peninggalan pada zaman Belanda. Dulu, taman ini bernama Tjibeunjing Plantsoen, yang berupa hutan kota sebagai bagian dari jalur hijau yang memanjang dari Taman Cilaki hingga Taman Bengawan.

taman cibeunying
Pohon tua yang menaungi green house (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Taman ini resmi diubah menjadi pusat tanaman hias saat tahun 1980 yang digagas oleh Walikota Bandung ketika itu, Ateng Wahyudi. Rimbun pepohonan hutan berusia ribuan tahun disekitar area ini secara alami menaungi puluhan kios-kios green house para pedagang yang menyuguhkan beragam jenis bunga dan tanaman hias.

Anggrek yang Jadi Primadona di Kios

taman cibeunying
Bunga Anggrek Bulan (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Tanaman Anggrek masih menjadi primadona di sini. Seperti kios milik Bu Diah yang memiliki dua jenis Anggrek, yakni Anggrek Dendrobium dan Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis). Anggrek jenis Dendrobium didapat oleh Ibu Diah dari Bogor, Subang dan Purwakarta sedangkan Anggrek Bulan datang dari Desa Cihideung.

Harga Tanaman Anggrek yang Terjangkau

anggrek_bulan_qGW.jpg
Bunga Anggrek Bulan dengan beragam warna (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Kisaran harga untuk tanaman Anggrek di kios bu Diah adalah Rp90.000 – Rp150.000. Itu semua bergantung pada banyaknya tangkai, suburnya tanaman, banyak dan warna dari bunga. Tingginya peminat Anggrek membuat Ibu Diah sanggup menjual hingga 6 – 20 pot pohon setiap harinya.

Terdapat Penjual Tanaman Palem

pak_tugimin_oaD.jpg
Pak Tugimin, pemilik kios Palem Indah (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Selain Anggrek, di kawasan ini juga terdapat kios yang menjual tanaman Palem. Seperti kios bernama Palem Indah yang penjualnya bernama Pak Tugimin. Hampir semua jenis tanaman Palem, seperti Palem Komodoria, Palem Kuning, Palem Phoenix sampai Cemara Norfolk ada di kios ini. Harga beberapa jenis tanaman ini bervariasi, mulai dari Rp40.000 – Rp100.000.

palem_phoenix_Qlk.jpg
Palem Cemara Norfolk (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Ada Becak yang Menjual Kaktus

becak_penjual_tanaman_hias_aRa.jpg
Becak menjual kaktus (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Hal unik lainnya yang bisa ditemui di taman ini adalah becak klasik yang digunakan untuk berjualan kaktus. Beragam kaktus terpajang di dalam becak tersebut. Hal inipun membuat banyak orang tertarik untuk mengunjungi becak yang menjual tanaman tropis tersebut.

Teman traveler yang sedang penasaran ingin mengoleksi tanaman hias, bisa berkunjung ke Taman Cibeunying. Lokasinya terletak di pusat kota, tepatnya di Jl. Taman Cibeunying Selatan, Kelurahan Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung. Next

ramadan

Ayam Goreng Nelongso, Pemuas si Penggila Pedas

Seruni sunrise view point

Car Free Month Bromo Diberlakukan, Ini Tips Tetap Nikmatin Sunrise dengan Mudah