in , ,

Taman-taman menyegarkan mata di Kawasan Ijen, Kota Malang

Taman di Kota Malang
Taman di Kota Malang

Kota Malang dikenal dengan hawa dingin dan sejuk, karena lokasinya berada di perbukitan. Selain letak geografis tersebut sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi. seperti keberadaan ruang terbuka hijau dan juga taman kota yang turut mendukungnya.

Baca juga : Sepele Tapi Penting, Jangan Duduk Seperti Ini di Angkutan Umum

suasana asri di taman Slamet, Kota Malang. foto Bayu

Di kota Malang banyak memiliki taman, tetapi selama ini yang terkenal adalah alun-alun kota Malang. Taman-taman ini tersebar di beberapa titik. Tak jarang taman-taman yang bernuansa hijau ini juga menjadi tempat liburan maupun olah raga bagi warga.

 Warga menggunakan sarana olah raga yang ada di taman Slamet, Kota Malang. foto Bayu

Kebersihan taman-taman ini juga terjaga, tempat sampah selalu tersedia dan juga petugas yang bertanggung jawab menjaga kebersihan taman ini selalu menjadikan taman-taman ini nyaman. mereka menyapu dan juga menyiram tanaman, sehingga dapat tumbuh subur.

 Tempat sampah yang ada di taman Slamet, Kota Malang. foto Bayu

Di sekitar jalan Ijen saja, ada beberapa taman yang bernuansa sejuk, antara lain taman slamet, taman Merbabu, taman Tjerme dan masih banyak lagi lainnya. Jalan Ijen sendiri merupakan salah satu ikon bersejarah di kota Malang, banyak bangunan kuno peninggalan masa Hindia Belanda berdiri disini.

Pepohonan rindang di kawasan Ijen, Kota Malang. foto Bayu

Selain itu, pepohonan yang rindang juga menghiasi kawasan Ijen ini. dipinggir jalan terdapat trotoar untuk berjalan kaki, dan juga tersedia kursi yang nyaman. tempat ini cocok untuk menikmati waktu sore hari dengan suasana rindang perkotaan. 

Warga menggunakan fasilitas kursi yang ada di sepanjang kawasan Ijen. foto Bayu

Tak heran jika hampir setiap sore tempat ini ramai. meskipun begitu, kawasan ini tidak memiliki tempat parkir khusus. banyak kendaraan yang hanya diparkir di tepi jalan yang sebenarnya dapat mengganggu lalu lalang kendaraan lainnya.

Sore hari di taman Merbabu, Kota Malang. foto Bayu

Disisi timur kawasan ijen ada taman Merbabu, tepatnya di jalan Merbabu. Tempat ini memiliki beberapa ayunan dan juga biasanya digunakan sebagai tempat untuk berolahraga oleh warga. selain itu, taman ini juga memiliki lapangan kecil yang digunakan untuk bermain sepak bola.

Warga bermain ayunan di taman Merbabu. foto Bayu

Ada lebih dari satu ayunan, serta wahana bermain untuk anak-anak. taman ini juga rindang, masih banyak pepohonan yang membuatnya terasa sejuk dan tidak terlalu panas jika siang hari. 

Suasanan di taman Tjerme, Kota Malang.

Berbeda dengan taman lainnya, taman tjerme ini sedikit memiliki pohon yang besar bahkan cenderung tidak ada. taman ini lebih kecil dibanding taman lainnya, berada di pojok jalan Cerme, Kota Malang. Meskipun sedikit memiliki pohon, taman ini terlihat hijau karena banyak tumbuhan serta bunga di sini. 

Ada yang unik dari taman ini, ditengah taman ada terompet berukuran besasr yang terpasang dan juga ada suara musik yang selalu diputar. menarik bukan, menikmati hijaunya taman ditambah lantunan musik. namun, jika ingin menikmati suasana taman ini, sepertinya lebih tepat dilakukan pada sore hari.

Sinar matahari sore membentuk bayangan pepohonan di taman Kunang-kunang, Kota Malang. foto Bayu

Lain halnya dengan taman Kunang-kunang, taman ini juga berada tak jauh dari kawasan jalan ijen. berada di sisi utara jalan ijen, dan taman ini memiliki banyak pepohonan. pembangunan yang dilakukan pada taman ini juga memperhatikan keberadaan pohon. 

Meskipun berada di tengah kota, dibeberapa sisis terlihat seperti hutan kota. keberadaan pepohonan juga tetap dijaga, pembangunan yang dilakukan tanpa menebang pohon dan memberikan ruang untuk hidup.

Selain taman-taman itu, masih banyak lagi taman yang bisa dikunjungi di kota Malang. seperti taman Mojolangu, yang biasa digunakan untuk skate board, taman Merjosari dan masih banyak yang lainnya. 

*Foto diambil sebelum pandemi covid-19 Next

ramadan
Belut Jogja

Pengen Kuliner Belut di Jogja? Ke Warung Belut Mitra Baru Aja

Pantai Greweng, Wisata Pantai Tersembunyi Jogja yang Sepi dan Indah